sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Gaun Pengantin Paling Ikonik Sepanjang Sejarah

tjitradewi | Sabtu, 26 Dec 2020 15:30 WIB
5 Gaun Pengantin Paling Ikonik Sepanjang Sejarah
caption

Gaun pengantin menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian dalam sebuah pernikahan. Tak jarang, banyak calon pengantin rela mengeluarkan anggaran lebih demi mendapatkan gaun yang membuat dirinya tampil menawan di hari spesialnya.

Dari jutaan gaun pengantin di dunia, ada beberapa gaun yang dianggap paling legendaris. Tak mengherankan, beberapa di antaranya menjadi sumber inspirasi dari banyaknya gaun pengantin yang dirancang oleh desainer dunia.

Penasaran gaun pengantin yang dikenakan siapa saja yang dianggap melegenda? Beautynesia telah merangkum 5 di antaranya.

1. Audrey Hepburn

Audrey Hepburn
Audrey Hepburn di hari pernikahannya (Ernst Haas)

Nama Audrey Hepburn telah lama dikenal sebagai ikon fashion dunia. Tak mengherankan jika pilihan gaun pengantinnya menjadi sorotan di hari pernikahannya.

Hepburn menikah dengan Mel Ferrer pada 25 September 1954 di Swiss. Di hari bahagianya itu, ia memilih mengenakan gaun berkerah tinggi, lengan balon sepanjang siku yang dilengkapi sarung tangan satin, dan detail kancing di dada.

Tak seperti gaun pengantin kebanyakan, ia memilih mengenakan gaun sepanjang lutut. Ikon fashion dunia itu mempercayakan Pierre Balmain sebagai desainer gaun pengantinnya.

2. Grace Kelly

Grace Kelly di hari pernikahannya
Grace Kelly di hari pernikahannya (instgaram.com/princessgraceus)

Fashion ikon lainnya, Grace Kelly, menikah dengan Pangeran Monako, Rainier III, pada 19 April 1956. Perempuan berwajah cantik dengan aura keanggunan yang memikat itu memakai gaun pengantin dengan detail renda Brussles delicate rose berusia 120 tahun.

Dengan kerah tinggi dan kancing kecil di depan dada yang tersusun rapi, aura Grace Kelly sangat terpancar di hari pernikahannya. Ia melengkapi penampilannya dengan juliet cap dan sepatu bertahtakan mutiara, renda sutra, dan manik manik kaca.

Gaun yang dikenakan Grace Kelly, banyak menginspirasi gaun pengantin hingga sekarang, termasuk gaun pernikahan Kate Middleton.

3. Bianca Jagger

Bianca dan Mike Jagger
Bianca dan Mike Jagger (Pinterest/BRIDE)

Bianca Jagger dan Mick Jagger menikah pada 12 Mei 1971 di Prancis. Kala itu Bianca sedang mengandung 4 bulan. Ia menjadi istri pertama dan pasangan Mick Jagger satu-satunya secara resmi.

Tak seperti pengantin kebanyakan yang di hari pernikahan mengenakan gaun, ibu satu orang anak itu memilih mengenakan blazer dan rok berpotongan lurus berwarna senada. Ia melengkapi penampilannya dengan mengenakan sun hat.

4. Putri Diana

Putri Diana saat mengenakan gaun pengantin ikoniknya
Putri Diana saat mengenakan gaun pengantin ikoniknya (Wikipedia/Fair Use)

Pernikahan Putri Diana menjadi salah satu acara paling spektakuler di Abad 20. Kala itu 750 juta pasang mata di seluruh dunia menyaksikan langsung pernikahannya dengan Pangeran Charles, yang dihelat pada 29 Juli 1981.

Lady Diana mengenakan ball gown berbahan sutra taffeta berwarna ivory white yang dihiasi bordir, manik-manik, dan 10.000 mutiara. Kala itu gaunnya bernilai 9.000 pound sterling atau sekitar Rp152,3 juta.

Salah satu detail gaun pengantinnya yang paling dikenang adalah ekor baju sepanjang 7,62 meter. Saat Lady Diana berjalan di altar Katedral St Paul, ekor gaun ini menjuntai dengan sangat indah.

5. Kate Middleton

Pangeran William dan Kate Middleton
Pangeran William dan Kate Middleton (instagram.com/kenisingtonroyal)

Sekitar dua miliar orang di seluruh dunia menyaksikan pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William yang digelar pada 29 April 2011 di Westminster Abbey, London. Tak seperti pendahulunya, Lady Diana, yang mengenakan gaun dengan potongan ekstra, Kate memilih gaun yang lebih sederhana.

Terinspirasi dari gaun pernikahan Grace Kelly, Kate Middleton memilih gaun berlengan panjang dengan detail lace. Dengan kerah v neck, Kate tampil dengan sangat anggun.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id