sign up SIGN UP

LIFE

Wajib Pakai Masker Saat Keluar Rumah, Begini Cara Membuat Masker Kain Sendiri

Friska Rianti | Rabu, 08 Apr 2020 15:45 WIB
Wajib Pakai Masker Saat Keluar Rumah, Begini Cara Membuat Masker Kain Sendiri
caption
Menyikapi anjuran dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah kini mewajibkan semua masyarakat untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah guna mencegah penularan virus corona. Namun karena persediaan masker medis mengalami kelangkaan, jenis masker yang diwajibkan untuk masyarakat umum adalah masker kain yang bisa dipakai ulang. Tidak harus beli, kamu juga bisa loh membuat masker kain sendiri di rumah.

Meski sempat diragukan keefektifitasnya karena dinilai tidak memenuhi standar, pemerintah kini mewajibkan semua masyarakat memakai masker kain saat keluar rumah, sedangkan masker bedah dan N95 lebih diperuntukkan untuk para petugas medis dan orang sakit.

Masker kain memang memiliki tingkat perlindungan yang lebih rendah dibanding dengan masker medis. Namun masker ini dapat menangkal sekitar 70% partikel droplet atau percikan cairan dari luar dan masih bisa dijadikan pilihan dalam keadaan mendesak. Tidak perlu membeli, begini cara membuat masker kain sendiri dikutip dari laman Detik Health


1. Memilih Kain yang Tepat



Foto: https://instagram.com/makie_clothier/

Masker kain dinilai tidak efektif dalam menangkal penularan virus karena umumnya terbuat dari bahan kain yang memiliki serat berpori. Hal ini membuat masker kain masih bisa tertembus oleh partikel-partikel droplet dalam ukuran yang lebih kecil. 

Oleh karena itu, saat membuat masker kain sendiri, pastikan kamu memilih bahan kain yang tanpa rajutan atau tenunan (nonwoven) dan memiliki serat rapat.  



2. Terdiri dari Tiga Lapisan



Foto: https://shopee.co.id/bravo_projects/

Masker kain yang dianjurkan pemerintah untuk menangkal penyebaran virus corona adalah masker kain yang memiliki tiga lapisan. Lapisan terluar terbuat dari kain waterproof untuk menghalau droplet dari luar, lapisan tengah dari kain nonwoven sebagai penyaring dan lapisan terdalam yang juga dari kain nonwoven

Namun jika tidak menemukan kain waterproof atau nonwoven, kamu bisa menggunakan kain apa saja untuk bagian terluar dan dalam, sementara bagian tengah tetap perlu menggunakan bahan serat rapat seperti tisu basah yang dikeringkan, tisu toilet bahkan pembalut bersih. 


3. Cara Membuat Masker Kain



Foto: https://freepik.com/

Untuk membuat masker kain, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, diantaranya : 

        
  • 2 lembar kain
  •     
  • 1 lembar tisu basah yang dikeringkan atau tisu toilet untuk bagian penyaring 
  •     
  • 2 buah tali elastis
  •     
  • Gunting
  •     
  • Jarum pentul
  •     
  • Mesin jahit
Setelah menyediakan semua bahan, buat masker kain dengan cara sebagai berikut.
        
  1. Potong dua lembar kain dalam ukuran 17,5 x 17 cm.
  2.     
  3. Buat 3 lipatan berukuran 1 cm masing-masing berjarak 2 cm, kemudian kunci lipatan dengan jarum pentul. 
  4.     
  5. Selipkan tali elastis di bagian ujung sisi kanan dan kiri masker. 
  6.     
  7. Lipat bagian sisi masker dan jahit bersama dengan tali. 
  8.     
  9. Untuk menambahkan kain penyaring yang dapat diganti ulang setelah pemakaian, pastikan bagian tengah di sisi dalam masker memiliki bukaan ya, Ladies.
Foto: Istimewa
image source : https://instagram.com/whimsiedots/ 

Nah, setelah masker jadi, pastikan kamu rutin mencucinya dengan detergen setiap selesai dipakai. Kamu juga tetap perlu rajin mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak dengan orang lain saat berada di tempat umum meski tengah memakai masker kain. 
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id