sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ide Pernikahan Ramah Lingkungan Ini Dijamin Bikin Pesta Pernikahanmu Istimewa!

Nisrina Salsabila | Jumat, 13 Nov 2020 19:15 WIB
Ide Pernikahan Ramah Lingkungan Ini Dijamin Bikin Pesta Pernikahanmu Istimewa!
caption
Jakarta -

Kamu pasti mendambakan pernikahan yang sempurna dengan konsep yang matang. Di sisi lain, kamu harus tahu, nih, Ladies. Faktanya, sebuah pernikahan dapat menjadi salah satu penyumbang limbah lingkungan terbesar, loh!

Pernikahan ramah lingkungan adalah konsep perayaan pernikahan yang mencoba untuk meminimalisir jumlah limbah yang dihasilkan selama acara berlangsung dengan cara melibatkan elemen-elemen yang tidak menimbulkan polusi. Ini membuat pernikahanmu semakin bermakna karena turut menghadirkan unsur kelestarian alam.

Jangan takut acaramu bakal flat! Justru, konsep yang terkesan simple ini membuatmu bisa berkreativitas dengan barang-barang yang ada di sekitarmu. Alhasil, pernikahanmu bakal terlihat mempesona dan inspiratif sehingga tak mudah untuk dilupakan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu terapkan dalam merancang pesta pernikahan dengan prinsip eco-friendly:

1. Tempat dan Dekorasi

Inspirasi pernikahan ramah lingkungan
Contoh dekorasi pesta yang ramah lingkungan/Foto: Pinterest

Untuk lokasinya, pilih venue yang mudah dijangkau untuk mengurangi polutan dari kendaraan bermotor. Dari segi venue, sebisa mungkin pilih tempat yang sudah cantik, khas, dan punya ornamen dekorasi. Contohnya, tempat terbuka dengan banyak pohon atau tanaman.

Jadinya, kamu nggak perlu menambah pajangan-pajangan dekorasi sekali pakai. Penyelenggaraan di siang hari juga efektif untuk membantu penghematan energi.

Intinya, pilih dekorasi sepintar mungkin sebab dekorasi semahal apapun ujung-ujungnya cenderung akan menjadi sampah. Sebagai saran, alangkah lebih baik untuk tidak melakukan selebrasi lepas balon maupun confetti, lantaran sampahnya sulit terurai.

Sebagai alternatif, berkreasilah dengan elemen dekorasi dari kain, jerami atau pajangan lilin-lilin cantik nan elegan untuk mengurangi penggunaan bunga.

Ide dekorasi lainnya adalah dengan memanfaatkan  palet kayu, pigura bekas, gantungan bohlam atau kaleng bekas berisi bunga. Tangga kayu sebagai rak dekorasi, drum atau barel kayu untuk tempat sampah, dan juga memasang foto-fotomu bersama lampu-lampu kecil yang melingkari pohon.

2. Pakaian Pernikahan

Inspirasi pernikahan ramah lingkungan
Sewa gaun pernikahan by Edna Atelier di Bridestory/Foto: www.bridestory.com

Ini dia tips tampil memukau di hari spesialmu plus bisa meminimalisir sampah sisa produksi garmen! Sewa saja baju pernikahan di sanggar atau aplikasi sewa baju online. Kamu pun bisa memanfaatkan baju pernikahan orang tuamu dengan sedikit modifikasi agar lebih kekinian.

Jika memang terpaksa membuat pakaian baru, pakailah bahan yang ramah lingkungan seperti katun atau sutera. Sebisa mungkin desain baju tersebut agar dapat dipakai untuk acara lain, ya!

3. Undangan Pernikahan

Inspirasi pernikahan ramah lingkungan
Undangan pernikahan dari kertas daur ulang/Foto: Pinterest

Berterimakasihlah pada kemajuan digital saat ini! Berkatnya, kamu bisa menyebarkan undangan pernikahan secara online berupa e-invitations atau wedding website melalui media sosial. Layanan wedding website memungkinkan kamu untuk mencantumkan dresscode, peta, dan transportasi pilihan. Jadi bisa menekan anggaran, kan?

Jika merasa perlu membuat undangan fisik, sebaiknya benar-benar pastikan jumlah undangan yang perlu dicetak agar tidak sisa banyak. Untuk ide desainnya, pilihlah kertas daur ulang dan manfaatkan amplop undangan sebagai wadah angpao dari tamu.

4. Bekerjasama dengan Penyedia Katering

Inspirasi pernikahan ramah lingkungan
Pemilihan makanan dan penyajian katering ramah lingkungan/Foto: Pinterest

Dengan menjalin komunikasi yang baik dengan pihak katering, kamu bisa memberikan arahan yang sesuai dengan konsep pernikahan eco-friendly. Mintalah kepada pihak katering untuk menghindari peralatan makan berbahan plastik.

Tips untuk menghindari sisa makanan berlebih adalah tentukan jenis makanan yang disukai kebanyakan tamu. Kemudian, bagikan makanan berlebih ini menggunakan kotak makan kepada keluarga dekat, tetangga sampai panitia pernikahan.

5. Souvenir

Inspirasi pernikahan ramah lingkungan
Contoh suvenir bermanfaat dan ramah lingkungan/Foto: Pinterest

Souvenir menjadi barang yang akan dibawa oleh para tamu setelah menghadiri pesta pernikahan. Jadi, ada baiknya untuk memilih souvenir pernikahan yang memiliki nilai manfaat juga ramah lingkungan.

Rekomendasinya, jadikan barang-barang ini sebagai souvenir pernikahan: stainless cutlery set, tas belanja, sabun organik, tumblr, teh herbal atau kopi bubuk dari kemasan kertas, toples kaca kecil hingga bibit tanaman atau tanaman kecil.

Nah yang terpenting, manfaatkan bungkus souvenir yang bisa dipakai lagi seperti kain serut. Selain itu, komunikasikan dengan baik kepada penyedia souvenir untuk menghindari pembungkus souvenir dari bahan plastik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id