sign up SIGN UP

LIFE

Tak Disangka, Ini Lho Kebenaran Mitos Mandi Air Dingin Saat Menstruasi

Devi Nindy | Jumat, 30 Dec 2016 05:00 WIB
Tak Disangka, Ini Lho Kebenaran Mitos Mandi Air Dingin Saat Menstruasi
caption
Beberapa perempuan masih patuh dengan mitos mandi air dingin. Tapi ternyata, mitos ini masih ada benarnya juga loh.

Saat menstruasi, tak jarang sebagian kaum perempuan mengeluhkan nyeri luar biasa, bahkan kram pada perutnya. Tak jarang, berbagai masalah kesehatan lainnya juga bisa ikut berpengaruh. Maka, untuk menghindari hal tersebut, contohnya dalam kultur Indonesia sendiri, beberapa perempuan masih patuh dengan beberapa mitos saat menstruasi yang diturunkan dari Ibunya. Salah satunya adalah tidak boleh mandi air dingin.

Menurut kamu, apakah harus mandi air dingin hanya sekedar mitos belaka? Faktanya, memang hal tersebut adalah mitos, tapi bukan berarti kamu sangat tidak boleh mandi air dingin ya. Hanya saja secara medis, mandi air dingin saat menstruasi kurang dianjurkan. Yap, kamu pun harus memahami bahwa mitos tersebut ada juga benarnya.

 


Foto: https://doktersehat.com/


 


Air Dingin dapat Membuat Tubuh Wanita Menstruasi Menjadi Kurang Nyaman


Sebagaimana dilansir pada website Dokter Sehat, air dingin dapat membuat kondisi tubuh wanita yang mengalami menstruasi menjadi tidak karuan. Di mana pada saat itu, nyeri dan kram perut yang dirasakan membuat tubuh perempuan tersebut menjadi tidak nyaman. Sehingga, mandi dengan air dingin diyakini dapat memberi dampak lebih buruk terhadap rasa nyeri dan kram perut tersebut.
 



Dapat Membuat Fisik Wanita yang Sedang Menstruasi Menjadi Lebih Lemah


Jika badan terus-terusan merasa tidak nyaman saat harus merasakan nyeri dan kram, tentu kondisi fisik dan psikisnya akan bertambah semakin buruk. Maka dari itu, mandi air hangat sangat dianjurkan pakar kesehatan untuk menghidari hal tersebut terjadi. Selain bisa menenangkan pikiran, mandi dengan air hangat akan membuat nyeri dan kram sedikit berkurang.
 


Perlu kamu perhatikan, berendam di air hangat sebaiknya dihindari karena akan membuat bathtub menjadi tidak bersih, sehingga membuat mandi menjadi kurang nyaman. Dan jangan lupa, selalu jaga kebersihan badan ya, Beautynesian!
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id