sign up SIGN UP

LIFE

Jarang Diketahui, Ini Dia Manfaat Timun Rebus untuk Kesehatan!

Ade Suryani | Minggu, 03 Nov 2019 11:00 WIB
Jarang Diketahui, Ini Dia Manfaat Timun Rebus untuk Kesehatan!
caption
Mentimun memang makanan pendamping yang kerap dikonsumsi oleh orang Indonesia. Olahannya pun beragam, mulai dari lalapan hingga acar. Mentimun juga mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan. Begitu pula dengan mentimun rebus. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat timun rebus untuk kesehatan yang jarang orang ketahui. Yuk, simak!

1. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh


Foto: Istimewa

Mengonsumsi mentimun rebus ternyata dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Racun tersebut akan keluar secara bersamaan dengan keringat atau urin. Selain itu, mentimun rebus juga dapat melarutkan batu ginjal lho, Ladies.
 


2. Menurunkan Berat Badan


Foto: Istimewa

Mentimun adalah jenis buah yang tinggi kandungan airnya dan rendah kalori. Nah, buat Ladies yang sedang melakukan program diet, pas banget untuk mengonsumsi mentimun rebus ini. Tetapi disarankan juga untuk menambah yoghurt yang rendah lemak, agar bisa melancarkan pencernaan.
 


3. Melawan Sel Kanker


Foto: Istimewa

Adanya kandungan lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolaricisenol pada mentimun, ternyata dipercaya mampu mencegah berbagai jenis penyakit kanker, lho.



4. Mengobati Diare


Foto: Istimewa

Saat terserang diare, pastinya tubuh akan kekurangan cairan dan menjadi lemas. Hal itu dikarenakan sejumlah cairan tubuh banyak dikeluarkan saat terserang diare. Dan rebusan mentimun bisa juga lho digunakan untuk mengganti cairan yang hilang tersebut. Karena mentimun yang direbus memang terkenal kaya akan cairan dan serat. Jadi kalau dikonsumsi, bisa membuat tubuhmu selalu segar, Ladies.
 


5. Mengatasi Masalah Pencernaan


Foto: Istimewa

Buat Ladies yang sering mengalami keluhan masalah pencernaan, bisa juga diatasi dengan mentimun rebus. Karena mentimun rebus merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin A, B, C, dan mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika.

Mentimun rebus dapat dijadikan obat bagi penderita maag, baik ringan maupun kronis. Karena mentimun rebus memiliki beberapa fungsi seperti labu parang yang dapat mengatasi maag dengan bekerja sebagai anti radang. Selain itu, timun rebus juga bisa mengatasi masalah pencernaan lain seperti gastritis keasaman.
 


Nah Ladies, dari beberapa manfaat mentimun rebus yang telah dipaparkan diatas, yang paling penting agar mendapatkan hasil optimal untuk mengatasi masalah kesehatan yakni dengan cara mengonsumsinya secara rutin. Karena meskipun memiliki banyak khasiat, jika tidak secara rutin dalam mengonsumsinya, hasil yang didapatkan juga pasti tidak akan maksimal.


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id