sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kebiasaan Kecil Ini Bisa Berbahaya Bagi Hubungan Rumah Tangga, Mending Jangan Dilakukan!

Rumaysha Milhania | Sabtu, 01 Aug 2020 11:30 WIB
Kebiasaan Kecil Ini Bisa Berbahaya Bagi Hubungan Rumah Tangga, Mending Jangan Dilakukan!
Pasangsan Suami Istri/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Semua orang pasti mengharapkan pernikahannya langgeng hingga maut memisahkan. Namun, tidak bisa dipungkiri, perceraian menjadi ancaman bagi semua pernikahan yang tidak berjalan dengan semestinya. Beragam hal, seperti ketidakcocokan dan perbedaan prinsip, kerap menjadi alasan perpisahan terjadi. Namun, banyak pula dari pasangan yang tidak menyadari bahwa hal-hal tersebut terjadi merupakan bagian dari hasil kebiasaan kecil yang ternyata memiliki dampak buruk bagi pernikahan. 

Saat tidak ada lagi keterbukaan dan kejujuran, tentu hubungan akan terasa semakin renggang dan sulit dipertahankan.
Kejujuran dalam Rumah Tangga/ Sumber: Freepik.com

1. Kurangnya Kejujuran

Kita semua tahu bahwa kejujuran adalah kunci dari hubungan yang baik. Keterbukaan yang apa adanya membuat masing-masing dari pasangan bisa belajar memahami dan menerima kondisi pasangannya. Namun, bagaimana itu bisa terjadi jika salah satu atau kedua pasangan ini malah menutupi kenyataan? Ketidakjujuran menjadi awal dari rumah tangga yang berantakan. Saat tidak ada lagi keterbukaan dan kejujuran, tentu hubungan akan terasa semakin renggang dan sulit dipertahankan.

2. Kurangnya Keintiman

Keintiman adalah salah satu rahasia rumah tangga yang harmonis dan awet. Jika pernikahan hanya membuatmu memiliki teman tinggal yang tidak memberikan ungkapan cinta dan sayang, baik itu secara verbal dan fisik, tentu rumah tangga akan menjadi semakin hampa. Perlu disadari bahwa keintiman adalah perekat yang menyatukan hubungan suami dan istri. Keintiman ini juga yang membuat hubungan satu sama lain unik dan tahan terhadap gangguan dari gangguan luar.


Hargai keberadaan pasanganmu dan berikan prioritas untuk waktu bersama setiap harinya.
Suami dan Istri/ Sumber: Freepik.com

3. Tidak Menghargai Pasangan/ Hubungan

Saat kita memberikan nilai lebih atau menghargai sesuatu, tentu kita memperlakukannya dengan sepenuh hati dan perhatian. Hal itulah yang harus kamu perhatikan saat memperlakukan hubunganmu dengan pasangan. Jalani hubunganmu dengan pasanganmu dengan terus menjadikannya prioritas utama. Hargai keberadaan pasanganmu dan berikan prioritas untuk waktu bersama setiap harinya. Ini akan membantumu mendapatkan hubungan yang lebih harmonis dan langgeng.

4. Menggunakan Power dan Kontrol

Salah satu hal yang dapat merusak hubungan manusia selain hilangnya kejujuran dan kesetiaan adalah penggunaan power dan kontrol pada pasangan secara berlebihan. Hal ini mencakup kontrol dan kekuasaan berlebih dalam segala aspek kehidupan dari pasangan. Perlu diingat bahwa kamu dan pasanganmu memang suami dan istri. Namun, itu bukan berarti kalian tidak bisa menghargai privasi satu sama lain. Selain itu, hargai keputusan dan pendapat pasanganmu. Menggunakan kontrol berlebih dapat ditunjukkan dengan terlalu mengutamakan opini sendiri tanpa pernah mendengarkan pasangan. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi hubungan.

Salah satu hal yang dapat merusak hubungan manusia selain hilangnya kejujuran dan kesetiaan adalah penggunaan power dan kontrol pada pasangan secara berlebihan
Kesetiaan Suami dan Istri/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang dapat berbahaya bagi kehidupan rumah tangga. Pastikan kamu harus menghindarinya untuk menjaga hubungan tetap harmonis.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id