sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Begini Lho Cara Menghindari Konflik dengan Pasangan Selama di Rumah Aja

Munjidah Hamsa | Kamis, 11 Jun 2020 22:00 WIB
Begini Lho Cara Menghindari Konflik dengan Pasangan Selama di Rumah Aja
caption

Selama berminggu-minggu di rumah aja akibat pandemi yang sedang terjadi, Beautynesian yang hidup bersama pasangan di rumah pasti pernah mengalami konflik. Konflik yang terjadi bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk komunikasi yang kurang baik dan stress akibat tidak bisa keluar rumah sehingga rasa bosan muncul.

Agar selama di rumah aja kamu meminimalisir konflik dengan pasangan bahkan menghindarinya, kamu bisa lakukan tips berikut ini agar konflik dengan pasangan selama di rumah aja tidak muncul. Simak ya!


Identifikasi Penyebab Stres

image

Salah satu penyebab konflik dengan pasangan selama berhari-hari di rumah bisa dikarenakan stres. Stres ketika pandemi berlangsung bisa diakibatkan oleh rasa jenuh atau kesal karena tidak bisa keluar rumah seperti saat sebelum pandemi. Jika kamu mampu mengidentifikasi stres yang kamu rasakan, kamu bisa melakukan manajemen stres. Dengan stres yang ditangani dengan baik, kamu jadi tidak mudah emosi dan konflik pun dapat dihindari.

Buat Kegiatan Menyenangkan Selama di Rumah

image
Pasangan bermain video games/freepik.com

Selama pandemi ini, kamu dan pasangan harus bertahan di rumah selama berhari-hari. Hal ini akan membuatmu merasa mudah bosan. Jika rasa bosan telah mencapai puncak, kamu akan lebih mudah emosi dan bisa menimbulkan konflik dengan pasangan.

Untuk itu, sebaiknya kamu dan pasangan melakukan kegiatan yang menyenangkan selama di rumah. Kamu bisa bersama bermain video games, board game, menonton series atau film kesukaan, atau bersama mendekor rumah. Mulai bikin daftar kegiatan asyik apa yang kamu dan pasangan ingin lakukan ya!

Jangan Biarkan Masalah Tidak Terselesaikan

image
Pasangan saling mengerti/freepik.com

Jika kamu dan pasangan sedang berbeda pendapat, segera bicarakan agar solusi atau jalan tengahnya dibahas bersama. Bicarakan dan diskusikan dengan kepala dingin. Dengarkan pendapat pasangan dan komunikasikan pendapatmu dengan baik agar masing-masing bisa saling kompromi hingga menerima. Dengan begini, konflik besar akan lebih kecil terjadi di rumah.

Perbaiki Cara Komunikasi dengan Pasangan

image
Pasangan berkomunikasi/freepik.com

Jika selama ini kamu dan pasangan memiliki kesibukan masing-masing di luar rumah sehingga waktu ngobrol terbatas, selama di rumah kamu dan pasangan lebih punya banyak waktu untuk berbincang berdua. Inilah saat yang tepat bagimu dan pasangan untuk memperbaiki cara komunikasi agar lebih bisa berkompromi satu sama lain.

Hal ini akan lebih baik lagi jika obrolan pasangan jadi lebih berkualitas dan dalam. Dengan ini, kamu dan pasangan bisa lebih mengerti karakter satu sama lain dengan lebih baik lagi dan konflik akan kecil terjadi.

Jangan Ragu Menawarkan dan Meminta Bantuan

image
Pasangan saling bantu/freepik.com

Selama di rumah dengan pasangan dalam waktu yang lama, kamu dan pasangan pasti memiliki kebutuhan dan keinginan masing-masing. Ketika kebutuhan dan keinginan ini membutuhkan pihak satunya untuk bisa dicapai atau didapat, maka sebaiknya kamu komunikasikan dengan baik dan dengarkan juga apa yang dibutuhkan atau diinginkan pasanganmu.

Dengan ini, kamu dan pasangan bisa tahu tujuan dan impian masing-masing dan bersama-sama mencapainya dengan kompromi dan konflik yang minimal.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar konflik dengan pasangan tidak muncul selama di rumah aja. Selalu komunikasikan apa kebutuhan dan keinginanmu dengan pasangan dan lakukan hal yang sama kepada pasangan yaitu dengan mendengarkan kebutuhan dan keinginannya. Semoga membantu ya, Ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id