6 Etika Kerja yang Harus Fresh Graduate Tahu

Henny Alifah | Beautynesia
Kamis, 20 Feb 2020 04:15 WIB
6 Etika Kerja yang Harus Fresh Graduate Tahu
https://pilbox.themuse.com/image.png?filter=antialias&h=343&opt=1&pos=top-left&prog=1&q=keep&url=https%3A%2F%2Fcms-assets.themuse.com%2Fmedia%2Flead%2F72235923-d918-4b98-b3ea-60fd17687269.png&w=700
Selamat kamu berhasil lulus dari kampus kebanggaan, mendapat pekerjaan pertama yang penuh perjuangan, dan tibalah kini menuju ke lembaran berikutnya, dunia kerja. Wajar jika kamu harap-harap cemas dengan lingkungan kerja yang baru sampai bingung bagaimana sebaiknya berperilaku. Tapi jangan khawatir, berikut beberapa hal dasar tentang etika kerja yang bisa jadi panduan.

1. Sah-sah saja mendengarkan musik, asal tidak mengganggu rekan kerja yang lain


image source: stocksy.com

Banyak orang yang suka mendengarkan musik saat bekerja karena dapat membuat mereka lebih kreatif atau membantu lebih fokus. Namun bagi sebagian orang yang lain, musik justru mengganggu atau menghalangi mereka untuk produktif.

Pakar etika bisnis dan pendiri Protocol School of Palm Beach, Jacqueline Whitmore, seperti yang dilansir dari Glassdoor menuturkan bahwa jika berada di ruang bersama, sebaiknya hindari musik tapi tak masalah jika berada di ruang pribadi. Kamu juga bisa menggunakan headphone selama itu tidak mengurangi kepekaan dengan sekitar. Nah, terkait dengan lingkungan sekitar, jika kamu seorang manajer kantor atau menduduki posisi asisten, maka sebaiknya tidak mendengarkan musik di tempat kerja.
 


2. Hindari percakapan pribadi, politik, dan agama


image source: thriveglobal.com

Berikutnya, etika kerja yang harus fresh graduate tahu yaitu terkait obrolan apa yang sebaiknya dihindari. Sebagai anak baru, seorang fresh graduate bisa meninggalkan kesan yang buruk jika salah bicara.

Catat baik-baik, gosip tentang rekan kerja, seks, politik, dan uang adalah empat topik yang menurut Jacqueline harus dihindari di tempat kerja. Jika membahas anggaran keuangan untuk keperluan kantor atau departemen, tentunya tak masalah, tetapi jika seorang karyawan fresh graduate bertanya tentang berapa harga mobil seseorang atau apa yang mereka beli selama akhir pekan, itu namanya tidak pantas.
 


5. Penting untuk memperhatikan setiap detail terkecil


image source: elle.vn

Sebagai karyawan junior, kemungkinan besar kamu yang seorang fresh graduate akan ditugasi tugas administrasi di beberapa titik. Misalnya, booking tempat pertemuan makan siang bos dengan klien atau mencari spot parkir yang luas. Tugas tersebut mungkin tampak sepele tetapi jika tidak teliti akan membuat semuanya kacau. Kadang, biaya kesalahannya kecil, tetapi di lain waktu bisa jadi dapat membawa bencana perusahaan bahkan mungkin membahayakan posisimu di kantor.
 


6. Bersikap baik dan sopan


image source: gallup.com

Satu lagi etika kerja yang harus fresh graduate tahu, dan ini yang utama, perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Terdengar klise memang, tetapi hal itu tetap berlaku bagi semua orang di segala kesempatan, termasuk bagi seorang fresh gradute di dunia kerja. Jika tidak ingin seseorang meneriaki kamu di depan rekan kerja, maka jangan lakukan hal yang sama kepada mereka. Jika tidak ingin orang-orang bergosip di belakangmu maka jangan bicara seperti itu di belakang orang lain.

Pada akhirnya, kamu akan bertemu dan berinteraksi kembali dengan rekan kerja di keesokan harinya, jadi perlakukan mereka dengan hormat, dengan sikap yang baik. Sebelum kamu membuat komentar tak sedap atau bercanda dengan mengorbankan perasaan rekan kerja yang lain, pikirkan tentang bagaimana jika hal itu terjadi padamu. Selain itu, termasuk bersikap baik dan sopan dengan memakai pakaian yang pantas dan rapi.

Itu tadi enam etika kerja yang harus fresh graduate tahu. Semoga panduan singkat ini bisa membantu kamu beradaptasi di dunia kerja, ya.

 


(ebn/ebn)
CERITA YUK!
Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.