sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Daripada Emosi, Atasi Rasa Cemburu dengan 5 Cara Sehat Ini

Intan Dwi | Kamis, 10 Sep 2020 08:00 WIB
Daripada Emosi, Atasi Rasa Cemburu dengan 5 Cara Sehat Ini
caption

Rasa cemburu sendiri dianggap sebagai racun karena bisa merusak hubungan seseorang dengan begitu saja. Tapi jika kamu menghadapi rasa cemburu dengan hal-hal positif, mungkin kamu bisa menjaga hubungan kamu. Berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi kecemburuan dengan cara yang sehat. Simak yuk, ada apa aja ya?

Sembuhkan Luka

Kapanpun kamu mulai merasa cemburu, sadarkan diri sendiri untuk menyembuhkan luka lama kamu.
Sembuhkan Luka Lama/freepik.com

Ketika seseorang bersikap cemburu, mungkin karena pernah terluka pada hubungan sebelumnya. Jika iya, kamu harus melupai masa lalu dan menyadari kalau kamu sudah keluar dari hubungan itu dan saat ini kamu sedang menjalani hubungan yang baru.

Orang yang saat ini bersama kamu juga bukanlah mantan pasangan kamu. Jadi dengan memahami pemicu dan alasan kecemburuan kamu merupakan bagian penting dari menjaga hubungan yang sehat. Kapanpun kamu mulai merasa cemburu, sadarkan diri sendiri untuk menyembuhkan luka lama kamu. lagi pula masa lalu tidak mempengaruhi masa kini dan masa depan kamu.


Tenangkan Diri

Jika kamu dalam kondisi cemburu, satu cara yang bisa dilakukan adalah berpikiran jernih.
Tenangkan Diri/freepik.com

Percayai pasangan kamu jika dalam kondisi cemburu, satu cara yang bisa dilakukan adalah berpikiran jernih. Dari pada membuang-buang energi dengan melampiaskan dengan emosi yang tidak jelas. Lebih baik kamu melampiaskannya dengan hal yang berguna untuk diri sendiri.

Kalau kamu benar-benar ingin melepaskannya, kamu bisa melakukan lompat-lompat, pergi gym, menyendiri atau bahkan mandi dengan air dingin. Hal-hal tersebut bisa membantu menenangkan pikiran kamu dan memberi kamu cukup ruang untuk mengendalikan kecemburuan.

Percayai Pasangan Kamu

Kalau kamu ingin memiliki hubungan yang bahagia dan langgeng, kamu enggak punya pilihan selain mempercayai pasangan kamu.
Percayai Pasangan Kamu/freepik.com

Kalau kamu ingin memiliki hubungan yang bahagia dan langgeng, kamu enggak punya pilihan selain mempercayai pasangan kamu. Tidak ada yang bisa mengendalikan pasangan kamu dan kamu memiliki itu untuk melepaskan rasa cemburu.

Memiliki kendali bukanlah hal yang buruk, tapi kalau kamu mengendalikan pasangan untuk hal-hal yang tidak bisa dikendalikan, itu bisa menjadi masalah. Bertindaklah sewajarnya dan tetap berikan kepercayaan pada pasangan meskipun kamu ada rasa cemburu.

Jangan Mengikuti Perasaan yang Buruk

Meskipun kamu merasakan perasaan itu, tapi enggak seharusnya kamu bertindak mengikuti rasa cemburu.
Jangan Mengikuti Perasaan yang Buruk/freepik.com

Sangat sulit memang untuk tidak bertindak seperti yang kamu rasakan. Rasa cemburu atau perasaan lain bukanlah masalahnya, masalah yang sebenarnya adalah saat kamu mulai bertindak atas dasar kecemburuan dan membiarkannya menguasai diri kamu. Meskipun kamu merasakan perasaan itu, tapi enggak seharusnya kamu bertindak mengikuti rasa cemburu.

Saat pasangan kamu berinteraksi dengan lawan jenisnya bukan berarti dia akan selingkuh. Karena pasangan kamu sudah memilih untuk menjalani hubungan dengan kamu. Jadi, lain kali kalau kamu merasa cemburu terimalah perasaan itu. Namun ubah cara berpikir kamu tentang situasinya dan bersikaplah masuk akal dan bijaksana.

Percaya Diri Sendiri

Percayalah pada diri sendiri maka kamu bisa mencintai siapapun termasuk pasangan tanpa ada rasa penyesalan.
Percaya Diri Sendiri/freepik.com

Percaya pada diri sendiri merupakan hal terbaik yang bisa kamu lakukan. Percayalah pada diri sendiri maka kamu bisa mencintai siapapun termasuk pasangan tanpa penyesalan. Meskipun ini tak mudah tetapi pada akhirnya saat kamu mempercayai diri sendiri berarti kamu akan percaya apapun yang datang. Dengan begitu, saat kamu cemburu pada pasangan kamu akan tetap mempercayainya kalau dia tidak selingkuh dari kamu.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id