sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

4 Tips Memilih Katering Pernikahan agar Lebih Murah

Laily Rahmawati | Kamis, 01 Aug 2019 03:00 WIB
4 Tips Memilih Katering Pernikahan agar Lebih Murah
caption
Pesta pernikahan terkadang identik dengan segala sesuatu yang meriah dan mewah. Mulai dari konsep acara hingga ke menu makanan untuk dihidangkan. Faktanya, adalah anggaran untuk hidangan tamu memang cukup besar. Paling enggak, 30-40 persen dari total budget pernikahan. Tapi, bukan berarti pengeluaran ini enggak bisa ditekan, loh. Ada beberapa tips di bawah ini untuk memilih katering pernikahan agar lebih murah.

Batasi Jumlah Tamu Undangan


Hal mendasar dalam menghemat budget hidangan adalah dengan membatasi jumlah undangan kamu. Dengan jumlah tamu yang sedikit, resepsimu juga bakal terasa lebih akrab dan intim. Cukup undang kerabat dan sahabat yang dikenal dekat dengan kamu dan pasangan. Dengan ini budget untuk hidangan di pernikahanmu akan lebih ringan. 


Foto: https://www.instagram.com/eternize.id/

Hitung Jumlah Porsi Makanan


Cara gampang untuk menentukan jumlah porsi yang dibutuhkan, yaitu dengan mengalihkan jumlah tamu yang akan hadir di pernikahanmu. Alasannya sederhana, karena tamu biasanya membawa gandengan saat ke pernikahan. Sebagai contoh, kalau undanganmu 500 orang, maka jumlah hidangan yang perlu dipesan adalah 1.000 porsi.

Berhubung tamu yang hadir jarang banget mencapai 100%, kamu bisa mengurangi jumlah porsi sekitar 10%. Tentunya, ini bukan angka baku. Kalau kamu mengundang teman-temanmu secara online, kamu mungkin justru harus menambah porsi.

Selanjutnya adalah mengalokasikan jumlah porsi tersebut ke dalam hidangan prasmanan (buffet) dan gubukan (stall). Rasio buffet stall yang umum adalah 60:40 atau 50:50. Jadi, jika kamu memesan 1.000 porsi, maka contoh alokasi hidangannya adalah 600 porsi buffet dan 400 porsi stall.


Foto: https://www.instagram.com/cateringenakbogor/

Cermati Pilihan Menu Untuk Menekan Biaya


Untuk menghemat biaya katering per porsinya, kuncinya adalah menu yang tepat. Pada menu buffet misalnya, pilihlah ayam atau ikan yang bertulang bukan menu filet. Pasalnya, filet lebih mudah dimakan sehingga tamumu bakal menghabiskan lebih banyak loh. 

Sementara untuk menu stall-nya. Ada berbagai pilihan menu kudapan dari yang murah seperti siomay, soto, dan sate, hingga yang mahal, seperti steak ikan dan kambing guling. Untuk lebih menghemat, kamu pasti tahu dong harus pilih yang mana?
 


Foto: https://www.instagram.com/ny.kriscatering/

Kurangi Ragam Stall dan Perbanyak Porsinya


Pihak katering umumnya menyediakan pilihan menu stall yang beragam. Apalagi kamu memilih katering pernikahan di Jakarta, makin banyak saingan makin banyak menu yang ditawarkan. Tapi, daripada mengeluarkan terlalu banyak ragam menu stall dengan jumlah porsi yang terbatas, lebih baik batasi 3-4 jenis makanan saja, tapi porsinya banyak.

Semakin banyak ragam kamu akan mengeluarkan budget yang lebih banyak kan? Selain itu para tamu undangan juga pasti akan tertarik untuk mencicipi semuanya. Kalau ada sebagian tamu yang enggak kebagian pasti kasihan. 


Foto: https://www.instagram.com/kangbagongcatering/

Nah, itu dia tips untuk menekan budget katering di hari pernikahanmu. Semoga bermanfaat ya!


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id