sign up SIGN UP

LIFE

Mengenal Ragam Pewarna Rambut

Ika Dyah | Senin, 11 Apr 2016 10:00 WIB
Mengenal Ragam Pewarna Rambut
caption
Apakah kamu sering mewarnai rambutmu? Sering ganti-ganti warna rambut? Beberapa pewarna rambut dibedakan berdasarkan kandungan yang terdapat di dalamnya. Untuk mengetahui bagaimana pewarna itu bekerja, efek, dan hasil yang didapatkan yuk cari tahu macam-macam pewarna rambut berikut ini!

Pewarna Alami


Pewarna rambut yang termasuk dalam kategori alami biasanya terbuat dari tumbuh-tumbuhan, misaalnya henna. Ketahanan warna yang dihasilkan henna tidak bisa bertahan lama, karena henna ini hanya melapisi bagian luar kutikula rambut kamu. Untuk pilihan variasi warna tidak terlalu banyak dan cenderung pada warna-warna gelap seperti hitam atau cokelat. JiIka kamu telah memakai henna dan ingin mewarnai menggunakan selain henna dengna warna yang terang, kamu harus memastikan bahwa warna henna ini sudah benar-benar hilang sehingga warna yang baru bisa keluar dengan sempurna.
Foto: https://www.ratukosmetik.com/product/66/395/EAGLE-HENNA-WARNA-BROWN

Pewarna Permanen


Pewarna permanen akan bertahan lebih lama di rambut kamu. Hal ini dikarenakan ada proses oksidasi menggunakan hidrogen peroksida dan amonia. Peroksida ini berfungsi membuka kutikula rambut. Sedangkan amonia berfungsi untuk membuka pori-pori rambut sehingga warna bisa melekat dan meresap ke dalam rambut. Karena sifatnya yang sangat keras ini, maka diperlukan perawatan ekstra jika kamu memilih mewarnai rambut secara permanen. Akan lebih baik lagi jika kamu tidak terlalu sering mewarnai rambut atau berganti-ganti warna rambut melalui proses yang permanen.
Foto: https://id.aliexpress.com/store/product/DANESI-GOON-COLOR-HAIR-CREAM-LIGHT-GRAY-COLOR-Permanent-Super-Hair-Dye-100ml/631938_32441381900.html

Pewarna Semi Permanen


Pewarna semi permanen tetap memiliki kandungan peroksida dan amonia, akan tetapi lebih sedikit daripada cat rambut permanen. Pewarna ini tidak sampai mengubah pigmen dan sedikit membuka kutikula rambut sehingga hanya menembus batang rambut dan tidak sampai memudarkan warna aslinya. Tentunya, warna yang dihasilkan tidak bertahan selama warna yang dihasilkan dari pewarnaan permanen.
Foto: https://www.bukalapak.com/p/personal-care/produk-kecantikan/hair/rakuj-jual-bubblegum-blue-crazy-color-cat-rambut-semi-permanen

Pewarna Temporer


Pewarna rambut temporer seringkali digunakan pada acara-acara tertentu yang mengharuskan rambut diwarnai secara instant. Pewarnaan temporer hanya menutupi rambut, namun tidak sampai terserap ke batang rambut. Jadi ketika kamu keramas, warnanya juga akan menghilang. Bentuk pewarna rambut temporer biasanya dalam kemasan shampoo, spray, gel, foam, stick, tint (seperti lip gloss) atau chalk.
Foto: https://www.tokopedia.com/hendrie/hot-hues-cat-rambut-warna
Hair chalk sendiri adalah bentuk pewarna baru yang sedang digemari saat ini. Selain praktis, warna-warna yang dihasilkan adalah warna-warna terang yang menghasilkan teknik warna rambut dye. Kamu juga bisa mengkreasikan gaya ombre sesuka kamu dengan hair chalk ini. Cepat, mudah dan praktis, hair chalk bisa kamu beli di tokopedia.com hanya dengan Rp70.000 kamu sudah mendapatkan 4 macam warna dalam satu kemasan yaitu fiery fuchsia, hot pink, neon green, dan electric blue.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id