6 Etika Kerja yang Harus Fresh Graduate Tahu
1. Sah-sah saja mendengarkan musik, asal tidak mengganggu rekan kerja yang lain
Banyak orang yang suka mendengarkan musik saat bekerja karena dapat membuat mereka lebih kreatif atau membantu lebih fokus. Namun bagi sebagian orang yang lain, musik justru mengganggu atau menghalangi mereka untuk produktif.
Pakar etika bisnis dan pendiri Protocol School of Palm Beach, Jacqueline Whitmore, seperti yang dilansir dari Glassdoor menuturkan bahwa jika berada di ruang bersama, sebaiknya hindari musik tapi tak masalah jika berada di ruang pribadi. Kamu juga bisa menggunakan headphone selama itu tidak mengurangi kepekaan dengan sekitar. Nah, terkait dengan lingkungan sekitar, jika kamu seorang manajer kantor atau menduduki posisi asisten, maka sebaiknya tidak mendengarkan musik di tempat kerja.
2. Hindari percakapan pribadi, politik, dan agama
Berikutnya, etika kerja yang harus fresh graduate tahu yaitu terkait obrolan apa yang sebaiknya dihindari. Sebagai anak baru, seorang fresh graduate bisa meninggalkan kesan yang buruk jika salah bicara.
Catat baik-baik, gosip tentang rekan kerja, seks, politik, dan uang adalah empat topik yang menurut Jacqueline harus dihindari di tempat kerja. Jika membahas anggaran keuangan untuk keperluan kantor atau departemen, tentunya tak masalah, tetapi jika seorang karyawan fresh graduate bertanya tentang berapa harga mobil seseorang atau apa yang mereka beli selama akhir pekan, itu namanya tidak pantas.
| Baca Juga : Makin Ramping, Begini Potret Terbaru Muzdalifah |
5. Penting untuk memperhatikan setiap detail terkecil
Sebagai karyawan junior, kemungkinan besar kamu yang seorang fresh graduate akan ditugasi tugas administrasi di beberapa titik. Misalnya, booking tempat pertemuan makan siang bos dengan klien atau mencari spot parkir yang luas. Tugas tersebut mungkin tampak sepele tetapi jika tidak teliti akan membuat semuanya kacau. Kadang, biaya kesalahannya kecil, tetapi di lain waktu bisa jadi dapat membawa bencana perusahaan bahkan mungkin membahayakan posisimu di kantor.
6. Bersikap baik dan sopan
Satu lagi etika kerja yang harus fresh graduate tahu, dan ini yang utama, perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Terdengar klise memang, tetapi hal itu tetap berlaku bagi semua orang di segala kesempatan, termasuk bagi seorang fresh gradute di dunia kerja. Jika tidak ingin seseorang meneriaki kamu di depan rekan kerja, maka jangan lakukan hal yang sama kepada mereka. Jika tidak ingin orang-orang bergosip di belakangmu maka jangan bicara seperti itu di belakang orang lain.
Pada akhirnya, kamu akan bertemu dan berinteraksi kembali dengan rekan kerja di keesokan harinya, jadi perlakukan mereka dengan hormat, dengan sikap yang baik. Sebelum kamu membuat komentar tak sedap atau bercanda dengan mengorbankan perasaan rekan kerja yang lain, pikirkan tentang bagaimana jika hal itu terjadi padamu. Selain itu, termasuk bersikap baik dan sopan dengan memakai pakaian yang pantas dan rapi.
Itu tadi enam etika kerja yang harus fresh graduate tahu. Semoga panduan singkat ini bisa membantu kamu beradaptasi di dunia kerja, ya.