sign up SIGN UP

Tak Ada yang Instan, Ini 3 Pilihan Treatment yang Bisa Bantu Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Febriyani Rahmania | Rabu, 24 Nov 2021 11:53 WIB
Tak Ada yang Instan, Ini 3 Pilihan Treatment yang Bisa Bantu Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat
Selain skincare, kamu juga bisa melakukan beberapa treatment untuk hilangkan bopeng bekas jerawat. (Foto: freepik.com/freepik)
Jakarta -

Jerawat bukan hanya sekadar kondisi kulit yang bermasalah. Lebih dari itu, jerawat juga menyebabkan beberapa kerusakan, yaitu di kulit dan mental. Saat meradang, jerawat akan membuat wajah jadi nyeri dan tampilan yang nggak OK, setelahnya, jerawat meninggalkan bekas yang memengaruhi kepercayaan diri.

Bukan hanya bekas kehitaman atau kemerahan, beberapa jerawat juga meninggalkan bekas luka bopeng di kulit. Hal ini menjadi concern tersendiri di industri kecantikan, sehingga membuat banyak produsen skincare meluncurkan produk untuk mengatasinya. Retinol, AHA, dan BHA adalah jenis-jenis bahan aktif yang disebut-sebut manjur untuk bekas luka jerawat.

Bahaya memencet jerawatIlustrasi bopeng bekas jerawat. (Foto: freepik.com/artfully79)/ Foto: Meydiana Adinda

Namun, pada kenyataannya, skincare saja nggak cukup, terutama buat mereka yang ingin hasil cepat. Diperlukan treatment tambahan untuk mengatasi bopeng selain pengaplikasian skincare. Seiring berkembangnya teknologi, kini ada beberapa perawatan yang bisa memulihkan bopeng. Apa saja treatment yang dibutuhkan? Dihimpun dari Elle, berikut ulasannya.

Dermal Fillers

Bukan cuma buat memancungkan hidung, suntikan filler dapat digunakan untuk membantu meringankan berbagai masalah kulit, salah satunya adalah bekas jerawat. Sedikit injeksi dapat mengisi cekungan dan menghaluskan kulit.

Ilustrasi bopeng di wajah Foto:pinterest/obatjerawatampuhIlustrasi bopeng di wajah. (Foto:pinterest/obatjerawatampuh)

"Dermal filler sangat baik untuk bekas luka yang menjorok ke dalam", kata dr. Anjali Mahto, Konsultan Dermatologis dan Juru Bicara British Skin Foundation. Kendati demikian, dr. Mahto menambahkan tergantung pada jenis filler yang digunakan dan perawatan perlu diulang secara berkala untuk mempertahankan hasilnya.

Awalnya, dermal filler mungkin akan menimbulkan reaksi bengkak dan merah, tapi setelah beberapa waktu, kamu akan merasakan hasilnya. 

Exo Needling

Cara menghilangkan bekas jerawat/ sumber: freepik.com/ FreepikIlustrasi bekas jerawat. (Foto: freepik.com/ Freepik)

Perawatan ini merupakan kombinasi dua treatment, yaitu microneedling dan infus exo. Menurut dr. Stefanie Williams, dokter kulit dan direktur medis EUDELO Dermatology & Skin Wellbeing, exo merupakan serum dengan faktor pertumbuhan yang sangat tinggi. Serum ini berasal dari darah pasien sendiri atau lebih dikenal dengan PRP (Platelet-Rich Plasma).

Lebih lanjut, tetapi PRP bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastin, kunci dalam perawatan kulit untuk menjaga kulit agar tetap bersinar.

Radiofrekuensi Dengan Perawatan Microneedling

Selain dengan serum exo atau serum plasma darah, treatment microneedling juga bisa dikombinasikan dengan gelombang radio. Duo kombinasi ini dirancang untuk membangun kembali kolagen dan elastin menggunakan energi cahaya dari gelombang radio dengan jarum mikroskopis yang menusuk kulit dengan lembut.

Alasan Timbul Bopeng Setelah BerjerawatIlustrasi bekas jerawat. (Foto: pinterest.com/procollagen)

Tusukan microneedling berfungsi untuk membantu mengisi lekukan bopeng bekas jerawat. Nilai tambahnya adalah treatment ini bisa membuat kulit tampak lebih cerah dan kencang. Ditambah after effect yang minim, yaitu kemerahan hanya bertahan selama satu atau dua jam setelahnya.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id