sign up SIGN UP

LIFE

Makin Produktif, Lakukan 5 Tips Ini Agar Berhenti Menunda Pekerjaan

Desya Fitriyani | Senin, 16 Mar 2020 03:00 WIB
Makin Produktif, Lakukan 5 Tips Ini Agar Berhenti Menunda Pekerjaan
caption
Santai dan menikmati waktumu memang enggak salah. Namun, bagaimana kalau terus bersantai membuat kamu jadi menunda pekerjaan? Lari dari tanggung jawab dan membiarkan pekerjaan jadi menumpuk tersebut bisa saja membawa dampak buruk di kemudian hari lho, ladies. Agar hal tersebut enggak terjadi padamu, yuk lakukan 5 tips berhenti menunda pekerjaan berikut ini.

1. Niat mengerjakan adalah kunci utama


Mustahil untuk memulai suatu pekerjaan kalau tak didasari dengan niat dari diri sendiri. Maka dari itu, niat mengerjakan adalah kunci utama. Sebaiknya jangan terlena dengan rasa malas dan keinginan untuk bersantai ya, ladies. Memahami prioritas dan tujuan pekerjaanmu juga dapat membuat kamu termotivasi untuk segera menyelesaikannya. 


Foto: https://images.unsplash.com


 


2. Tenangkan pikiran dari hal yang membuatmu stres


Jika tugasmu adalah hal yang membuatmu stres dan tertekan, bukan berarti kamu harus menghindarinya, lho! Terkadang kamu larut dalam pikiranmu sendiri padahal hal tersebut belum terjadi. Akibatnya kamu jadi takut untuk memulai pekerjaan tersebut dan malah menundanya. Tapi tenang, kamu bisa mengatasi hal ini kok, ladies. Tarik nafas dan tenangkan pikiranmu sejenak. Kemudian kamu bisa melakukan langkah selanjutnya di bawah ini.



Foto: https://unsplash.com


 


3. Pilih waktu dan tempat yang bisa membuatmu bekerja secara efektif tanpa distraksi


Jika pikiranmu sudah sedikit lebih tenang, kamu bisa segera mulai mengerjakan pekerjaanmu. Pilih waktu dan tempat yang bisa membuatmu bekerja secara efektif. Tempat yang tenang dan tanpa distraksi mungkin bisa membantumu lebih produktif, ladies. Kemudian coba untuk fokus mengerjakan tugasmu tanpa distraksi sedikitpun selama 25 menit. Maksimalkan waktu tersebut untuk mengerjakan tugasmu. Setelah itu, kamu bisa beristirahat selama 3 menit sebelum melanjutkannya kembali.


Foto: https://unsplash.com/


 


4. Bagi tugas yang rumit ke dalam bagian-bagian kecil


Biasanya tugas yang sulit lah yang membuatmu jadi menunda pekerjaan. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membagi tugas tersebut ke dalam bagian-bagian kecil. Cara ini akan membuatmu memiliki pandangan yang lebih jelas soal hal apa saja yang harus kamu lakukan. Jika kamu mengerjakan secara step by step, hal ini tentu akan lebih memudahkanmu, ladies!


Foto: https://unsplash.com/


 


5. Istirahat dan tidur cukup dapat membantumu lebih fokus


Ketika kamu sudah mulai mengerjakan tugasmu, kamu harus tetap menjaga kondisi tubuh dan pikiranmu. Ingat untuk tidak terlalu menguras tenaga dan pikiran secara berlebihan. Istirahat yang cukup akan membuat pikiranmu fokus kembali dan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, pekerjaan yang rumit sekalipun seharusnya tak membuatmu kehilangan waktu tidur ya, ladies. Setelah pekerjaan tersebut selesai, kamu bisa memberi hadiah untuk dirimu sendiri seperti membeli dessert kesukaan atau perawatan di salon. Perjuanganmu jadi terasa worth it!


Foto: https://unsplash.com
(ebn/ebn)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id