sign up SIGN UP

Sst, Ini Cara Mudah Mencerahkan Area Selangkangan Gelap dalam Itungan Hari

Rini Apriliani | Kamis, 28 Oct 2021 18:30 WIB
Sst, Ini Cara Mudah Mencerahkan Area Selangkangan Gelap dalam Itungan Hari
caption
Jakarta -

Area selangkangan menjadi salah satu spot yang lebih sering tertutup dan tidak terpapar sinar matahari. Walau begitu, area tersebut justru cenderung lebih gelap dibandingkan dengan area kulit tubuh lainnya.

Dilansir dari Healthline, perubahan warna area selangkangan ini terjadi karena pada kulit paha bagian dalam menghasilkan banyak melamin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Perubahan warna kulit tersebut dinamakan hiperpigmentasi. 

Selain itu, ada pun faktor lain seperti sering terjadinya gesekan, kebiasaan menggaruk, ketidakseimbangan hormon, dan lain sebagainya yang membuat area selangkangan menjadi lebih gelap.

Penyebab Selangkangan Hitam dan GatalCara Mencerahkan Area Selangkangan/ Foto: Freepik.com

Karena hal ini pun, banyak orang yang berusaha keras untuk mencerahkannya. Mulai dari melakukan perawatan sendiri hingga pergi ke klinik kecantikan. 

Ternyata ada lho cara mudah untuk mencerahkan area selangkangan. Selain itu, cukup dilakukan di rumah saja dengan bahan sederhana! Aduh, pasti kamu nggak sabar mau mencobanya kan? Yuk, simak empat cara mencerahkan area selangkangan, Beauties!

1. Olive Oil dan Lemon

Olive oil and LemonOlive oil and Lemon/ Foto: Freepik.com/master1305

Cara pertama untuk mencerahkan area selangkangan adalah dengan menggunakan campuran olive oil dan lemon. 

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi. Lalu olive oil dapat membuat kulit tetap lembab dan lembut.

Cara pemakaian:

  • Campurkan beberapa sendok makan olive oil dengan air lemon.
  • Setelah bahan tersebut tercampur, lalu gosokkan ke area selangkangan.
  • Pijat dan gosok selama 10 menit. 

2. Scrub Sugar dan Lemon

Scrub Sugar and LemonScrub Sugar and Lemon/ Foto: Freepik.com/jcomp

Gula memang sering digunakan sebagai bahan scrub alami karena dapat membantu pengelupasan kulit. Jika memang banyak kulit mati di area selangkangan, maka dengan scrub gula akan terangkat. 

Cara pemakaian:

  • Campurkan air lemon, 1 sdt gula, dan 1 sdm madu.
  • Setelah tercampur, gosok perlahan pada area selangkangan.
  • Jika sudah, bilas area selangkangan untuk menghilangkan scrubnya. Kamu pun dapat menggunakan scrub sugar lainnya yang ada di pasaran jika malas membuatnya sendiri.

3. Scrub Yoghurt dan Oatmeal

Yoghurt dan OatmealYoghurt dan Oatmeal/ Foto: Freepik.com/Racool_studio

Yoghurt dan oatmeal jika dijadikan sebuah makanan sehat memang enak. Namun ternyata bisa dimanfaatkan juga lho untuk mencerahkan area selangkangan.

Oatmeal dapat digunakan untuk mengobati eksim dan kondisi kulit inflamasi lainnya. Selain itu dapat digunakan sebagai bahan eksfoliasi yang akan terasa lebih lembut dari gula. Lalu Yoghurt memiliki kandungan asam laktat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Cara pemakaian:

  • Buat perbandingan yang sama antara oatmeal dan yoghurt tawar. Misal sama-sama 1sdm.
  • Setelah terbentuk seperti pasta, oleskan pada area selangkangan yang gelap.
  • Gosok perlahan dan lembut. Lalu bilas jika sudah selesai.

4. Aloe Vera

Aloe Vera GelAloe Vera/ Foto: Freepik.com/jcomp

Cara lainnya untuk mencerahkan area selangkangan ini patut kamu coba. Berbeda dengan cara sebelumnya yang harus membuat terlebih dahulu lalu kemudian membilasnya jika sudah selesai. 

Cara yang satu ini sangatlah mudah. Pasalnya kamu hanya perlu menyiapkan aloe vera gel yang banyak dijual di pasaran lalu mengoleskannya seperti lotion dan biarkan meresap ke kulit tanpa perlu dibilas. Bagaimana mudah bukan?

Beauties, itu dia cara mencerahkan area selangkangan yang gelap. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan cepat dalam itungan hari, tentu saja dibutuhkan konsisten untuk melakukannya. Selamat mencobanya ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id