sign up SIGN UP

LIFE

Selalu Merasa Sibuk Bekerja? Ini Tips Agar Memperoleh Work Life Balance

Astari Larasati | Selasa, 10 Mar 2020 13:45 WIB
Selalu Merasa Sibuk Bekerja? Ini Tips Agar Memperoleh Work Life Balance
caption
Wanita karir selalu ingin mencari pekerjaan terbaik agar masa depannya terjamin. Biasanya mereka ingin menjadi wanita yang mandiri tanpa bergantung pada calon suaminya nanti. Sayangnya, mereka kadang enggak memperoleh work life balance.

Istilah ini bisa diartikan sebagai keseimbangan, kehidupan kerja, dimana kamu membagi waktu antara kehidupan pekerjaan, sosial, dan pribadi. Setiap orang memang ingin memperoleh kesuksesannya masing-masing agar merasa sejahtera.
 


Namun, enggak baik juga jika kamu terlalu sibuk memikirkan pekerjaan tanpa memperdulikan kehiduapan sosial dengan keluarga dan teman-teman. Lalu bagaimana cara untuk memperoleh work life balance? Yuk simak tips smart working berikut ini.
 


Bekerja lebih pintar dibanding lebih keras


Foto: Istimewa

Bekerja keras memang perlu, namun prioritaskan bekerja lebih pintar. Mulailah menyelesaikan pekerjaan yang lebih prioritas, gabungkanlah pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam satu waktu, dan kamu juga bisa minta tolong pada teman. Kalau memang terlalu berat melaluinya, selesaikan satu persatu.
 


Buat to do list dalam keseharian


Foto: Istimewa

Dalam menjalani pekerjaan kamu bisa menentukan deadline sendiri agar lebih cepat selesai. Jadi kamu bisa memeriksanya secara berkala sambil mengerjakan tugas lain. Sempatkan untuk selalu berkomunikasi dengan teman kerja lainnya. Tulis kegiatan lain di akhir pekan bukan hanya saat hari kerja.
 


Luangkan waktu untuk me time


Foto: Istimewa

Setiap orang memerlukan waktu untuk sendirian setelah bekerja seharian. Tentunya kamu perlu rehat sejenak dari rutinitas dan tekanan kerja. Saat me time, lakukan kegiatan yang bisa mengurasi stress yang dialami. Misalnya mendengarkan musik, membaca buku atau menulis jurnal. Langkah ini adalah suatu bentuk menghargai diri sendiri.
 


Tinggalkan pekerjaan di tempat kerja


Foto: Istimewa

Walaupun pekerjaan kantor belum selesai dalam satu hari, jangan sampai pekerjaan ini dikerjakan kembali di rumah. Karena ini akan menambah beban pikiran dan menghancurkan work life balance yang telah kamu pegang prinsipinya. Tanamkan kembali bahwa rumah adalah tempat beristirahat.
 


Bersosialisasi dengan kerabat dekat


Foto: Istimewa

Saat kamu sedang libur kerja, kamu bisa memilih untuk quality time bersama kerabat terdekat. Melakukan kegiatan bersama, saling bertukar cerita, bahkan menonton film atau konser yang disukai. Hal ini akan melepas segala penat dalam kepala kamu. Jangan sampai hal ini terhalang karena rasa malas Ladies.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id