sign up SIGN UP

LIFE

Anti Boros, Terapkan Strategi Keuangan Ini Agar Cepat Kaya di Usia Muda

Dian Aprilia | Sabtu, 26 Dec 2020 12:30 WIB
Anti Boros, Terapkan Strategi Keuangan Ini Agar Cepat Kaya di Usia Muda
caption
Jakarta -

Di saat pandemi seperti ini ditambah lagi dengan resesi ekonomi yang sedang terjadi, maka strategi keuangan menjadi faktor penting untuk tetap bertahan. Salah satu caranya adalah menerapkan strategi keuangan agar tidak boros.

Strategi ini dikenal dengan sebutan ‘Pay Yourself First’, strategi ini sangat ampuh bagi kamu yang memiliki kebiasaan boros. Selain itu strategi ini juga memungkinkan kamu meraih kebebasan finansial dan kaya bahkan di usia muda.

Apa itu Strategi ‘Pay Yourself First’?

Ilustrasi menabung
Ilustrasi menabung/pexels.com

Setelah mendapatkan gaji, apa alokasi yang kamu keluarkan terlebih dahulu? Apakah pengeluaran rutin, belanja, jajan dan lainnya?

Perbedaan mendasar dari strategi ini adalah urutan menabung atau investasi. Sebagian besar orang, biasanya menabung setelah menyisihkan uangnya untuk membayar dan memenuhi kebutuhan bulanan. Tak jarang dana yang tersisa sangat sedikit bahkan kadangkala habis bersih karena digunakan untuk memenuhi keinginan yang tidak begitu penting. 

Secara bahasa, Pay Yourself First berarti biayai dirimu terlebih dahulu. Hal ini bermakna kamu dituntut untuk memerhatikan dirimu terlebih dahulu. Bukan dalam artian foya-foya dan berlebihan, melainkan membiayai diri dengan alasan rasional. Seperti halnya memikirkan dana darurat, tabungan masa depan, pensiun, DP rumah, cicilan utang dan lainnya.

Bagaimana Cara Menerapkan Strategi ‘Pay Yourself First’?

Strategi keuangan
Strategi keuangan/pexels.com

Cara menerapkan strategi anti boros ini adalah dengan menyisihkan dana investasi dan tabungan di setiap awal bulan atau saat dapat gaji. Jadi tabungan atau investasi tidak menggunakan dana sisa, melainkan dana segar di awal dapat gaji.

Sebelumnya, tentukan dulu berapa uang yang harus kamu tabung per bulannya untuk memenuhi kebutuhan di masa depan (pensiun, DP rumah, dana darurat dan lainnya). Setelah itu, sisihkan uang tersebut dalam rekening tertentu yang khusus untuk menabung.

Contoh, gaji 7 juta, dengan alokasi, tabungan 2 juta, dana darurat 1 juta, tagihan bulanan 2 juta, transportasi 1,5 juta, jajan 500 ribu.

Apa Manfaat Strategi ‘Pay Yourself First’?

Ilustrasi investasi
Ilustrasi investasi/pexels.com

Dengan menerapkan strategi ini, maka kamu seolah dipaksa untuk menabung. Sebab uang yang tersisa untuk biaya sehari-hari tentu berkurang akibat sebagiannya telah ditabung lebih dulu.

Meski begitu, jangan khawatir, karena pada dasarnya uang tersebut tidak hilang, melainkan masuk dalam tabunganmu yang akan berguna di masa depan. Efeknya, kamu harus agak mengerem pengeluaranmu.

Kurangi membeli belanja barang-barang branded yang hanya menguras kantongmu saja. Sebaiknya pilih produk lokal yang lebih terjangkau dan tidak kalah kualitasnya dibandingkan produk branded. Selain itu kamu juga bisa berhemat dengan mengurangi aktivitas nongkrong atau ngopi yang tak disadari bikin kantong jebol. 

Itulah sekilas informasi tentang strategi Pay Yourself First, sederhana bukan? Yuk mulai sekarang, terapkan hal itu agar kebebasan finansial segera tercapai dan masa depan lebih terjamin.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id