sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Gak Usah Khawatir, Tinggal Serumah dengan Mertua Juga Ada Manfaat Positifnya

Izzul Millati Umami | Kamis, 28 Jan 2021 22:30 WIB
Gak Usah Khawatir, Tinggal Serumah dengan Mertua Juga Ada Manfaat Positifnya
caption
Jakarta -

Tinggal bersama mertua juga mengajarkan hidup berlatih sabar. Tentu, ada saja sifat dan perilaku mertua yang kurang nyaman bagi ladies. Namun, mertua tetaplah seorang manusia yang memiliki kekurangan dan sosok yang harus dihormati. Dengan begini, ladies bisa belajar untuk menahan emosi dan menurunkan ego.

Ladies, banyak penyebab pasangan suami istri lebih memilih tinggal bersama mertua salah satu diantaranya adalah tidak memiliki finansial yang cukup, dan juga mertua dalam kondisi sakit, renta, dan tinggal sendiri. Tinggal bersama mertua bukanlah hal yang mudah. Ladies harus bisa beradaptasi dengan situasi dan pribadi mertua. Banyak yang merasa tidak nyaman hidup bersama mertua di antaranya karena mertua dianggap terlalu mencampuri urusan rumah tangga, dan banyak alasan lain.

Meski, tinggal bersama mertua kerap mendapat stigma negatif. Namun, tinggal bersama mertua juga memiliki manfaat positif, loh.  Bahkan, banyak pelajaran hidup seputar kehidupan rumah tangga yang bisa diambil. Apa saja? Yuk simak! berikut manfaat positif tinggal bersama mertua:

Mempererat Hubungan dengan Mertua

mertua
mertua/sumber:pixabay.com

Hidup bersama mertua membuat hubungan menantu dan mertua terjalin erat. Apalagi mertua adalah bagian dari keluarga baru, ladies. Nah, dengan hidup bersama mertua ladies lebih mengenal sifat dan pribadi mertua. Jadi, bangunlah sifat keakraban agar tercipta hubungan yang harmonis bukan hanya dengan mertua tapi juga dengan keluarga suami.

Memperoleh Wawasan Baru Tentang Kehidupan Rumah Tangga

Tinggal bersama mertua membuat banyak pelajaran hidup yang didapat. Misalnya, mengenai menyelesaikan persoalan rumah tangga terkait berbeda pendapat dan prinsip, cara memahami pola asuh mertua terhadap suami, belajar hidup disiplin, dan masih banyak lagi.

Lebih Mengenal Pribadi Suami

calon suami
calon suami/sumber:pixabay.com

Manfaat positif lain dari tinggal bersama mertua adalah ladies memperoleh informasi tambahan seputar sifat dan pribadi suami. Tentu, informasi yang didapat jauh lebih akurat karena ibu kandung dari suami yang sudah mengenal sifat suami luar dan dalam.

Bisa Menitipkan Anak Saat Bekerja

menitipkan anak
menitipkan anak/sumber:pixabay.com

Kehidupan rumah tangga setelah memiliki anak tentu berbeda. Ladies harus bisa mengatur waktu dengan baik. Apalagi jika ladies mempunyai kesibukan pekerjaan. Nah, tinggal bersama mertua memudahkan ladies untuk menitipkan anak saat bekerja. Ladies bisa tenang dan mempercayakan pengasuhan dan pengawasan saat anak sibuk pada mertua.

Lebih Hemat

hemat
hemat/sumber:pixabay.com

Hidup bersama mertua mengajarkan hal lain yakni ladies bisa lebih hemat. Yups, ladies tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengontrak rumah dan tidak membeli perabotan rumah. Nah, hal ini tentu menjadikan pasangan suami istri jauh lebih hemat. Dengan begini, ladies mempunyai kesempatan untuk menabung. Hasil tabungan tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membeli rumah atau kebutuhan rumah tangga yang lain.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id