sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Penyebab Mengapa Seseorang Selingkuh

Rumaysha Milhania | Jumat, 11 Sep 2020 17:00 WIB
5 Penyebab Mengapa Seseorang Selingkuh
caption
Jakarta -

Ada banyak alasan mengapa orang yang sudah menikah nekad untuk berselingkuh. Lebih dari 40% masalah yang dialami oleh pasangan menikah bahkan dipengaruhi oleh perselingkuhan. Itulah sebabnya, sangat penting bagi pasangan untuk mengenali penyebab perselingkuhan itu sendiri. Banyak orang beranggapan bahwa perselingkuhan terjadi akibat dari pengaruh lingkungan dan kondisi sekitar. Padahal, ada pula faktor personal yang membuat seseorang berselingkuh. Nah, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa seseorang berkhianat dalam hubungannya.

Ketidakpuasan dengan pernikahan baik secara emosional maupun seksual adalah hal sangat umum terjadi.
Perselingkuhan/ Sumber: Freepik.com
  • Rasa tidak bahagia/ tidak puas: Ketidakpuasan dengan pernikahan baik secara emosional maupun seksual adalah hal sangat umum terjadi. Pernikahan adalah sebuah proses dan perjalanan panjang. Jika dijalani tanpa saling memberikan perhatian dan pengetian, kedua pasangan dapat tumbuh terpisah. Pernikahan tanpa keintiman juga kerap menjadi alasan kebanyakan suami dan istri untuk berselingkuh. 
  • Merasa tidak dihargai: Merasa diremehkan atau diabaikan dapat menyebabkan perselingkuhan. Ketika kedua pasangan bekerja, perempuan sering kali dibuat kewalahan dengan menanggung beban pekerjaan rumah dan pengasuhan anak. Dalam hal ini, sang istri bisa saja berselingkuh untuk memvalidasi rasa berharga dalam dirinya. Rasa lelah dan pengorbanannya yang selama ini kurang dihargai suaminya akhirnya dihargai oleh orang lain. 
Merasa diremehkan atau diabaikan dapat menyebabkan perselingkuhan.
Penyebab Perselingkuhan/ Sumber: Freepik.com
  • Kurangnya komitmen: Orang-orang yang berselingkuh cenderung mempunyai komitmen yang kurang kuat. Mereka juga selalu mencari pembenaran untuk setiap kesalahan yang dilakukan.
  • Rasa bosan: Pria dan wanita yang mencari sensasi jatuh cinta, kasmaran, dan mengejar cinta kerap melakukan perselingkuhan meskipun sudah menikah. Akan tetapi bukannya mencoba mencari pengganti untuk pasangannya, beberapa orang mengklaim hubungan perselingkuhan mereka adalah cara untuk membumbui kehidupan pernikahan mereka. 
Kecenderungan untuk menyukai sesuatu dari tampilan fisik akan membuat seseorang mudah untuk beralih.
Masalah Perselingkuhan/ Sumber: Freepik.com
  • Gambaran visual/ penuaan: Kecenderungan untuk menyukai sesuatu dari tampilan fisik akan membuat seseorang mudah untuk beralih. Tentu kita tahu bahwa menua adalah sebuah kepastian. Jika kamu tidak bisa menerima pasanganmu yang tampak berubah karena penuaan, bisa dipastikan akan ada kecenderungan perselingkuhan dengan mencari pasangan baru yang lebih muda.
  • Balas dendam: Terkadang perselingkuhan juga terjadi karena rasa kesal karena sudah pernah diselingkuhi. Namun, hal ini akan membuat hubungan menjadi tidak lagi sehat. Akan ada kecenderungan untuk saling mengkhianati yang nantinya akan sulit mencari jalan tengah.

Nah, itulah beberapa faktor personal yang menyebabkan seseorang berselingkuh. Apapun itu, perselingkuhan tidak akan pernah mendapatkan pembenaran. Komitmen dan kesetiaan dalam hubungan rumah tangga harus selalu menjadi hal yang utama dan nomor satu bagi pasangan yang sudah menikah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id