sign up SIGN UP

Sering Diabaikan, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Lakukan Double Cleansing Setiap Hari

Iftifani Sayyida Asausan | Beautynesia
Kamis, 02 Jun 2022 20:00 WIB
Sering Diabaikan, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Lakukan Double Cleansing Setiap Hari
caption

Polusi, debu, dan kotoran sudah menjadi hal yang biasa dihadapi setiap hari, apalagi untuk kamu yang tinggal di area perkotaan. Tidak hanya kotoran, sisa sunscreen dan makeup yang kamu pakai sehari-hari juga bisa memengaruhi kondisi wajahmu lho, Beauties. Maka disarankan untuk melakukan double cleansing setiap harinya setelah selesai beraktivitas.

Double cleansing bisa dilakukan satu kali sehari pada malam hari atau kapan pun kamu selesai beraktivitas. Cara melakukannya juga cukup mudah kok, Beauties.

Pertama, kamu bisa menggunakan oil cleanser, micellar water, atau milk cleanser yang bisa disesuaikan dengan jenis kulitmu. Setelahnya kamu bisa mencuci muka dengan sabun wajah biasa dan kamu bisa melanjutkan ke produk skincare lainnya.

Biar makin yakin, ini 5 alasan mengapa kamu harus melakukan double cleansing setiap hari. Yuk simak selengkapnya!

1. Mencuci Muka Hanya dengan Sabun Tidaklah Cukup

Alasan Kamu Harus Melakukan Double Cleansing Setiap Hari
Mencuci wajah dengan sabun/Foto: pexels.com/Ron Lach

Mencuci muka hanya dengan sabun membuat tampilan kulit sudah bersih, padahal belum tentu lho, Beauties. Sabun yang kamu gunakan hanya membersihkan permukaan kulit, padahal kotoran tidak hanya terlihat di permukaan kulit saja, tapi juga di pori-pori.

Ketika melakukan double cleansing, oil cleanser akan meluruhkan sisa kotoran di pori-pori dan proses pembersihan yang sebenarnya baru dimulai dengan sabun wajah.

2. Memberikan Efek seperti Terapi

Alasan Kamu Harus Melakukan Double Cleansing Setiap Hari
Membersihkan wajah memberikan efek terapi/Foto: pexels.com/Miriam Alonso

Kalau kamu memiliki aktivitas yang padat dan tidak punya cukup waktu untuk melakukan me time atau relaksasi, kamu bisa mencoba double cleansing ini sebagai self reward.

Lakukan double cleansing dengan oil cleanser sehingga kamu bisa memijat wajah dengan perlahan. Kamu juga bisa memilih produk yang memiliki aroma lembut untuk menambah efek relaksasi.

3. Membantu Mengurangi Masalah Kulit yang Dialami

Alasan Kamu Harus Melakukan Double Cleansing Setiap Hari
Masalah pada kulit wajah/Foto: pexels.com/ Andrea Piacquadio

Dikutip dari Byrdie, sisa sebum dan kotoran yang menumpuk bisa menimbulkan infeksi yang menyebabkan jerawat. Maka dari itu, disarankan untuk membersihkan muka dengan cleanser yang berbahan dasar minyak karena lebih mudah mengangkat kotoran.

Terutama untuk kamu pemilik kulit berminyak, rawan berjerawat, dan menggunakan heavy makeup setiap harinya.

4. Membantu Penyerapan Skincare Lebih Maksimal

Alasan Kamu Harus Melakukan Double Cleansing Setiap Hari
Skincare menyerap dengan maksimal/Foto: pexels.com/cottonbro

Ketika permukaan kulit dan pori-pori sudah bersih, kulitmu akan lebih siap menerima skincare yang akan kamu gunakan selanjutnya. Kalau kamu meninggalkan double cleansing, bayangkan kamu memakai skincare pada kulit yang kotor.

Akan sia-sia kan? Kulit yang bersih akan lebih mudah menyerap skincare dan bisa memberikan efek maksimal sesuai produk yang kamu pakai.

5. Membantu Regenerasi Kulit

Alasan Kamu Harus Melakukan Double Cleansing Setiap Hari
Ilustrasi kulit sehat/Foto: pexels.com/Sora Shimazaki

Saat malam hari, kulit melakukan regenerasi kulit. Menurut Dr. Denis Gross melalui Denisgrossmd, pada jam 11 malam hingga jam 1 pagi merupakan puncak dari proses mitosis untuk meregenerasi kulit. Jadi ketika kulit yang bersih dan sudah dilapisi dengan skincare akan mendukung proses regenerasi kulit pada malam hari saat kamu tidur.

Itulah 5 alasan untuk kamu melakukan double cleansing. Jangan ragu lagi ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id