sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Kulit Tetap Glowing dan Cerah Alami Selama Berpuasa

Esra Dopita | Kamis, 30 Apr 2020 20:00 WIB
5 Tips Kulit Tetap Glowing dan Cerah Alami Selama Berpuasa
caption
Ketika berpuasa, kulit cenderung mengalami masalah. Hal ini lantaran tubuh kekurangan nutrisi dan cairan selama berpuasa. Belum lagi pola tidur juga mengalami perubahan, bahkan terganggu. Akibatnya, kulit menjadi kusam dan kering. Nah, berikut ini lima tips kulit glowing dan cerah selama berpuasa.

Konsumsi Cukup Air Putih




Foto: https://food.detik.com/

Tips pertama menjaga kulit tetap glowing dan cerah saat berpuasa adalah mencukupi kebutuhan cairan. Saat tubuh kekurangan cairan, kulit akan kering dan kusam. Apalagi, kamu harus menahan haus dan lapar selama lebih dari 12 jam. Karena itu, usahakan mencukupi kebutuhan cairan, dari waktu berbuka puasa sampai sahur. 

Konsumsi delapan gelas air putih atau sekitar dua liter setiap harinya. Hindari minuman berkarbonasi, minuman beralkohol, serta mengandung banyak gula dan kafein. Sebab, selain tak banyak bagi kesehatan fisik, minuman itu juga berdampak buruk bagi kulit dan dapat menyebabkan dehidrasi. 


Konsumsi Sayur dan Buah




Foto: https://wolipop.detik.com/

Kebanyakan orang cenderung mengonsumsi makanan berlemak dan minuman manis ketika berbuka puasa. Padahal, makanan itu tak baik bagi tubuh dan kulit. Jika ingin kulit glowing dan cerah selama berpuasa, konsumsi makanan kaya serat serta antioksidan, seperti sayur dan buah. Apalagi makanan ini juga baik bagi tubuh dan  pencernaaan. Pastikan kamu mengonsumsi cukup sayur dan buah ketika puasa demi memenuhi kebutuhan vitamin bagi kulit.


Gunakan Pelembap




Foto: https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-4820963/11-cara-merawat-wajah-sehari-hari-agar-selalu-sehat

Tak hanya perlindungan dari dalam, kulit juga membutuhkan perlindungan dari luar. Gunakan pelembap selama berpuasa agar kulit tetap terhidrasi. Kamu bisa mengaplikasinya beberapa kali ke kulit bila terasa kering. Selain itu, bersihkan wajah secara rutin serta gunakan masker wajah sekali dalam seminggu. Masker wajah dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, sehingga kulit lebih lembut dan bercahaya. 



Hindari Makeup Tebal




Foto: https://wolipop.detik.com/

Selama puasa, sebaiknya menghindari penggunaan makeup, apalagi yang terlalu tebal. Sebab, penggunaan makeup dapat menutup pori-pori wajah. Belum lagi cuaca panas membuat kulit kering dan kusam. Untuk mengatasinya, sebaiknya menghindari pemakaian makeup, seperti foundation. Kamu bisa menggantinya dengan produk berbahan air atau lebih ringan seperti BB cream atau loose powder


Cukup Tidur




Foto: https://health.detik.com/

Tak hanya pola makan, pola tidur juga terganggu ketika berpuasa. Sebab, jam tidur menjadi berkurang karena kamu harus terbangun untuk sahur dan biasanya sulit untuk tidur lagi. Karena itu, usahakan tidur lebih cepat, misalnya, usai salat tarawih, sehingga waktu tidur yang diperoleh lebih banyak. Seperti diketahui, kurang tidur membuat kulit kusam serta mengalami penuaan dini. 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id