sign up SIGN UP

LIFE

Ngebet Liburan Saat Pandemi? Simak 5 Tips Aman Berwisata agar Terhindar dari Covid 19

Dian Aprilia | Rabu, 19 May 2021 15:30 WIB
Ngebet Liburan Saat Pandemi? Simak 5 Tips Aman Berwisata agar Terhindar dari Covid 19
Liburan keluarga/ pexels.com

Tak terasa, kita semua sudah melalui 2 kali lebaran dengan suasana pandemi Covid-19. Di kali kedua ini, banyak orang yang merasa semakin suntuk, bosan dan penat. Apalagi bagi mereka yang tidak bisa mudik ke kampung halaman. Alhasil banyak yang memilih untuk berwisata di libur panjang lebaran kali ini.

Memang liburan di masa pandemi ini sangat riskan, apalagi jika mengetahui fakta terjadinya kerumunan di tempat wisata. Tentu hal ini membuat kita khawatir dan berpikir ribuan kali sebelum memutuskan untuk berwisata. Tapi kamu tenang saja, berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips aman berwisata saat pandemi agar terhindar dari Covid-19:

Selalu Cek Swab

Tes covid-19
Tes Covid-19/pexels.com

Cek Swab ini adalah aktivitas penting yang perlu kamu lakukan saat memutuskan untuk liburan selama pandemi. Usahakan untuk melakukan tes swab sebelum berangkat liburan dan saat pulang liburan.

Tes swab sebelum liburan berfungsi untuk memastikan bahwa kamu dan keluarga tidak akan menularkan Covid-19 pada orang lain selama perjalanan wisata. Sementara itu, tes swab setelah liburan berguna untuk memastikan bahwa keluarga tidak akan membawa virus corona saat di rumah dan melanjutkan aktivitas sehari-hari. Sebaiknya pilih tes swab drive thrue yang cenderung lebih aman, praktis dan nyaman.

Pilih Waktu di Luar Tanggal Merah

Tempat wisata
Tempat wisata/pexels.com

Di waktu-waktu libur lebaran seperti saat ini, kita bisa memprediksi bahwa tempat wisata cenderung ramai. Kamu juga bisa memantau kondisi tempat wisata yang hendak kamu tuju melalui berita-berita di internet dan media sosial.

Nah daripada mempertaruhkan kesehatan demi liburan yang penuh sesak tersebut, sebaiknya kamu menunda sejenak hingga kondisi tempat wisata sepi. Kamu bisa memilih untuk mengambil cuti 2-3 hari untuk liburan di hari biasa. Dengan begitu, liburan jauh lebih nyaman, leluasa, dan juga meminimalisir potensi penularan Covid-19.

Tentukan Tempat Wisata yang Sepi

Tempat wisata
Tempat wisata/pexels.com

Selain cara nomer 2, kamu bisa memilih tempat wisata yang cenderung sepi atau menawarkan layanan private. Contohnya villa private, pantai yang jarang dikunjungi, air terjun yang masih alami, dan lainnya. Coba diskusikan dengan anak-anak dan keluarga mengenai tempat wisata tersebut. Pilihlah yang menarik, tapi kurang dilirik, sehingga liburanmu bisa menyenangkan dan cenderung aman.

Selalu Pakai Masker dan Jaga Jarak

Pakai masker
Pakai masker/pexels.com

Jika kamu sudah menentukan tempat dan waktu berwisata, selanjutnya kamu perlu memastikan aktivitas selama berwisata. Pastikan kamu dan keluarga selalu memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya. Lengkapi perbekalan dengan sabun cuci tangan dan hand sanitizer guna menjaga kebersihan tangan.

Ingatkan anak-anak untuk membuka masker hanya saat makan. Jadi ketika mereka merasa gerah, tidak nyaman, atau lainnya, dilarang keras untuk membuka masker. Beri pengertian dan pendidikan agar anak-anak mematuhi peraturan tersebut.

Minum Vitamin dan Penuhi Nutrisi Tubuh

Vitamin
Vitamin/pexels.com

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kondisi kesehatan dari dalam. Penuhi nutrisi tubuh dengan asupan gizi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan lainnya. Bila perlu tambahkan suplemen dan vitamin tablet untuk dikonsumsi selama sebelum liburan dan setelah liburan. Hal ini guna menjaga kekebalan tubuh agar kuat jika terpapar Covid-19.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id