sign up SIGN UP

Menikah Saat PPKM, Ternyata Ini Segenap Aturan yang Perlu Kamu Tahu!

Raistamala Nediasani | Sabtu, 28 Aug 2021 12:30 WIB
Menikah Saat PPKM, Ternyata Ini Segenap Aturan yang Perlu Kamu Tahu!
caption

Menikah di masa pandemi bukanlah hal mudah ya, Beauties. Apalagi sejak awal Juli 2021 pemerintah menerapkan PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat hingga saat ini. PPKM diterapkan sejak adanya lonjakan, dengan tujuan untuk menekan kasus Covid-19. Terkait hal itu, pemerintah menerapkan aturan-aturan yang beberapa diantaranya terkait penyelenggaraan acara pernikahan. 

Penerapan PPKM kali ini diperpanjang disesuaikan dengan level situasi pandemi di tiap daerah. Ada 4 level yang ditetapkan oleh pemerintah. Masing-masing level memiliki ketentuan dan kebijakan sendiri-sendiri termasuk untuk urusan penyelenggaraan resepsi pernikahan.

Untuk setiap levelnya, penyelenggaraan resepsi pernikahan diatur ketat guna mencegah kerumunan dan risiko penyebaran virus corona. Mau tahu apa saja aturan menikah saat PPKM tersebut? Simak penjelasannya ya Beauties!

1. PPKM Level 4 

penerapan ppkm level 3 dan 4 untuk jawa bali
PPKM level 3 dan 4 untuk Jawa Bali /Foto: Pinterest/Pngtree.com

Untuk daerah-daerah yang masuk dalam kategori level 4, penyelenggaraan acara pernikahan ditiadakan. Artinya, tidak boleh ada yang menggelar hajatan apapun termasuk pernikahan. Jika ada masyarakat yang tetap mengadakan acara pernikahan, maka aparat akan bertindak tegas menertibkan acara tersebut.

2. PPKM Level 3

pernikahan yang diadakan di masa pandemi covid 19
Pernikahan di Masa Pandemi /Foto: Pinterest/ Resti Hastuti

Sementara itu untuk daerah yang berada di level 3, pelaksanaan pernikahan dapat diselenggarakan dengan maksimal tamu undangan 20 orang. Namun penyelenggaraan acara ini tidak boleh adanya makan di tempat dan harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

3. PPKM Level 2

Pasangan yang menikah
pasangan yang menikah/ Foto: Unsplash/ Jonathan Borba

Sedangkan untuk yang berada di level 2, pelaksanaan pernikahan dapat diselenggarakan dengan lebih longgar lagi yakni dapat dihadiri 50 undangan. Namun untuk aturan tidak boleh makan di tempat tetap diberlakukan, pun penerapan protokol kesehatan juga tetap harus dijalankan dengan ketat.

Penerapan level PPKM diambil berdasarkan jumlah kasus yang terjadi pada daerah tersebut. PPKM level 1 diterapkan pada daerah yang tidak terjadi penularan sama sekali namun ada keterbatasan dalam penerapan upaya penularan. PPKM level 2 diterapkan pada daerah dengan kriteria kasus konfirmasi 20-50 per 100.000 penduduk per minggu dan BOR (Bed Occupancy Rate) kurang dari 60%.

Sedangkan level 3 diterapkan pada daerah dengan kriteria konfirmasi 50-150 per 100.000 penduduk per minggu dan treatment BOR 60-80%. Dan untuk level 4, ditetapkan pada daerah dengan kriteria konfirmasi lebih dari 150 per 100.000 penduduk per minggu dengan treatment BOR 80%.

Wah, sebaiknya konsultasikan dulu acara kalian dengan wedding planner juga pihak yang terkait ya Beauties. Usahakan mencari venue yang sudah dilengkapi dengan izin penyelenggaraan acara resepsi pernikahan ya agar kalian bisa tenang dalam mempersiapkan semuanya.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id