sign up SIGN UP

LIFE

Rachel Vennya Curhat Dirinya Didiagnosis Bipolar dan Suami Idap GAD

Retno Wulandari | Selasa, 28 Apr 2020 09:00 WIB
Rachel Vennya Curhat Dirinya Didiagnosis Bipolar dan Suami Idap GAD
caption
Baru-baru ini salah satu selebgram ternama, Rachel Vennya blak-blakan di akun YouTube miliknya. Bersama sang suami, Niko, keduanya curhat perihal bipolar yang diderita oleh Rachel dan GAD yang diidap oleh Niko.
Foto: https://www.instagram.com/rachelvennya/

Belum lama ini, nama Rachel Vennya kembali menjadi pusat perhatian publik setelah blak-blakan di akun YouTube miliknya dan sang suami, Niko Al Hakim. Bukan perihal jiwa sosialnya, namun kali ini Rachel menjadi sorotan karena kondisi mentalnya.

Ya, melalui video yang berjudul "Generalized Anxiety Disorder & Bipolar Disorder" bersama sang suami, Niko, Rachel mengaku jika dirinya didiagnosis mengidap bipolar, sebuah gangguan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati. Tidak hanya Rachel, sang suami yakni Niko pun juga mengaku jika dirinya mengidap Generalized Anxiety Disorder (GAD) atau penyakit gangguan kecemasan.


Foto: https://www.instagram.com/rachelvennya/

Perihal bipolar yang diidapnya, Rachel mengaku sejak kecil dirinya memang sudah emosional. Ketika dirinya marah, cara untuk melampiaskan emosinya ialah dengan cara keluar rumah.

"Gue dari kecil itu memang emosional. Waktu kecil, kalau lagi marah, gue jalan keluar rumah sampai kaki gue sakit. Cara gue melampiaskan emosi gue, gue keluar rumah, gue lari atau jalan sampai kedua kaki gue sakit. Gue jalan sambil nangis kayak orang gila," ucap Rachel.

Tidak hanya itu, Rachel juga mengaku kerap menjedotkan kepalanya ke tembok jika merasa hidupnya tidak seperti yang dia inginkan. Puncaknya pada 2013 silam, Rachel mencoba bunuh diri karena menghadapi masalah yang tidak bisa ia terima.

Rachel juga mengatakan saat itu banyak yang tidak percaya dengan kondisinya. Ia malah dinilai kerasukan setan. Meski awalnya tidak bisa menerima, Rachel akhirnya mengalah dan membiarkan keluarganya mengobati dengan cara mereka.


Foto: https://www.instagram.com/rachelvennya/

Jika Rachel sejak lama mengidap bipolar, maka lain halnya dengan Niko. Tanpa basa-basi, Niko mengaku mengidap GAD sejak dua tahun terakhir ini.

"Kadang-kadang merasa napasnya tiba-tiba habis. Kadang-kadang napasnya sesak dan tiba-tiba badan gue sakit, ngilu. Awalnya paranoid karena dulu gue perokok berat. Gue mikir sakit paru-paru atau jantung," ucap Niko.

Karena paranoid, Niko pun memutuskan untuk melakukan medical check up di salah satu rumah sakit di Jakarta. Hasilnya pun bagus dan tidak menunjukkan Niko memiliki penyakit berat. Namun, Niko masih merasakan napas yang berat dan badan yang ngilu, hingga akhirnya ia sadar ada yang aneh dengan dirinya. Niko akhirnya mengetahui penyakit tersebut dari teman sesama public figure.

"Acara stasiun TV itu memang lagi membahas kesehatan mental dan dia speak up soal itu. Gue akhirnya chat dia dan sharing. Dan dia bilang itu psikosomatis, merasakan penyakit yang sebenarnya tidak terjadi," jelas Niko.

Kemudian Niko mengikuti saran dari temannya tersebut untuk mendatangai psikiater untuk berkonsultasi. Ayah dari dua orang anak ini pun diberi obat untuk mengatasi kecemasannya. Dan seiring berjalannya waktu, Niko mulai bisa menjalani kehidupan dengan normal.

"Gue juga dikasih obat, salah satunya buat pemutus kecemasan antara otak dan badan. Jadi, dokter enggak bingung, sakitnya karena pikiran atau psikis. Sejak itu gue merasa hidup kembali, menjalani hidup normal," ucap Niko.



Foto: https://www.instagram.com/rachelvennya/

Setelah mengetahui kondisi Niko yang mengidap GAD, Rachel pun bertekad untuk hidup lebih baik lagi. Baik Rachel maupun Niko, keduanya berusaha menerima kondisi masing-masing dan menjalani kehidupan rumah tangga dengan cara mereka sendiri.
 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id