sign up SIGN UP

LIFE

5 Peralatan Camping yang Wajib Dibawa Saat Mendaki

Izzul Millati Umami | Minggu, 06 Jun 2021 09:00 WIB
5 Peralatan Camping yang Wajib Dibawa Saat Mendaki
peralatan camping/ sumber: pexels.com

Bila kamu ingin mendaki gunung, tentunya butuh persiapan matang yang nggak main-main. Beberapa peralatan diperlukan untuk menunjang tujuan mendaki, mulai dari keperluan akomodasi, makanan, serta banyak hal. Untuk itu, dibutuhkan biaya serta kesiapan yang matang. Ladies bisa memperoleh peralatan camping dengan membelinya atau menyewanya di tempat persewaan. Apakah kamu pendaki pemula? Ini dia beberapa list yang harus kamu sediakan sebelum mendaki:

Nesting

Nesting sendiri adalah peralatan masak yang umum digunakan oleh tentara. Nesting digunakan untuk memasak seluruh jenis makanan, termasuk menggoreng, menumis, mengukus dan lain-lain. Ini yang membuat nesting terasa praktis dibandingkan alat masak lain yang punya fungsi tersendiri semacam panci, wajan, serta penanak nasi. Bentuknya pun bermacam-macam dari persegi hingga bundar, loh. 

Kompor

kompor/
kompor/sumber:pexels.com

Kompor merupakan salah satu peralatan camping yang juga penting dibawa bagi kamu si pendaki. Kompor sangat bagus dipergunakan untuk memasak bahan makanan yang dibawa. Memang, sebaiknya, saat di alam, kamu memasak makanan sendiri ketimbang membeli di penduduk lereng gunung. Harga makanan di sana relatif mahal 3 kali lipat daripada memasak. 

Tenda

tenda
tenda/sumber:pexels.com

Tak lengkap rasanya saat kamu camping tanpa mendirikan tenda. Tentunya, kamu perlu menghindari angin dan hujan yang bisa saja datang tiba-tiba. Di persewaan alat outdoor, kamu bisa mendapatkan harga sewa 30 ribu untuk seharian. Bila kamu membelinya, butuh budget sekitar 500.000 hingga 1 juta rupiah. 

Sleeping bag

sleeping bag
sleeping bag/sumber:pexels.com

Sleeping bag adalah item pengganti kasur yang bisa kamu gunakan untuk tidur di dalam tenda. Memang benar bahwa angin dingin bisa dihalau saat berada di dalam tenda. Sleeping bag tetap dibutuhkan untuk menghalau angin dingin yang masuk lewat pintu tenda, loh. 

Bahan makan

telur
telur/sumber:pexels.com

Telur, mie, abon dan sosis merupakan beberapa bahan makan yang diperlukan selama di alam. Bahan makanan ini akan bertahan awet beberapa hari, loh. Bila kamu ingin membawa sayur dan daging, segara masak di hari pertama segera setelah mendirikan tenda. Jangan tunggu besok sampai bahan makan jadi basi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id