sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

7 Kebiasaan yang Ternyata Dapat Memperburuk Hubungan Suami-Istri

Rumaysha Milhania | Sabtu, 20 Mar 2021 09:30 WIB
7 Kebiasaan yang Ternyata Dapat Memperburuk Hubungan Suami-Istri
caption

Tahukah kamu jika ada beberapa kebiasaan sederhana yang ternyata dapat memperburuk hubunganmu dengan pasangan? Simak ulasannya berikut ini!

1. Berusaha untuk Mengubah Pasangan

Banyak orang memiliki misi dan keinginan untuk mengubah pasangan menjadi seseorang yang lebih "baik". Padahal, tidak ada orang yang sempurna, jadi jangan berharap perubahan yang tidak realistis. Mengingatkannya untuk bangun pagi atau menghabiskan sayur mungkin bukan hal yang sulit, tetapi mencoba mengubah rasa malu atau kecemasan adalah hal yang jauh berbeda.  

2. Mengungkit Kekurangan Keluarga

Setelah menikah, kamu akan tahu bahwa hubungan dengan keluarga selalu kompleks. Tidak ada keluarga yang sempurna dan itu adalah hal yang wajar. Selama masalah yang disebabkan tidak mengancam keselamatan, upayakan untuk tidak selalu mengungkit kekurangan keluarga untuk sekadar menjelekkan saja. Hal ini dapat menyinggung dan menyakiti perasaan pasanganmu.

Setelah menikah, kamu akan tahu bahwa hubungan dengan keluarga selalu kompleks. Tidak ada keluarga yang sempurna dan itu adalah hal yang wajar.
Hubungan Asmara/ Sumber: Freepik.com

3. Bermesraan di Tempat Umum

Tempat umum yang dimaksud di sini bukan hanya kafe, mall, atau taman. Kamu juga harus menjaga diri dari terlalu mengumbar kemesraan di media sosial. Pasalnya, hal ini tidak hanya membuat orang-orang di sekitarmu tidak nyaman, tetapi juga dapat membuat kurangnya komunikasi yang nyata. Tetap berpegangan tangan mungkin bukan masalah serius. Namun, tak perlu berlebihan.

4. Bertengkar di Depan Umum

Tak hanya kemesraan yang harus disembunyikan, pertengkaran dan konflik juga tidak seharusnya menjadi konsumsi publik. Bertengkar di depan umum dapat mempermalukan pasangan dan membuat semua orang di sekitarnya juga merasa canggung. Jadi, cobalah untuk mulai membiasakan diri untuk membicarakan masalah secara pribadi.

Tak hanya kemesraan yang harus disembunyikan, pertengkaran dan konflik juga tidak seharusnya menjadi konsumsi publik.
Masalah Asmara/ Sumber: Freepik.com

5. Menghindari Konflik

Cinta tidak semuanya baik, sepanjang waktu. Perselisihan pasti akan terjadi, dan pertengkaran bisa menjadi bagian yang sehat dari suatu hubungan. Sebaliknya, tidak pernah mengalami konflik dapat membuat kompromi menjadi tidak mungkin untuk dilakukan. Jadi, sangat penting untuk bisa melatih kemampuan untuk mengelola konflik.

6. Tidak Membicarakan Isi Hati

Jika ada yang salah, orang lain termasuk pasanganmu mungkin tidak dapat membaca pikiran kamu. Itulah sebabnya, sat masalah muncul, bicarakan pada waktu yang tepat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa stres pada pasangan akan lebih rendah ketika mereka membicarakan masalah mereka daripada ketika mereka menahan perasaan mereka. 

7. Bersikap Melodramatis

Tidak ada hubungan yang sempurna. Jadi, jangan membuat drama yang tidak perlu di setiap skenario. Jika pasangan lupa membuang sampah, tidak perlu ada keributan. Jika emosi mulai terasa memuncak, cobalah untuk menarik napas beberapa kali dan atasi masalah dengan tenang.

Jika emosi mulai terasa memuncak, cobalah untuk menarik napas beberapa kali dan atasi masalah dengan tenang.
Menjaga Hubungan dengan Pasangan/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa kebiasaan kecil yang ternyata dapat berdampak serius pada hubungan. Jadi, waspadai ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id