sign up SIGN UP

Tips Memilih Sunscreen dengan SPF yang Aman untuk Kulit Berjerawat!

S Saraswathi | Jumat, 20 Mar 2020 04:35 WIB
Tips Memilih Sunscreen dengan SPF yang Aman untuk Kulit Berjerawat!
caption
Untuk kamu yang punya jenis kulit berjerawat pernah merasa bingung memilih sunscreen? Ya, kamu perlu hati-hati karena tidak semua sunscreen memiliki kandung tepat untuk kulit berjerawat. Berikut tips memilih sunscreen yang aman dan mengandung SPF untuk kulit berjerawat.

Cek Kandungan yang Tertera pada Kemasan




Foto: https://www.freepik.com/free-photo/rock-salt-brush-sponge-leaves-white-background_3480004.htm#query=skincare%20natural&position=4
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek kandungan yang ada pada kemasan produk. Pastikan kandung-kandungan tersebut aman dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk wajah atau bahan yang bisa memicu timbulnya jerawat karena iritasi.

Untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, biasanya kulitmu juga cenderung sensitif, jangan membeli produk yang mengandung alkohol karena kulitmu akan terasa perih dan ada sensasi terbakar jika kamu tetap menggunakannya. Carilah produk dengan bahan-bahan yang aman, dianjurkan untuk memilih produk yang mengandung bahan-bahan alami.

Gunakan Produk Tanpa Kandungan UV Absorber




Foto: https://www.freepik.com/free-photo/portrait-white-woman-doing-her-daily-skincare-routine_2825713.htm#page=1&query=skincare%20sunscreen&position=0

UV absorber adalah sebagai bahan yang berfungsi untuk mencegah terbakarnya kulit akibat paparan sinar matahari secara langsung. UV absorber sendiri sebenarnya adalah bahan yang cukup kuat untuk menangkal sinar UV, namun bahan ini juga bisa menjadi kulit.

Dianjurkan untuk memilih bahan yang mengandung UV reflector, sekalipun UV reflector tidak cukup kuat untuk memberikan perlindungan terhadap UV, namun ia memiliki tingkat iritan yang rendah sehingga lebih aman digunakan untuk kulit berjerawat.


Pilih Produk dengan Kadar SPF 20 hingga SPF 30 dan PA ++




Foto: https://www.freepik.com/free-photo/sunscreen-lotion-bottle-plastic-yellow-scallop-turquoise-wooden-desk_4522554.htm#page=1&query=skincare%20sunscreen&position=17

Informasi penting untuk kamu semua, semakin tinggi kadar SPF dan PA, semakin tinggi pula tingkat iritan pada produk sunscreen tersebut. Terlihat lebih menjanjikan dengan angka yang lebih besar, namun kenyataannya hal tersebut justru tidak aman untuk kulitmu.

Oleh sebab itu, lebih dianjurkan untuk membeli produk yang memiliki SPF 20 hingga SPF 30 dan PA ++ karena tingkat iritannya relatif lebih kecil. Jadi kamu tidak perlu cemas atau takut kulitmu semakin breakout ketika menggunakan produk sunscreen ini, bisa dibilang aman untuk kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: REVIEW: Nivea Sun Serum, Sunscreen Berbentuk Serum yang Nyaman & Anti Lengket!


Pilihlah Produk Sunscreen Khusus Bayi




Foto: https://www.freepik.com/search?dates=any&format=search&query=baby%20sunscreen&selection=1&sort=popular&type=photo

Jika kamu tidak merasa aman untuk mecoba produk sunscreen orang dewasa, kamu bisa mencoba produk sunscreen yang khusus dibuat untuk bayi. Produk skincare khusus bayi biasanya tidak mengandung bahan aditif yang tidak diperlukan dan cenderung memiliki tingkatan iritan yang lebih rendah.

Dalam produk skincare bayi juga tidak terdapat bahan pengawet, mineral oil, surfaktan, ataupun bahan kimia berbahaya lainnya. Jadi jika kamu memang tidak ingin atau takut mencoba produk skincare pada umumnya, kamu bisa mencoba menggunakan produk skincare khusus untuk bayi, Ladies.


Pilih Produk dengan Tekstur yang Ringan




Foto: https://www.freepik.com/free-photo/crystal-ice-cubes-with-daffodil-flower-yellow-sunscreen-lotion-bottle-against-green-backdrop_4522577.htm#query=spf%20sunscreen&position=3

Ini juga adalah  hal yang penting. Produk sunscreen dibuat dengan berbagai macam tekstur seperti cream, lotion, dan gel. Tekstur yang lebih dianjurkan untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat adalah tekstur liquid seperti lotion. Pilihlah produk dengan tekstur paling lembut agar aman ketika diaplikasikan di bagian wajah yang sedang meradang atau berjerawat.
 


Pilih Produk dengan Keterangan Oil Free dan Non Comedic




Foto: https://www.freepik.com/free-photo/white-sunscreen-cream-coming-out-orange-bottle-against-orange-backdrop_4538157.htm#query=spf%20sunscreen&position=0

Informasi yang tak kalah penting dengan yang ada di atas, ini justru yang paling penting. Pilihlah produk dengan keterangan Oil Free dan Non Comedic. Jika salah tidak melihat keterangan ini, justru produk ini akan membuat wajah kalian semakin berjerawat.

Seperti oil yang akan cenderung membuat wajah kalian cenderung makin berminyak dan bisa membuat kotoran lebih cepat menempel di wajahmu, jadi pilihlah produk yang oil free. Kemudian untuk produk non comedic sendiri juga penting karena bisa mencegah munculnya komedo setelah pegaplikasian di wajah, selain itu produk non comedic juga bisa menghambat pertumbuhan jerawat, Ladies.

Baca Juga: Kulit Sensitif Harus Dilindungi, Cobain 5 Rekomendasi Sunscreen Ini


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id