sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Percepat Pernikahan Impianmu, Ini Trik Menabung Bersama Pasangan

Izzul Millati Umami | Senin, 28 Dec 2020 19:00 WIB
Percepat Pernikahan Impianmu, Ini Trik Menabung Bersama Pasangan
caption
Jakarta -

Ladies, menabung untuk hari pernikahan memang membutuhkan perjuangan yang amat panjang. Perlu kesabaran yang nggak main-main dalam menjalaninya. Apakah kamu saat ini sedang menabung bersama pasanganmu? Kalau begitu, yuk simak tips menabung untuk pernikahan berikut ini. Kamu cuma butuh 2 tahun saja untuk mewujudkan pernikahan impian kamu, Loh! 

Pertama, catat estimasi budget nikah kamu

budget nikah
budget nikah/sumber:pixabay.com

Langkah yang pertama adalah dengan mencatat estimasi budget pernikahan kamu. Misalkan saja, kamu dan pasangan menginginkan pernikahan budget 50 juta rupiah, maka kalian berdua bisa memperkirakan vendor dan konsep pernikahan seperti apa yang kira-kira cocok untuk pernikahan kalian berdua. Mulai dari sekarang, Ladies bisa memperkirakan persiapan yang dibutuhkan. 

Hitung total tabungan bulanan kamu dan pasangan

tabungan
tabungan/sumber:pixabay.com

Kemudian, setelah mengetahui estimasi total budget pernikahan, saatnya untuk menghitung total pemasukan antara kamu dan pasangan. Pernikahan adalah acara bersama, maka kalian berdua bisa berusaha untuk mewujudkannya bersama.

Nah, jumlah perkiraan biaya pernikahan tersebut bisa kamu bagi dengan jumlah bulan yang dibutuhkan untuk menabung, kemudian sesuaikan juga dengan pendapatan, ya. Bila memang tidak yakin bisa mencapai target biaya pernikahan impian, bisa dengan menurunkan standar pernikahan yang diharapkan. Sebaiknya, sedari dini, ada atau tidak adanya pasangan, kamu tetap bisa menabung budget pernikahan.

Catat pengeluaran rutin tak penting yang biasa kamu beli

Pengeluaran rutin tak penting apa yang biasa kalian berdua beli? Misalkan saja biaya belanja barang-barang kurang penting, nongkrong kurang berfaedah dan semacamnya. Ini bisa kalian kurangi agar tabungan cepat terkumpul. 

Catat pengeluaran penting terbesar yang kamu beli

pengeluaran
pengeluaran/sumber:pixabay.com

Pengeluaran penting terbesar apa yang kamu ingin beli? Misalkan saja kamu butuh laptop untuk menunjang pekerjaan, sebab ini sangat penting, maka pengeluaran ini nggak bisa dipangkas. Namun, kamu masih bisa mencari pilihan laptop dengan harga lebih murah. Hindari kredit barang karena bunga yang dikeluarkan justru lebih besar. 

Tambah pos pemasukan

Agar tabungan semakin cepat terkumpul, kalian berdua bisa merencanakan bisnis bersama-sama. Namun ingat untuk menambah pos pemasukan dengan cara yang logis. Jangan sampai bisnis karena sekedar melihat peluang tanpa mempertimbangkan kemampuan diri sendiri. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id