sign up SIGN UP

LIFE

Mobil Gak Terpakai Saat WFH? Rawat dengan Cara Ini!

Astari Larasati | Minggu, 05 Apr 2020 12:00 WIB
Mobil Gak Terpakai Saat WFH? Rawat dengan Cara Ini!
caption
Banyak karyawan mendapatkan kebijakan dari kantornya yaitu Work From Home (WFH). Ada beberapa imbasan dari penerapan ini, salah satunya kendaraan pribadi seperti mobil. Karena biasanya kamu akan terus memakai mobil tapi sekarang enggak.

Kebijakan WFH menyebabkan mobil dan motor menjadi jarang terpakai karena biasanya digunakan dari rumah ke kantor di hari Senin sampai Jumat. Oleh karena itu, kamu perlu merawatnya walaupun enggak terpakai.
 


Ada cara agar kendaran pribadi kamu tetap prima meski jarang terpakai hingga berminggu-minggu. Kamu bisa melakukan perawatan ringan dengan peralatan seadanya tanpa perlu pergi ke bengkel. Simak tips merawat mobil yang enggak terpakai selama WFH.
 


Menyalakan mesin


Foto: Istimewa

Walaupun kamu enggak memakainya ke kantor, kamu harus rutin untuk menyalakan mesin mobil secara berkala. Hal ini agar menjaga sirkulasi pelumas pada ruang mesin tetap lancar, sekaligus pengisian baterai. Kamu disarankan untuk melakukannya dua sampai tiga kali per satu minggu selama 30 detik hingga satu menit.
 



Periksa baterai penyimpanan daya listrik


Foto: Istimewa

Kamu bisa memeriksa aki untuk mencegah gangguan pada sistem kelistrikan mobil. Dengan cara, pada aki basah terdapat batas upper dan lower sebagai pertanda jika aki kekurangan cairan atau enggak. Jika cairan di bawah kondisi normal, segera tambahkan cairan khusus aki. Sedangkan jika kering, enggak perlu diisi.
 


Cek cairan radiator


Foto: Istimewa

Radiator beperan untuk menjaga suhu mesin tetap pada konsisi normal. Setiap mobil punya masa penggantian air radiator yang berbeda, tetapi umumnya dilakukan tiap 20 ribu kilometer. Namun lebih baik lakukan pengecekan sebelum jatuh tempo karena bisa saja air sudah mulai berkurang. Jangan membuka penutup air radiator saat mesin masih panas, Ladies.
 


Ganti oli


Foto: Istimewa

Perawatan selanjutnya adalah ganti oli saat sudah masa penggantina. Pertama angkat mobil dengan dogkrak agar lebih mudah masuk ke dalam kolong mobil. Setelah itu, lepas baut pengurasan dan kuras oli lama sampai habis. Kemudian, tutup kembali lubang pengurasan samapai rapat dan tuangkan pelumas yang baru.
 


Cuci mobil


Foto: Istimewa

Sebelum di parkir dalam garasi rumah, ada baiknya kamu pastikan mobil bersih terlebih dahulu. Dengan ini kamu bisa memastikan setiap sudut mobil bebas dari kotoran, apalagi virus yang menempel. Bersihkan secara menyeluruh dari luar hingga dalam mobil seperti kabin dan ruang mesin.
 


(arm2/arm2)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id