sign up SIGN UP

SKINCARE

Yuk, Tahu Lebih Lanjut Soal Stretch Mark dan Cara Menghilangkannya!

Munjidah Hamsa | Selasa, 25 Feb 2020 09:30 WIB
Yuk, Tahu Lebih Lanjut Soal Stretch Mark dan Cara Menghilangkannya!
caption
Stretch mark merupakan kondisi kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Stretch mark bukanlah suatu penyakit kulit yang berbahaya. Namun, tampilan yang mengganggu keindahan kulit memang membuat tampilan jadi kurang oke. Untuk itu, beberapa tips dan cara menghilangkan stretch mark bisa kamu contek. Tapi kenalan dulu dengan penyebab munculnya stretch mark pada kulit. Yuk, simak!

Penyebab Munculnya Stretch Mark


Foto: Istimewa

Stretch mark disebabkan oleh beberapa penyebab yang menyebabkan kulit meregang. Stretch mark biasanya akan muncul pada bagian tubuh yang memiliki konsentrasi lemak yang lebih tinggi atau bertambah. Selain itu stretch mark muncul akibat perkembangan tubuh yang lebih cepat jika dibandingkan dengan pertumbuhan kulit.
 
Penyebab stretch mark yang lain adalah akibat rusaknya jaringan elastis yang ada pada lapisan kulit dalam yang disertai dengan peradangan sehingga memunculkan bekas luka di bagian kulit terluar. Penyebab stretch mark lainnya adalah kenaikan berat badan yang drastis, pubertas yang membuat tubuh berkembang, implant payudara dan pantat yang terlalu besar, pembesaran perut saat hamil, penggunaan steroid yang berlebihan, penyakit genetic langka seperti cushing, Sindrom Marfan, dan Sindrom Ehlers-Danlos.
 
Dari sini, kamu telah tahu apa saja penyebab stretch mark yang muncul pada kulit. Selanjutnya, kamu wajib tahu tips dan cara menghilangkan stretch mark berikut ini yang bisa kamu lakukan. Simak ya!
 


Tips Menghilangkan Stretch Mark


Foto: Istimewa

Stretch mark bisa kamu hilangkan dengan melakukan tips menghilangkan stretch mark. Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin A atau yang biasa disebut dengan Retinoid. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A agar kulit makin ternutrisi dari dalam.
 
Selain itu, kamu bisa melakukan tips menghilangkan stretch mark dengan cara membuat body scrub berbahan gula. Kamu bisa mencampurkan gula, minyak kelapa atau minyak almond, dan perasan lemon. Gosokkan body scrub buatan selama delapan hingga 10 menit dalam dua hingga tiga kali seminggu. Dengan pemakaian rutin, stretch mark-mu akan cepat memudar.
 
Selain itu, kamu juga bisa rajin mengoleskan gel lidah buaya. Hal ini dikarenakan terdapat healing agent yang bisa menyembuhkan gangguan pada kulit hingga membuat kulit menjadi lebih lembut. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya secara teratur setiap hari sehabis mandi untuk memberikan kulit kelembapan ekstra. Mudah bukan caranya?
 


Cara Menghilangkan Stretch Mark Pada Remaja


Foto: Istimewa

Ternyata, kulit remaja juga bisa mengalami munculnya stretch mark lho, Ladies! Wah, baru tau ya? Hal ini karena kamu sedang dalam masa tumbuh dan berkembang sehingga stretch mark pada kulit bisa saja muncul seiring bertambahnya beberapa bagian tubuh tertentu. Bagi kamu yang masih remaja, kamu bisa lho mengatasi stretch mark dengan cara menghilangkan stretch mark pada remaja berikut ini. Simak ya!
 
Pertama, kamu wajib banget melakukan olahraga tubuh yang rutin. Mengapa demikian? Ternyata dengan berolahraga, kamu bisa menjaga berat badan tetap stabil. Selain itu, olahraga juga akan membantu mencegah dan mengontrol peregangan yang terjadi pada kulit saat kamu bertumbuh dan berkembang sehingga stretch mark tidak lebih rawan untuk muncul.
 
Kedua, kamu bisa mulai mengonsumsi makanan yang sehat dengan kandungan vitamin A dan vitamin C yang kaya. Kamu bisa mulai konsumsi susu, apel, jeruk, wortel, dan buah sayuran lainnya yang bervitamin tinggi. Ketiga, kamu bisa pijat kulitmu secara rutin dengan minyak yang mengandung vitamin E tinggi seperti olive oil atau minyak zaitun dan minyak alpukat atau avocado oil. Hal ini akan merawat kulitmu agar tetap lembap dan tetap terjaga kesehatannya. Gampang banget kok caranya.
 
Itulah serba-serbi seputar stretch mark berikut tips dan cara menghilangkan stretch mark pada kulit remaja dan kulit wanita dewasa. Dengan mengetahui penyebab dan cara merawat kulit yang terdapat stretch mark, kamu bisa memudarkan stretch mark. Semoga membantu!



(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id