sign up SIGN UP

SKINCARE

Tangan Lembut dan Tetap Bersih Setelah Cuci Tangan, Caranya Gampang Kok!

Astari Dewi Larasati | Kamis, 31 Dec 2020 14:30 WIB
Tangan Lembut dan Tetap Bersih Setelah Cuci Tangan, Caranya Gampang Kok!
caption
Jakarta -

Bagi wanita, merawat kulit tubuh agar tetap bersih dan lembut adalah hal penting. Mulai dari ujung kepala hingga kaki termasuk tangan. Apalagi anggota tubuh ini paling sering digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Jika dibiarkan dan tidak merawatnya, maka tangan akan terasa kasar dan kotor.

Di tahun 2020 ini, sudah menjadi rutinitas wajib untuk memastikan tangan agar tetap bersih. Sehingga tangan jauh dari virus dan bakteri berbahaya di luar sana. Ada beberapa tips perawatan untuk merawat tangan agar tetap lembut dan bersih seperti berikut.

Hindari mencuci tangan menggunakan air panas

Air panas mampu menghilangkan kelembapan tangan.
Hindari mencuci tangan menggunakan air panas/freepik.com

Untuk memastikan tangan agar tetap bersih, maka cucilah tangan sebelum melakukan aktivitas. Namun, hindari mencuci tangan menggunakan air panas. Hal ini dikarenakan air panas mampu menghilangkan kelembapan tangan.

Sehingga tangan akan kehilangan kelembutan secara alami. Agar menghindari hal ini, pertama bilas dengan air bersuhu ruangan lalu pilih pembersih yang kaya kelembapan. Jangan lupa untuk mengeringkan tangan, karena kuman lebih mudah menyebar saat tangan basah.

Pilih hand sanitizer yang lembut

Dengan ini bisa membuat tangan bersih, lembut, hingga menenangkan kulit
Pilih hand sanitizer yang lembut/freepik.com

Hand sanitizer adalah barang wajib yang saat ini harus dibawa kemanapun dan kapanpun. Untuk membunuh virus, pilih hand sanitizer yang mengandung alkohol. Sayangnya, kandungan ini mampu mengeringkan kuku dan kulit tangan.

Cobalah seimbangi dengan menggunakan hand sanitizer yang lembut dan menenangkan kulit. Bisa juga menambahkan minyak essensial untuk aroma yang lebih herbal. Gosokkan ke setiap ujung tangan hingga kuku sampai kering.

Oleskan kembali moisturizer setelah cuci tangan

Pilih produk yang mengandung ceramides dan hyaluronic acid.
Oleskan kembali moisturizer setelah cuci tangan/freepik.com

Biasanya setelah mencuci tangan, kulit akan terasa kering dan kencang. Karena sabun dan pembersih akan menghilangkan minyak alaminya pada lapisan luar kulit. Untuk membuat tangan tetap bersih, namun lembap bisa mengoleskan kembali moisturizer.

Cobalah cari produk yang mengandung ceramides dan hyaluronic acid tetapi tidak memberikan wewangian atau pewarna. Karena hal ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit tangan.

Waspadai kutikula

Bisa menyebabkan infeksi bakteri yang menyakitkan, kemerahan, bahkan bengkak.
Waspadai kutikula/freepik.com

Kutikula adalah segel pelindung alami kuku, namun bisa membuat kering dan dehidrasi. Sehingga akan pecah serta memungkinkan air dan kelembapan masuk ke kuku. Selain itu, menyebabkan infeksi bakteri yang menyakitkan, kemerahan, bahkan bengkak. Inilah mengapa pentingnya untuk mewaspadai kutikula dan menjaganya tetap alami. Untuk mencari pilihan lain, bisa memakai krim kutikula.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id