sign up SIGN UP

LIFE

Meninggal Dunia di Usia 44 Tahun, Ini Kisah Perjalanan Karir Glenn Fredly

Rumaysha Milhania | Rabu, 08 Apr 2020 15:00 WIB
Meninggal Dunia di Usia 44 Tahun, Ini Kisah Perjalanan Karir Glenn Fredly
caption
Dunia musik tanah air kembali harus berduka dengan berpulangnya musisi legendaris, Glenn Fredly. Meninggal dunia di usia yang masih terbilang muda, Glenn ternyata memiliki sejarah panjang untuk perjalanan karir yang luar biasa.

Kabar duka kembali datang dari dunia musik tanah air dengan meninggalnya musisi legenda, Glenn Fredly. Kepergian Glenn perlu diakui sangat mengejutkan. Pasalnya, beberapa waktu lalu ia masih aktif di media sosial. Bahkan, ia juga ikut serta dalam pembuatan video bersama para musisi lain menyanyikan lagu "Rumah Kita" sebagai bentuk dukungan untuk seruan #diRumahAja untuk menghentikan penyebaran pandemi virus corona. Namun, meskipun meninggal di usia yang cukup muda, yaitu 44 tahun, Glenn ternyata memiliki sejarah karir di dunia musik yang sangat inspiratif.



Vokalis "Funk Section"

Musisi kelahiran 30 September 1975 ini mengawali karir di dunia musik dengan menjadi vokalis “Funk Section” di tahun 1995, tepat setahun setelah ia lulus SMA. Saat itu, band ini berhasil meluncurkan sebuah album. Namun, berselang tiga tahun, Glenn akhirnya memutuskan untuk keluar dan memulai karirnya sebagai musisi solo.

Saat itu, ia membuat sebuah album dengan modal 8 buah lagu. Siapa sangka album pertamanya Glenn berhasil populer dengan lagu-lagunya yang bahkan hits di Malaysia, antara lain lagu berjudul “Kau,” “Cukup Sudah." dan “Mobil Mama.” 


Foto: Istimewa


Album yang Masih Dianggap Kurang Memenuhi Target

Cukup sukses dengan album pertamanya, Glenn kemudian meluncurkan album kedua pada tahun 2000 dengan judul Kembali. Dalam album ini, ia hadir dalam beberapa hits yang populer hingga saat ini, seperti “Salam Bagi Sahabat” dan “Kasih Putih”. Meskipun cukup banyak dikenal orang, album Glenn ternyata dianggap masih belum memenuhi target utama label, baik itu dari segi popularitas dan dari penjualannya.




Album yang Akhirnya Hits dan Meledak di Pasaran

Ia pun masih kerap diragukan oleh pihak label. Namun, Glenn akhirnya kembali hadir dengan album ketiga bertajuk “Selamat Pagi, Dunia!” pada tahun 2003. Siapa sangka, banyak lagu hits Glenn yang meledak dari album yang satu ini. Salah satu hits yang paling populer adalah lagu berjudul “Januari”. 


Foto: Istimewa


Meluncurkan Album untuk Soundtrack Film

Pada tahun 2005 Glenn diberikan penawaran untuk membuat sebuah album untuk soundtrack film berjudul Cinta Silver. Setahun kemudian, ia kembali meluncurkan album sebagai bentuk penghargaan dan rasa hormat untuk para musisi-musisi terdahulu, Aku dan Wanita. Dilanjutkan di tahun yang sama Glenn juga meluncurkan album ketujuhnya yang berjudul Terang. 

 



Mendapatkan Penghargaan di Anugerah Musik Indonesia 2001

Dalam ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia 2001, Glenn berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori lagu terbaik dan penyanyi pria terbaik untuk kategori musik R&B.


Foto: Istimewa


Musisi yang Penuh Kepedulian

Tidak hanya selalu soal musik. Glenn ternyata juga aktif dalam beragam kegiatan lingkungan. Hal ini tampak dalam partisipasinya di konser amal bertajuk 'Soul For Indonesian Earth.

Selain itu, di awal tahun 2005, Glenn juga turut serta dalam menciptakan lagu "Kita untuk Mereka", yang ditujukan untuk para korban Tsunami di Aceh. Lagu ini dibawakan oleh kelompok musisi bernama "Indonesian Voices", terdiri dari penyanyi-penyanyi legendaris Indonesia, seperti almarhum Gito Rollies, Harvey Malaiholo, Rio Febrian, Duta Sheila on 7, Fadly Padi, Kikan Cokelat, Ahmad Albar, Vina Panduwinata, Baim, Delon, Tia AFI, Ruth Sahanaya, Syahrani, Ubiet, dan masih banyak lagi.



Sebagai musisi yang legendaris, Glenn Fredly diketahui banyak berkolaborasi dengan musisi tanah air lain. Beberapa diantaranya adalah Erwin Gutawa, Sandy Sondhoro, Tompi, dan masih banyak lagi. 


Foto: https://www.instagram.com/glennfredly309/


Hingga kini, Glenn sudah memiliki label musik sendiri, yaitu Musik Bagus. Label musik ini diketahui sudah memproduksi beberapa karya dari para musisi tanah air baru, seperti Yura Yunita, Gilbert Pohan, serta Tiara Degrasia. 



Siapa sangka, di tanggal 8 April 2020, musisi legendaris ini harus berpulang di usia yang masih cukup muda. Para artis, seniman, dan musisi tanah air pun tampak berduka atas kepergian sang legenda. 

Selamat jalan Glenn Fredly, karyamu akan selalu abadi di hati kami.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id