sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Memutuskan Menikah!

Ayuliy Lestari | Sabtu, 10 Oct 2020 16:00 WIB
Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Memutuskan Menikah!
caption

Memilih pasangan hidup bukanlah hal yang mudah, ada banyak pertimbangan yang harus benar-benar kamu perhatikan. Menikah butuh banyak modal, bukan sekedar cinta. Bahkan bukan hanya finansial, kamu juga harus menyiapkan mental, kedewasaan dan keberanian memegang komitmen dalam waktu yang panjang.

Tak heran jika pernikahan adalah salah satu keputusan tersulit dan paling serius dalam hidup seseorang karena nanti dampaknya juga sangat besar. Dampak dari pernikahan akan dirasakan banyak orang seperti pasanganmu, kedua belah keluarga dan anak-anakmu nanti.

Ketika kamu sudah menemukan pasangan yang saat itu dianggap cocok, banyak keluarga atau orang-orang sekitar yang mendukung agar hubungan kalian diteruskan ke jenjang pernikahan. Untuk kamu yang ingin menikah, ada banyak hal yang perlu kamu ketahui sebelum mantap dengan keputusan itu termasuk kesalahan-kesalahan beberapa pasangan yang paling umum saat memutuskan menikah berikut!


1. Terlalu Terburu-buru Mengambil Keputusan

Kesalahan saat proses pernikahan
Married/unsplash.com

Sekali lagi, keputusan menikah adalah keputusan yang paling penting dan paling serius, jadi sebaiknya kamu pikirkan matang-matang dari segala aspek. Ketika kamu sedang jatuh cinta, ada rasa menggebu-gebu dan gairah yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan objektif.

Ketika kamu tidak mengambil keputusan secara objektif dan hanya berdasarkan perasaan cinta, kamu akan lupa memperhatikan aspek penting lainnya di dalam pernikahan.

2. Kurang Mengenal Pasangan

Kesalahan saat proses pernikahan
Married/unsplash.com

Pernikahan tidak hanya menyatukan kamu dan dia tapi juga keluarga besarmu dan keluarga besarnya. Sebelum memutuskan menikah sebaiknya habiskan banyak waktu dengan pasangan untuk mengenal satu sama lain, bukan hanya personal tapi juga keluarganya.

Jangan sampai ketika sudah menikah, kamu baru menemukan kekurangan pasangan atau ketidakcocokan antara kamu dan keluarga pasangan yang membuat pernikahan kalian menjadi mudah goyah.

3. Menikah di Usia Muda

Kesalahan saat proses pernikahan
Married/unsplash.com

Kedewasaan seseorang memang tidak bisa diukur dari usia. Tapi pada umumnya, di usia muda, identitas dan kedewasaan diri seseorang belum terbentuk secara matang.

Kamu masih butuh mengeksplor diri, apalagi memasuki usia 20 tahun adalah masa transisi dimana seseorang baru mulai belajar bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Lalu bagaimana jika kamu harus bertanggung jawab pada pasangan atau keluarga kecilmu? Hal ini akan membuat rumah tangga menjadi tidak stabil.

4. Ekpektasi yang Salah

Kesalahan saat proses pernikahan
Married/unsplash.com

Banyak yang terlalu berekspektasi tinggi dengan pasangan dan pernikahan. Mungkin kamu hanya mengetahui sisi positif pernikahan, kamu mendambakan pernikahan seperti kisah negeri dongeng yang penuh dengan romansa.

Faktanya, pernikahan tidak hanya diisi oleh hal-hal yang membahagiakan, ada banyak hal-hal serius bahkan problem rumahtangga yang harus bisa dilewati bersama.

5. Mengikuti Tuntutan Orang Lain

Kesalahan saat proses pernikahan
Married/unsplash.com

Jika kamu merasa belum siap secara mental ataupun finansial, kamu tidak perlu mengikuti tuntutan orang lain. Kamu harus tahu mana prioritas dan mana yang lebih kamu butuhkan saat ini. Ketika kamu belum siap untuk menikah lalu memaksakan diri, akan banyak konflik yang terjadi dalam rumah tangga nanti.

Perlu kamu inga bahwa menyatukan dua karakter yang berbeda agar saling bekerja sama untuk keutuhan rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kalian belum benar-benar saling mengenal dan mampu menahan ego masing-masing. Jadi sebelum memutuskan untuk menikah, pikirkan kembali dengan sungguh-sungguh, Ladies.

 

 

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id