sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Bukan Berharap Cerai, Ini Manfaat Perjanjian Pranikah yang Harus Kamu Tahu!

Dian Aprilia | Selasa, 18 May 2021 11:30 WIB
Bukan Berharap Cerai, Ini Manfaat Perjanjian Pranikah yang Harus Kamu Tahu!
caption

Perjanjian pranikah sering disalahpahami sebagai keinginan untuk bercerai dan tak jarang dianggap negatif. Padahal perjanjian pranikah ini adalah hal penting yang perlu dimiliki pasangan guna mengantisipasi masalah di masa depan. Sebab, tidak ada yang bisa menjamin bahwa pernikahanmu akan baik-baik saja, meski kamu dan pasangan sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencapainya.

Perjanjian pranikah adalah kontrak yang dibuat sebelum berlangsungnya pernikahan guna melindungi hak dan kewajiban pasangan suami istri setelah menikah. Isi perjanjian pranikah diantaranya adalah pemisahan harta kekayaan sebelum pernikahan, pemisahan hutang, hak dan kewajiban suami istri dalam pernikahan, serta cara mengatur penghasilan masing-masing.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 4 manfaat perjanjian pranikah yang perlu kamu tahu sebelum menginjak ke jenjang pernikahan:

Mengetahui Kondisi Keuangan Pasangan

Kondisi keuangan pasangan
Kondisi keuangan pasangan/pexels.com

Dengan membuat perjanjian pranikah, kamu akan mengetahui kondisi keuangan pasangan. Sebab, dalam perjanjian tersebut, kamu dan pasangan akan dimintai informasi mengenai detil kondisi keuangan. Mulai dari harta yang dimiliki, kewajiban hutang, cicilan dan banyak lagi lainnya.

Selain itu, keterbukaan ini juga bisa menghindari kepentingan-kepentingan tersembunyi dari pasangan. Misalnya, pasangan memiliki hutang menumpuk atau mengincar harta gono gini.

Melindungi Kekayaan

Melindungi kekayaan
Melindungi kekayaan/pexels.com

Selanjutnya, perjanjian pranikah juga bisa melindungi kekayaan yang dimiliki pasangan. Sebab dalam perjanjian tersebut ada pemisahan harta yang dimiliki masing-masing pihak sebelum pernikahan. Selain itu, ada penentuan harta setelah berpisah baik karena cerai ataupun ditinggal mati.

Jadi, baik suami atau istri mendapatkan perlindungan kekayaan di masa mendatang apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan selama pernikahan.   

Membebaskan dari Kewajiban Membayar Utang Pasangan

Hutang pasangan
Hutang pasangan/pexels.com

Selain itu, perjanjian pranikah juga bisa membebaskan dari kewajiban membayar utang pasangan. Apalagi jika jumlah uang pasangan sangat besar dan signifikan, maka kamu bisa memberlakukan prinsip, ‘utang kamu adalah milikmu’. Jadi di masa depan, kamu tidak ada kewajiban untuk turut membayar hutang tersebut.

Menjamin Kondisi Finansial Setelah Pernikahan

Pasangan
Pasangan/pexels.com

Perjanjian pranikah ini juga bermanfaat untuk menjamin kondisi finansial setelah pernikahan, apalagi bagi perempuan yang tidak bekerja. Jadi suami bisa diwajibkan untuk membayar kebutuhan anak di masa depan, meski sudah bercerai. Dan hal tersebut terikat dengan hukum sehingga harus ditunaikan. Oleh sebab itu, perempuan tidak akan merasa terlalu terbebani saat mendapatkan hak asuh anak setelah perceraian.

Selain itu perjanjian tersebut juga bisa berisi penentuan harta setelah berpisah. Mulai dari harta yang didapatkan dalam pernikahan, warisan dari orang tua, omzet bisnis dan lain sebagainya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id