sign up SIGN UP

LIFE

7 Kebiasaan untuk Dapatkan Pernikahan Penuh Kebahagiaan

Henny Alifah | Senin, 16 Mar 2020 08:30 WIB
7 Kebiasaan untuk Dapatkan Pernikahan Penuh Kebahagiaan
caption
Hidup bahagia berumahtangga merupakan impian banyak pasangan. Namun demikian, pernikahan yang bahagia tak bisa serta merta didapat begitu saja. Karena itu, perlu beberapa hal yang dibiasakan di antara pasangan suami istri agar keduanya senantiasa bahagia menjalani pernikahannya hingga maut memisahkan. Di antaranya, kebiasaan seperti berikut ini.

1. Nyatakan cinta setiap pagi


Foto: Istimewa
image source: lovelifetbd.com

Dalam buku '75 Habits for a Happy Marriage' yang ditulis terapis Ashley Davis Bush dan suaminya, Daniel, kamu bisa, kok, langsung saja katakan pada pasangan, "Aku senang bisa menikah denganmu" atau "Kamu orang yang penting bagiku". ​​​​​​

Salah satu kunci untuk dapatkan pernikahan bahagia, sampaikan pada pasangan bahwa dia orang spesial untukmu. Disarankan untuk mengatakan ini secara langsung. Namun tak apa gunakan pesan teks atau meninggalkan catatan di lemari es jika terhalang jarak, sedang ada urusan di luar kota misalnya.
 


2. Sambut pasangan dengan pelukan hangat


Foto: Istimewa
image source: msn.com

Berpelukan juga merupakan salah satu kebiasaan untuk menciptakan pernikahan bahagia. Ketika pasangan pulang, hentikan aktivitas apapun yang kamu lakukan dan sambut dia dengan semangat. Berikan sebuah pelukan setidaknya selama 20 detik. Ini akan lebih baik jika kamu menambahkan kata-kata seperti, "Aku senang kamu sudah pulang". Jika pada gilirannya kamu yang berada di posisi pulang, lakukan hal yang sama dan katakan, "Aku senang bisa kembali ke rumah."

Berpelukan selama itu mungkin terasa aneh. Namun menurut apa yang ditulis Ashley dan Daniel, 20 detik adalah waktu yang diperlukan untuk menstimulasi hormon ikatan oksitosin, yang membantu kamu merasa lebih dekat dengan pasangan.
 


5. Bicara tentang mimpi dan perubahan


Foto: Istimewa
image source: bustle.com

Untuk mengenal pasangan lebih dekat, pasangan yang sudah menikah bisa saling bertanya apa impian sepuluh tahun ke depan. Kemungkinannya bisa apa saja, mulai dari liburan ke tempat tertentu, memiliki barang idaman, atau memenangkan suatu kompetisi. Bersikaplah terbuka dan tidak menghakimi dan kalian mungkin saja bisa meraihnya bersama.

Selain itu, tak bisa dipungkiri semua orang berubah seiring perjalanan waktu. Karena itu, kamu perlu bicara serius jika ada yang berubah darinya dan itu mengganggumu. Bersikap terus terang akan membantu kamu dalam memahami dunia batinnya dan kamu pun bisa mengungkapkan dirimu yang sebenarnya kepadanya.
 



6. Jangan tunggu pasangan menebak apa yang kamu inginkan


Foto: Istimewa
image source: stocksy.com

Dr. Danielle Harel, konsultan hubungan asmara yang berkantor di Somatica Institute San Francisco, mengatakan bahwa pasangan yang paling bahagia yang ia temui adalah mereka yang memiliki kebiasaan untuk mengungkapkan apa yang mereka inginkan dan mendengarkan keinginan pasangan mereka tanpa emosi berlebih. Mengharapkan pasangan mengetahui apa yang kamu inginkan tanpa kamu mengungkapkannya, sama dengan mengundang bencana.
 


7. Biasakan untuk membahas keuangan bersama


Foto: Istimewa
image source: stocksy.com

Di banyak kasus perceraian, masalah keuangan jadi pemicu utamanya. Sayangnya, sebagian besar pasangan masih menghindari pembicaraan tentang ini sampai timbul masalah keuangan yang begitu besar. Membiasakan untuk membicarakan masalah keuangan bersama-sama sebelum terjadi masalah yang besar adalah salah satu hal cerdas yang dapat kamu lakukan untuk memastikan pernikahan kamu tetap bahagia.

Itu tadi tujuh dari beberapa kebiasaan yang dapat menciptakan pernikahan bahagia. Semoga pernikahan kamu langgeng, ya.
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id