sign up SIGN UP

SKINCARE

Tidak Sama, Inilah Perbedaan Body Lotion dan Body Serum!

Fahira mahza | Senin, 16 Nov 2020 15:30 WIB
Tidak Sama, Inilah Perbedaan Body Lotion dan Body Serum!
caption
Jakarta -

Kulit adalah salah satu hal yang harus dirawat sedini mungkin. Kebanyakan orang lebih berfokus merawat kulit wajah namun merawat kulit badan juga sama pentingnya. Berbagai produk tersedia di pasaran yang bertujuan untuk menciptakan kulit badan yang sehat dengan mengatasi berbagai masalah seperti kering dan tidak bercahaya.

Produk yang umumnya digunakan adalah body lotion. Body lotion dapat menyegarkan kulit serta mengatasi dehidrasi kulit Namun, pernahkah kamu mendengar body serum?

Biasanya produk ini bersebelahan dengan body lotion di rak supermaket dan berfungsi seperti body lotion namun terdapat sedikit perbedaan dalam formulanya. Kedua produk ini terlihat serupa namun ternyata memiliki beberapa perbedaan loh!

Body lotion cocok untuk iklim panas

body lotion untuk cuaca panas
foto: freepik.com

Body lotion biasanya memiliki tekstur yang lebih kental dibanding body serum. Selain itu manfaatnya untuk menghidrasi kulit sangat cocok untuk cuaca panas dimana kondisi kulit akan mudah kering. Teksturnya yang agak cair akan mempermudah penyerapan produk tersebut.

Lotion yang baik yaitu tidak terlalu berminyak dan mudah menyerap. Sangat cocok digunakan oleh berbagai jenis kulit mulai kering, normal hingga berminyak sekalipun. Biasanya memiliki aroma harum yang dapat membuat tubuh terasa lebih segar saat beraktivitas di cuaca panas.

Body serum mengatasi masalah kulit secara mendalam

body serum mengatasi masalah kulit
foto: pinterest.com

Bila dilihat dari segi formulanya, body serum memiliki formula yang lebih ringan dengan partikel mikro yang lebih kecil dibanding body lotion. Memiliki konsentrasi molekul aktif yang tinggi membuat body serum sangat mudah menyerap kulit.

Biasanya body serum juga mengandung kandungan bahan aktif yang lebih tinggi jika dibanding body lotion sehingga akan lebih cepat dalam memperbaiki masalah pada kulit.

Kandungan bahan aktif seperti antioksidan, glycolicic acid dan lactic acid didalam body lotion diduga mampu memperbaiki skin barrier. Finish dari pemakaian body serum cenderung tidak lengket seperti body lotion.

Tergantung Kebutuhan Kulit

tergantung kebutuhan kulit
foto: freepik.com

Pada dasarnya baik body lotion maupun body serum bertujuan untuk merawat kulit tubuh agar tetap sehat. Pemilihan keduanya bergantung oleh kondisi dan permasalahan kulitmu.

Body lotion memiliki tekstur kental yang belum tentu menyerap hingga ke lapisan terdalam kulit. Mungkin saja permukaan kulitmu terlihat lembut dan sehat namun lapisan terdalamnya tidak mendapat nutrisi.

Body serum sendiri hadir untuk mengatasi masalah kulit hingga lapisan terdalamnya karena mudah menembus kulit.

Jika kulit kamu mengalami dehidrasi dan kekeringan akibat cuaca panas maka body lotion tepat kamu pilih untuk merawat kulitmu. Namun, jika ada masalah yang lebih kompleks seperti warna kulit tidak merata dan noda hitam pada tubuh maka body serum sangat cocok untukmu.

Itulah perbedaan antara body lotion dan body serum. Pilihlah produk yang memang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Baik body lotion maupun body serum memiliki manfaatnya masing - masing.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id