sign up SIGN UP

SKINCARE

Step by Step: 8 Tips Double Cleansing yang Benar, Bikin Wajah Bersih Maksimal!

Anindya Milagsita | Rabu, 07 Oct 2020 20:30 WIB
Step by Step: 8 Tips Double Cleansing yang Benar, Bikin Wajah Bersih Maksimal!
caption

Perawatan wajah penting dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat. Salah satu tahapan yang enggak boleh terlewat adalah melakukan double cleansing.

Double cleansing jadi step perawatan kulit yang penting dilakukan, Ladies. Apa itu double cleansing?

Double cleansing merupakan tahapan dalam membersihkan wajah yang dilakukan dengan dua tahap utama. Membersihkan wajah dengan menggunakan cleanser dan face wash. Meski terdengar simpel dan sepele, nyatanya ada banyak tahapan yang harus diperhatikan biar wajah bisa bersih maksimal.


Memastikan Kondisi Tangan Bersih

Pastikan tangan tetap bersih saat mengaplikasikan double cleanser.
Tangan Bersih/sumber: freepik.com/

Cara double cleansing yang paling pertama dan wajib banget buat dilakukan adalah dengan memastikan tangan dalam keadaan bersih. Cara ini juga harus diterapkan bagi pemula lho. Melakukan aktivitas double cleansing langkah demi langkahnya selalu menggunakan tangan. Oleh karena itu, penting diperhatikan kalau tangan harus dalam keadaan bersih.

Tips double cleansing ini wajib dilakukan agar kulit wajah terhindar dari kuman ataupun bakteri yang menempel pada permukaan tangan, Ladies. Jadi pastikan tangan kamu bersih sebelum menyentuh kulit wajah ya. 

Aplikasikan First Cleanser Sesuai Kebutuhan

Aplikasikan first cleanser yang disesuaikan dengan jenis kulit.
First Cleanser/sumber: freepik.com/

Setelah kamu udah memastikan tangan dalam keadaan bersih, step selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengaplikasikan first cleansing. Pada tahapan ini kamu harus memastikan kalau produk cleansing yang dipakai sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit masing-masing, Ladies. 

Kamu bisa memakai cleansing jenis oil untuk pemilik wajah normal, berminyak, kering, ataupun kombinasi. Sedangkan cleansing dengan jenis balm bisa diaplikasikan pada kulit wajah sensitif ataupun kering. Tapi kamu bisa memakai jenis cleansing apapun selama cocok dan terasa nyaman saat dipakai. 

Pakai Cleansing Oil/Balm

Buat first cleanser bisa mengaplikasikan cleansing oil maupun cleaning balm.
Cleansing Oil atau Balm/sumber: freepik.com/

Selanjutnya ada sepintas informasi seputar double cleansing untuk pemula yang wajib diketahui nih. Seperti yang udah diuraikan tadi ada dua jenis cleansing yang bisa dipakai, seperti oil dan balm. Nah apa sih perbedaan dari keduanya? 

Cleasing oil, seperti namanya jenis cleanser yang satu ini mengandung minyak. Meskipun mengandung minyak, cleanser ini justru bisa mengangkat minyak, debu, dan kotoran yang menempel pada wajah lho. Hasil yang didapatkan pun justru sebaliknya, wajah menjadi lebih bersih dan anti-berminyak.

Berbeda dengan cleansing oil, cleansing balm justru memberikan efek yang sebaliknya. Sama-sama mengandung minyak, cleansing balm mempunyai tekstur yang serupa cream. Hasil akhir yang diberikan pun cenderung melembapkan, ladies. Cleanser jenis ini juga efektif membersihkan wajah dari kotoran, makeup, ataupun debu dengan efektif. 

Mengaplikasikan dengan Gerakan Memutar

Lakukan double cleansing dengan gerakan memutar.
Double Cleansing Gerakan Memutar/sumber: freepik.com/

Tips double cleansing untuk pemula lainnya yang harus diperhatikan adalah melakukannya dengan cara yang tepat. Cara double cleansing yang tepat dengan melakukan gerakan memutar pada area wajah. Step ini dilakukan agar hasil pembersihan pada kulit wajah bisa lebih maksimal.

