sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Mau Resepsi Mewah? Lakukan 5 Persiapan Keuangan Ini Sebelum Menikah

Dian Aprilia | Senin, 15 Mar 2021 22:00 WIB
Mau Resepsi Mewah? Lakukan 5 Persiapan Keuangan Ini Sebelum Menikah
caption

Setiap pasangan tentu memiliki gambaran pernikahan idaman. Ada yang suka dengan gaya sederhana, tapi ada pula yang mewah. Nah bagi kamu yang mendambakan pernikahan mewah, entah itu dengan tema garden party, konsep Disney, adat Jawa atau Sunda, modern dan lainnya, kamu wajib untuk mempersiapkan dananya mulai sekarang.

Sebab dana pernikahan itu bukanlah angka yang kecil, apalagi jika kamu ingin konsep yang mewah, mengundang banyak orang dan juga di tempat yang istimewa. Tapi kamu tak perlu khawatir, sebab beautynesia.id telah merangkum 5 persiapan keuangan sebelum menikah.

Buat Anggaran Pernikahan

Anggaran pernikahan
Anggaran pernikahan/pexels.com

Bagi yang sudah punya pacar, kamu bisa membuat anggaran ini sambil berdiskusi dengan pasangan. Jika masing-masing keluarga sudah tahu akan berlanjut ke jenjang serius, kamu juga bisa obrolkan perihal ini dengan orang tua setiap pasangan.

Tanyakan pada orang tua, apakah ada permintaan khusus terkait hal tersebut. Selain itu penting juga untuk menghitung adakah kontribusi dana atau bantuan dari keluarga masing-masing. Dengan begitu, perhitungan anggaran pernikahan bisa jelas dan konkret.

Financial Check Up

Financial check up
Financial check up/pexels.com

Setelah kamu tahu angka kebutuhan anggaran resepsi pernikahan, selanjutnya lakukan financial check up. Kamu dan pasanganmu harus mengecek kondisi keuanganmu secara menyeluruh. Mulai dari tabungan, hutang piutang, tanggungan keluarga, gaji, pengeluaran, dan lainnya.

Dari gambaran tersebut, kamu akan tahu cara yang paling tepat dan efektif untuk mempersiapkan dana anggaran resepsi pernikahan. Sebaiknya pasangan bisa saling jujur dan terbuka satu sama lain, agar proses ini bisa berjalan dengan optimal.

Kelola Pemasukan

Kelola pemasukan
Kelola Pemasukan/pexels.com

Langkah selanjutnya adalah pengelolaan pemasukan. Dengan gambaran financial check up sebelumnya, coba cek: apakah ada pengeluaran yang bisa dihilangkan, dikurangi atau ditunda; apakah perlu melakukan investasi; apakah perlu melakukan peminjaman dan lainnya.

Coba diskusikan dengan pasanganmu, bagaimana estimasi pembagian biaya untuk resepsi pernikahan. Apakah 100% menjadi kewajiban laki-laki, 50-50, 60-40 atau lainnya. Tidak ada yang benar dalam pilihan ini, semua kembali lagi pada kondisi dan kapasitas setiap pasangan.

Investasi

Investasi
Investasi/pexels.com

Jika pernikahanmu tidak akan dilaksanakan dalam waktu dekat, atau kira-kira beberapa tahun ke depan, kamu bisa menginvestasikan dana tersebut. Misalnya kamu taruh di reksadana, saham, deposito atau berbagai pilihan investasi lainnya. Pastikan untuk pelajari instrumen keuangan, tujuan keuangan dan profil risiko agar investasi bisa mendatangkan hasil.

Perlu diketahui setiap pasangan, jangan membuat rekening bersama dengan pasangan sebelum menikah. Sebab jika hubunganmu tidak berlanjut atau bermasalah, hal ini bisa jadi salah satu sumber konflik yang besar. Investasi atau menabung dengan rekening sendiri-sendiri jauh lebih aman. Bila ingin pasangan tahu dan mengawasi, kamu bisa saling share saldo tabungan secara berkala.

Lakukan Kencan Hemat

Dating
Dating/pexels.com

Ingin resepsi pernikahan mewah, kamu perlu melakukan kencan hemat, apalagi bila keuanganmu sangat terbatas. Kalau biasanya setiap minggu harus ke restoran mewah, coba deh sekali-kali makan di pedagang kaki lima atau mengurangi intensitasnya.

Kamu juga bisa mencari ide-ide kencan hemat yang seru, misalnya masak di rumah, olahraga bersama, dan lainnya. Hal ini tentu membutuhkan komitmen yang kuat dari pasangan dan saling mengingatkan agar tak kebablasan.

Itulah 5 langkah yang harus kamu lakukan dalam rangka membuat perencanaan keuangan sebelum menikah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id