sign up SIGN UP

LIFE

Sajian Makanan Tahun Baru Khas Tiap Negara Ini, Selain Lezat juga Miliki Arti Khusus

Verticallya S.E | Jumat, 27 Dec 2019 07:45 WIB
Sajian Makanan Tahun Baru Khas Tiap Negara Ini, Selain Lezat juga Miliki Arti Khusus
caption
Saat tahun baru, berbagai persiapan dilakukan. selain menentukan acara atau perayaannya, tiap negara ternyata memiliki ciri khas lain. Ciri khas itu adalah sajian wajib yang ada saat tahun baru. apa saja ya? lihat di sini!

Perayaan tahun baru dilakukan tiap Negara dengan suka cita. Bersama teman, keluarga, rekan kerja bahkan pasangan. Ada saja tradisi wajib yang harus dilakukan di tiap negaranya. Termasuk, sajian yang wajib ada dan tidak boleh terlewat kalau kamu rayakan tahun baru di negara-negara berikut ini.
 


1. Mie Soba / Mie Tahun Baru


Foto: Istimewa

Dalam kepercayaan masyarakat tiongkok maupun Jepang. Memakan mie saat tahun baru merupakan tradisi yang wajib ada.

Di tiongkok sendiri memakan mie soba artinya adalah memiliki umur panjang dan rezeki yang terus mengalir. Pun begitu di Jepang, saat tahun baru memakan mie tahun baru sebagai simbol panjang umur. Tidak hanya itu, memotong mie soba juga bisa diartikan memutus keburukan yang terjadi di tahun sebelumnya.
 


2. Buah Delima


Foto: Istimewa

Saat akhir tahun tiba, sudah jadi tradisi untuk menyediakan buah delima di Yunani. Sudah jadi kepercayaan kuno, jika buah delima adalah simbol kesuburan. Sehingga ketika tepat tengah malam saat tahun baru, orang Yunani akan memukul buah delima. Semakin banyak biji yang keluar, maka semakin banyak kesuburan yang akan datang di tahun baru.
 


3. Anggur Hijau


Foto: Istimewa

Spanyol menjadi salah satu Negara yang memiliki tradisi untuk menyediakan anggur saat tahun baru. Hal serupa juga terjadi di Filipina. Memakan anggur hijau tepat saat perayaan tahu baru menjadi hal yang wajib bagi masyarakatnya di Negara yang menggunakan bahasa spanyol. Sedangkan di Filipina sendiri menyediakan buah berbentuk bulat juga merupakan tradisi, yang paling umum adalah menyediakan anggur.

Banyak Negara juga menyediakan anggur hijau saat tahun baru, dengan jumlah 12 agar sesuai dengan jumlah bulan tiap tahun. Hal ini dipercaya melambangkan keberuntungan yang akan didapatkan di tiap bulan setahun kedepan.
 


4. Contechino Con Letincchie


Foto: Istimewa

Saat tahun baru tiba, maka artinya wajib ada Contechino Con Lenticchie. Makanan yang berarti Sosis dan Lentil ini adalah panganan yang harus ada saat tahun baru di Negara Italia. Masyarakat sana percaya, jika memakan Sosis dan Lentil adalah makanan yang berarti keberuntungan. Sehingga pada umumnya, masyarakat akan memasaknya bersamaan saat perayaan tahun baru tiba.
 


5. Berliner Pfunnkuchen


Foto: Istimewa

Sajian ini merupakan panganan donat khas Jerman yang diisi oleh selai buah atau mustard. Saat tahun baru tiba, panganan ini akan disajikan dan kita harus memilih satu dari sekian donat mana yang memiliki selai buah di dalamnya. Jika berhasil memakai donat yang berisi selai buah, maka diartikan kamu akan beruntung tahun depan. Sebaliknya, jika kamu malah memilih yang berisi mustard, maka diartikan kamu akan menemui ketidakberuntungan tahun depan.
 


Berbagai panganan di atas selain lezat, juga memiliki simbol tersendiri untuk setiap Negara. Tidak hanya sebagai pengisi perut semata, juga memiliki harapan agar tahun berikutnya hanya keburuntungan dan kebaikan yang akan menghampiri setiap orang yang memakannya.
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id