Lakukan gerakan memutar ke arah dalam pada setiap bagian wajah dengan perlahan. Bersihkan wajah dengan gerakan memutar saat memakai double cleanser selama sekitar satu menit saja. Sisa debu, minyak, kotoran, dan makeup pada wajah pun akan terangkat secara lebih efektif.

Melakukan Pijatan Lembut 

Tips aplikasikan double cleansing agar maksimal adalah dengan memijat;
Double Cleansing dengan Memijat/sumber: freepik.com/

Enggak hanya melakukan gerakan memutar, tips double cleansing untuk pemula selanjutnya yang wajib buat diterapkan adalah dengan menerapkan teknik memijat. Cara ini cukup efektif untuk membersihkan wajah sekaligus memberikan efek menenangkan. Beri pijatan yang lembut dan perlahan pada bagian wajah.

Mengaplikasikan double cleanser yang dipadukan dengan gerakan memijat ini mampu memberikan hasil yang lebih maksimal. Kamu bisa melakukan pemijatan ini selama kurang lebih satu menit aja, ladies. Setelah itu kamu perlu membilas wajah dengan air sampai bersih. 

Bisa Memakai Micellar Water

Mengaplikasikan micellar water agar wajah bersih maksimal.
Micellar Water/sumber: freepik.com/

Buat kamu yang merasa pakai cleanser oil/balm enggak cukup membersihkan, step yang satu ini jangan sampai terlewat ya. Buat membersihkan wajah supaya lebih maksimal kamu bisa mengaplikasikan micellar water. Cara double cleansing ini bisa membantu kamu mengangkat sisa makeup, kotoran, minyak, dan  juga debu yang menempel di kulit wajah.

Meskipun mampu membersihkan wajah dengan efektif pastikan kulit wajah kamu cocok saat menggunakannya ya. Kamu bisa memilih berbagai produk micellar water yang ada dengan menyesuaikan kebutuhan kulit. Jangan lupa juga buat memperhatikan reaksi kulit wajah setelah memakainya.  Cara memakainya cukup mudah, kamu tinggal menuangkan micellar water ke kapas dan aplikasikan ke seluruh wajah dengan usapan perlahan. 

Aplikasikan Second Cleanser

Lakukan second cleanser untuk hasil kulit wajah yang maksimal.
Second Cleanser/sumber: freepik.com/

Setelah first cleanser udah kamu terapkan, waktunya buat melakukan second cleanser. Tips double cleanser untuk pemula yang satu ini bisa kamu terapkan agar hasilnya wajah bersih maksimal.

Second cleanser kali ini adalah dengan mengaplikasikan face wash. Cara double cleanser ini jadi step terakhir yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memilih produk face wash yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit masing-masing. Pastikan bahan yang terkandung di dalamnya gentle dan lembut saat digunakan.

Hindari pemakaian face wash dengan kandungan scrub karena bisa berisiko iritasi. Langkah membersihkan wajah ini efektif dilakukan untuk mengangkat sisa-sisa kotoran, debu, bakteri, maupun kuman yang masih menempel di wajah. 

Sebaiknya Lakukan Pada Malam Hari

Rekomendasi pemakaian double cleansing dilakukan pada malam hari agar hasil lebih maksimal.
Pengaplikasian Double Cleansing/sumber: freepik.com/

Last but not least, tips double cleansing untuk pemula yang wajib diperhatikan agar hasil maksimal adalah dengan melakukannya di waktu yang tepat. Terapkan aktivitas double cleansing di malam hari setelah beraktivitas seharian, Ladies. Mengapa demikian?

Seluruh makeup, debu, kotoran, minyak, bakteri, ataupun kuman yang menempel seharian selama beraktivitas akan terangkat saat kamu melakukan tahapan double cleansing ini di malam hari lho. Kamu pun juga akan merasa lebih nyaman saat beristirahat dengan wajah yang bersih maksimal. Keesokan harinya pun kamu akan bangun dengan wajah yang bersih dan terlihat lebih sehat. Selamat mencoba di rumah ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id