sign up SIGN UP

SKINCARE

Sunburn Harus Segera Diatasi Biar Gak Makin Parah, Ini Dia 6 Trik Mengatasinya!

Izzul Umami | Rabu, 11 Dec 2019 08:46 WIB
Sunburn Harus Segera Diatasi Biar Gak Makin Parah, Ini Dia 6 Trik Mengatasinya!
caption
Pernah nggak sih kulit kamu terkena sunburn? Kalau jawabannya “ya”, segera lakukan tindakan. Jangan nunggu kulit makin parah. Sunburn yang dibiarkan bisa memicu pusing kepala dan mual. Sunburn sendiri adalah reaksi kulit ketika terkena paparan sinar matahari secara berlebih.

Seringnya, sunburn terjadi akibat cahaya matahari berlebih. Pada gejala lain, sunburn juga terjadi akibat sinar UV dari peralatan salon. Sebagian besar kasus sunburn bisa dicegah dengan penggunaan sunblock dan make up ber-SPF tinggi. Tapi, apa jadinya bila ladies telat mengatasi sunburn? Apa yang sebaiknya harus dilakukan untuk menyembuhkannya?
 



 


1. Segera Basuh dengan Air Dingin



Sensasi terbakar akibat sunburn nggak boleh disepelekan. Segera dinginkan kulit dengan siraman air dingin. Secara perlahan, guyur air pada area yang terdampak. Guyur sampai sensasi terbakar terasa berkurang.
 



Foto: Istimewa


 


2. Gunakan Sunblock Sesering Mungkin (Cool Shower)



Pada saat proses penyembuhan, baiknya gunakan sunblock sesering yang kamu bisa. Idealnya, sunblock diaplikasikan tiap 2-3 jam. Pilih sunblock dengan kandungan SPF yang tinggi. Semakin tinggi suatu sunblock semakin baik pula perlindungan yang didapat.
 


Foto: Istimewa


 


3. Jangan Mandi dengan Sabun Mengandung Fragrance



Sebaiknya hindari sabun mengandung parfum agar kulit kamu nggak iritasi. Parfum bisa jadi memperparah luka sunburn. Selain itu, fragrance memicu tersumbatnya pori-pori. Pori-pori yang tertutup akan menyiksa luka sunburn untuk bernafas.
 


Foto: Istimewa


 


4. Kompres dengan Es Batu (20-30 menit)



Bila kamu nggak suka mandi dengan air dingin, beli saja es batu. Kompres luka dengan es batu secara perlahan dalam durasi 20-30 menit saja. Rasa dingin pada luka bakar bakal buat kulit lebih calm.
 


Foto: Istimewa


 


5. Gunakan Pelembap Ekstra Aloe Vera Tanpa Alkohol



Aloe vera tentu saja sangat baik untuk memperbaiki kondisi kulit yang terkena dampak sunburn.
Pelembap ekstra aloe vera bakal bikin kulit memperbaiki diri lebih cepat dari biasanya. 
 


Foto: Istimewa


 


6. Minum Air Banyak-Banyak



Minumlah air lebih banyak dari biasanya. Patuhi aturan minum minimal 8 gelas sehari. Sering mengonsumsi air putih bikin zat-zat toxic dalam tubuh luntur perlahan. 


Foto: Istimewa


 


6 hal di atas bisa kamu coba buat atasi sunbrun biar nggak makin parah. Jangan biarkan sunburn mengganggu kamu jalani hari. Ingat, lakukan cara-cara di atas dengan sabar ya!


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id