sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Anti Mahal, 5 Trik Hemat Adakan Lamaran yang Gak Terlupakan

Izzul Millati Umami | Selasa, 26 Jan 2021 14:30 WIB
Anti Mahal, 5 Trik Hemat Adakan Lamaran yang Gak Terlupakan
caption
Jakarta -

Salah satu momen yang ditunggu-tunggu para pasangan selain menikah adalah prosesi lamaran. Acara lamaran atau tunangan merupakan salah satu prosesi yang menjadi budaya di Indonesia.

Meski sebenarnya tidak diharuskan, namun banyak yang menjadikan lamaran sebagai salah satu rangkaian acara sebelum menuju halal. Tentunya, diperlukan budget untuk menyelenggarakan acara lamaran. Nah, agar budget tidak membengkak, coba beberapa tips di bawah ini:

Pilih lokasi lamaran yang sederhana

lokasi lamaran
lokasi lamaran/sumber:pixabay.com

Sebaiknya, gunakan lokasi lamaran yang sederhana. Umumnya sih, banyak yang memilih lokasi lamaran di pihak mempelai wanita. Cukup pesan backdrop dan kursi tambahan serta snack, lamaran bisa diadakan. Sedikit polesan make up dari MUA juga bisa menjadikan lamaran jadi makin membahagiakan.

Nah, bila memang sangat ingin menggunakan gedung untuk lamaran, maka sebaiknya pilih lokasi yang harganya masih masuk di kantong. Pilih venue yang tidak terlalu luas agar tidak mubazir bayar mahal tapi untuk acara yang undangannya nggak banyak. 

Gunakan sedikit kreatifitas untuk mendesain undangan sendiri

undangan
undangan/sumber:pixabay.com

Selain lokasi lamaran, menggunakan sedikit kreatifitas untuk mendesain undangan sendiri juga bisa menghemat pengeluaran. Untuk sesi lamaran, undangan biasanya hanya ditunjukkan ke keluarga dan beberapa saudara jauh. 

Pilih konsep yang sederhana

Biasanya, lamaran mengusung konsep tertentu untuk membuat acara semakin oke. Namun, dengan konsep yang sederhana, lamaran bisa terlihat bagus juga, kok. Pemilihan konsep yang tepat akan mempengaruhi budget juga, loh. Konsep sederhana namun oke macam vintage cocok juga untuk lamaran kamu. 

Seleksi Tamu

jumlah tamu
jumlah tamu/sumber:pixabay.com

Acara lamaran sifatnya private maka sangat wajar untuk tidak mengundang banyak orang. Oleh karena itu perlu selektif untuk urusan undang mengundang tamu ini. Ladies bisa mengundang keluarga inti saja untuk acara lamaran. Nah, untuk acara pengenalan ke keluarga besar bisa saat hari H pernikahan saja. 

DIY

Bila memang kamu punya kemampuan untuk mendekorasi, silahkan saja gunakan kreatifitas kamu untuk DIY acara lamaran. Ladies bisa membeli beberapa bunga dan mengkreasikannya dengan kain yang ada. Selain itu, Ladies juga bisa mencontoh tutorial dekorasi yang ada di Youtube. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id