sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Pertanyaan Keuangan yang Harus Dibahas Sebelum Menikah

Rumaysha Milhania | Senin, 29 Jun 2020 16:00 WIB
5 Pertanyaan Keuangan yang Harus Dibahas Sebelum Menikah
Keuangan sebelum menikah/ Sumber: Pexels.com
Jakarta -

Masalah ekonomi memegang peranan yang cukup penting dalam keharmonisan keluarga. Uang mungkin bukan sumber kebahagiaan, tetapi uang dapat menjadi sumber permasalahan yang berakhir pada perpisahan. Untuk itu, simak ulasan tentang 5 pertanyaan keuangan yang harus dibahas sebelum menikah berikut ini.

Pengaturan keuangan menjadi salah satu aspek penting yang dapat mempengaruhi kondisi keharmonisan keluarga.
Mengatur Uang

1. Apa Keinginan Masing-Masing

Hal pertama yang perlu dibahas pada pasangan sebelum menikah adalah apa keinginan dan cita-cita masing-masing. Tentu, uang menjadi salah satu faktor yang akan berpengaruh pada keinginan tersebut. Pembahasan ini juga akan bisa membuatmu lebih memahami bagaimana arti uang bagi pasanganmu serta apa yang ingin mereka lakukan dengan uang mereka.

2. Apakah Istri Boleh Bekerja

Menjadi masyarakat yang tumbuh dengan tradisi ketimuran, orang Indonesia tentu sangat terbiasa dengan konsep suami sebagai pencari nafkah. Namun, tak sedikit pula pasangan yang memiliki pandangan berbeda. Untuk itu, diskusikan dengan baik siapakah yang memiliki tanggung jawab utama untuk mencari nafkah dan apakah istri boleh untuk bekerja.


Suami dan istri yang baru menikah tampak sangat bahagia dalam balutan baju pernikahannya.
Pernikahan/ Sumber: Pexels.com

3. Siapa yang Harus Mengatur Uang

Ketahui bahwa harus ada satu orang yang menjadi penanggung jawab untuk pengaturan keuangan. Orang ini bisa merupakah istri atau pun suami, tergantung pada kemampuan manajemen yang dimilikinya. Namun, bukan berarti orang yang mengatur ini memiliki kuasa penuh atas keuangan yang dimiliki keluarga. Kedua pasangan harus terlibat dan mengetahui kemana dan untuk apa uang digunakan.

4. Anggaran untuk Keluarga Besar

Banyak pasangan yang berakhir konflik saat harus membicarakan anggaran uang untuk keluarga besar. Pahami betul bahwa pernikahan juga merupakan penyatuan dua keluarga di mana kedua keluarga harus mendapatkan hak yang sama saat kedua pasangan yang menikah akan memberikan tambahan uang untuk kebutuhan. Jadi, jangan bedakan uang untuk orangtua dan mertuamu, ya!

Mengatur keuangan dilakukan dengan memantau terus jumlah uang yang masuk harus lebih besar daripada jumlah uang yang keluar.
Finansial Manajemen/ Sumber: Pexels.com

5. Ketahui Aset dan Utang Pasangan

Terakhir, ketahui betul kondisi keuangan pasanganmu. Pahami bagaimana kondisinya dengan dan jelaskan pula bagaimana kondisi keuanganmu. Utarakan secara jujur dan terbuka bagaimana dengan jumlah aset dan hutang yang dimiliki. Untuk hutang, kamu juga perlu mempertimbangkan hutang yang dimiliki orangtua karena itu juga dapat berpengaruh pada dirimu juga.

Nah, itulah 5 hal yang harus dibahas mengenai keuangan sebelum pernikahan. Kira-kira mana yang belum kamu bahas, nih?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id