sign up SIGN UP

LIFE

Selain Gangguan Mental, Justin Bieber Divonis Idap Lyme Disease, Apa Itu?

Retno Wulandari | Minggu, 12 Jan 2020 08:00 WIB
Selain Gangguan Mental, Justin Bieber Divonis Idap Lyme Disease, Apa Itu?
caption
Selain mengalami gangguan mental, Justin Bieber baru-baru ini mengaku jika dirinya baru saja divonis terkena lyme disease. Lalu seperti apa sih penyebab dan gejala dari penyakit yang diderita oleh suami Hailey Baldwin ini?

Justin Bieber memberikan pernyataan yang mengejutkan para penggemarnya. Suami dari Hailey Baldwin ini baru saja membicarakan tentang penyakit yang diidapnya selain penyakit mental. Ya, sebelumnya pria kelahiran Kanada ini menulis perihal gangguan mental yang diidapnya pada tanggal 3 September 2019 melalui akun Instagram miliknya.


Tengah berjuang melawan lyme disease


Foto: https://www.instagram.com/justinbieber/

Melalui serial dokumenter yang berjudul Justin Bieber: Seasons, Justin Bieber secara terang-terangan mengaku jika dirinya tengah berjuang melawan lyme disease. Semulanya, Justin Bieber sudah mengalami gejala lyme disease sepanjang tahun lalu yang menjadi perhatian keluarganya. Hingga di ujung tahun 2019 lalu, dokter memvonis pelantun "Love Yourself" ini terkena lyme disease setelah kondisinya semakin memburuk.
 


Mengenal lyme disease


Foto: https://www.instagram.com/justinbieber/

Lyme disease merupakan sebuah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri borrelia burgdorferi dan borrelia mayonii  yang tersebar melalui gigitan kutu. Biasanya kutu mematikan ini menyerang hewan peliharaan, melalui perantara bulu hewan peliharaan inilah yang bisa membuat manusia terkena gigitan kutu lalu berujung infeksi.
 


Gejala dan cara penyembuhan lyme disease


Foto: Istimewa

Gejala dari lyme disease ini biasanya mulai terjadi setelah tiga minggu terkena gigitan kutu, gejala yang perlu dicatat seperti badan panas, sakit kepala, kedinginan, kelelahan, nyeri otot dan persendian, leher yang tiba-tiba kaku, dan munculnya ruam di kulit. Menurut Pusat Pengendalian dan Pengelolaan Penyakit atau Centers for Disease Control (CDC), jika tidak ada ruam maka pembengkakan kelenjar getah bening bisa saja terjadi.

Penyakit yang diderita oleh Justin Bieber ini bisa disembuhkan dengan cara mengonsumsi antibiotik yang biasanya berlangsung selama 3 minggu. Jika lyme disease tidak diobati, maka infeksi dapat menyebar ke persendian, sistem saraf, dan jantung. Dimana kondisi ini akan menyebabkan detak jantung tidak teratur, peradangan sendi kronis, kelumpuhan pada wajah, dan neuropati.


Artis yang juga derita lyme disease


Foto: https://www.instagram.com/justinbieber/

Tidak hanya Justin Bieber, penyanyi cantik Avril Lavigne pun juga pernah merasakan efek buruk dari lyme disease. Akibat penyakit tersebut, Avril Lavigne harus vakum dari musik selama 2 tahun. Setelah mengetahui jika terkena lyme disease, Justin Bieber mendapat dukungan dari rekan-rekan artis lain, salah satunya Avril Lavigne.

Kita doakan saja semoga Justin Bieber bisa sembuh dan fokus melanjutkan promosi lagu terbarunya yang berjudul "Yummy" ya, Ladies!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id