sign up SIGN UP

SKINCARE

Sudah Tahu Belum? Ini Khasiat Minyak Jarak untuk Ragam Perawatan Kecantikan

Penny Fatikasari | Senin, 25 Nov 2019 11:35 WIB
Sudah Tahu Belum? Ini Khasiat Minyak Jarak untuk Ragam Perawatan Kecantikan
caption
Inovasi produk kecantikan memang tidak ada habisnya. Produk kecantikan pun kini saling berlomba-lomba memberikan gebrakan dan manfaat baru bagi para konsumen khususnya dalam hal kecantikan. Salah satunya minyak jarak atau castor oil merupakan salah satu produk kecantikan yang sudah digunakan sejak zaman Mesir kuno. Minyak jarak juga memiliki khasiat bagi perawatan kecantikan, lho! Berikut ragam manfaat yang bisa digunakan dari minyak jarak atau castor oil.

Pembersih Make Up


Foto: Istimewa

Minyak jarak dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembersih wajah atau kosmetik, teksturnya yang ringan dapat mengangkat kotoran dan sisa make up di wajah.
 


Menghilangkan Lingkaran Hitam di Area Kantung Mata


Foto: Istimewa

Istilah mata panda mungkin sering menjadi gejala yang ditimbulkan akibat stres, kelelahan, kurang tidur maupun ketidakseimbangan hormon tubuh. Minyak jarak juga dapat membantu secara efektif menghilangkan lingkaran hitam di bawah area mata dengan mencampurkan satu sendok makan gel lidah buaya dan satu sendok teh minyak jarak kemudian aduk secara merata dan oleskan dengan lembut campuran tersebut di area bawah mata yang menghitam, hal ini berupaya untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata dan membantu melembapkan kulit dari dalam.
 


Menyamarkan Jerawat


Foto: Istimewa

Minyak jarak juga memiliki manfaat untuk menyamarkan bekas jerawat, sekaligus merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. Kandungan ekstrak biji jarak juga dapat mencegah timbulnya jerawat baru pada kulit, hal ini dikarenakan minyak biji jarak mengandung asam pada wajah yang dapat menyumbat kelenjar dan pori-pori serta ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat.
 


Mencegah Penuaan


Foto: Istimewa

Siapa sangka manfaat yang terkandung dalam minyak jarak juga dapat mencegah terjadinya penuaan, lho! Kandungan antioksidannya dapat mengurangi keriput dan garis halus pada wajah  sekaligus dapat memproduksi kolagen sehingga kulit tampak lebih segar dan awet muda.
 


Menebalkan Alis dan Bulu Mata


Foto: Istimewa

Manfaat lain yang diperoleh dari minyak jarak ialah dapat membantu menebalkan alis dan bulu mata, enggak perlu mengeluarkan budget mahal untuk melakukan sulam alis, kamu juga bisa memanfaatkan minyak jarak dengan mengusapkan satu hingga dua tetes minyak jarak dengan kapas kebagian alis maupun bulu mata hingga meresap merata.
 


Melembapkan Bibir


Foto: Istimewa

Minyak jarak juga dapat dimanfaatkan sebagai pelembap bibir, di beberapa bahan kosmetik atau kecantikan khususnya lip balm juga memiliki kandungan castor oil sebagai bahan pelengkapnya, kamu juga dapat mengusapkan minyak jarak kebagian bibirmu agar terus lembap dan tidak kering.
 


Masker Rambut


Foto: Istimewa

Jika kamu merasa bosan dengan rangkaian produk masker rambut yang dijual di pasaran dan ingin mencoba alternatif baru sebagai bahan untuk masker rambut, kamu juga bisa menggunakan minyak jarak sebagai masker rambut alami. Pasalnya minyak jarak juga memiliki manfaat yang dapat menutrisi akar rambut sehingga menjadikan rambutmu tumbuh lebat alami dan mengurangi kerontokan.  
 


Membantu Mengurangi Ketombe


Foto: Istimewa

Jika kamu memiliki masalah kulit kepala seperti ketombe, minyak jarak pun dapat digunakan sebagai bahan untuk mengurangi ketombe di kulit kepalamu, lho! Kamu dapat mencampurkan perasan jeruk nipis atau lemon dan ditambahkan dengan minyak jarak kemudian usapkan di bagian kulit kepala yang mengalami ketombe dan pijat secara perlahan hingga meresap ke kulit kepala, kemudian bilas dengan air bersih.
 


Mempercepat Pertumbuhan Rambut


Foto: Istimewa

Memiliki kandungan asam ricinoelic dan omega enam, minyak jarak dipercaya dapat mempercepat pertumnuhan rambut, lho! Kandungan tersebut dipercaya mampu memperlancar aliran sel darah kekulit kepala dan mempercepat pertumbuhan rambut baru, sedangkan kandungan Vitamin E anti oksidannya mampu mencegah terjadinya kerontokan pada rambut.
 


Mengatasi Kulit Kering


Foto: Istimewa

Untuk menjaga kelembapan pada kulit dan mencegah terjadinya kulit kering dan bersisik, cukup menggunakan beberapa tetes minyak jarak dan dicampurkan pada minyak kelapa kemudian pijat ke seluruh permukaan kulit yang kering, hal ini pula untuk mencegah terjadinya dermatitis pada kulit.

 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id