sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Rencana Nikah Tahun ini? Cari Tahu Serba Serbi Tentang Mahar Nikah Ini Yuk!

Tria Oktyana | Rabu, 31 Jul 2019 04:00 WIB
Rencana Nikah Tahun ini? Cari Tahu Serba Serbi Tentang Mahar Nikah Ini Yuk!
caption
Syarat dalam pernikahan harus ada mahar yang dibayarkan mempelai pria kepada mempelai wanita. Jumlah dari mahar ini tergantung kesanggupan kedua belah pihak. Apa itu mahar nikah? dan apa saja yang perlu diketahu? Simak disini selengkapnya.

Apa itu Mahar Nikah?


Mahar adalah salah satu syarat yang harus dilengkapi saat pernikahan. Mahar adalah harta yang harus diberikan pihak pria kepada pihak wanita Tetapi ada juga budaya mengantut pemberi mahar adalah pihak perempuan kepada laki-laki. Hal ini juga masih disebut mahar.

Secara bahasa mahar merujuk pada istilah transaksi jual beli, yaitu sesuatu kompensasi ataupun tanda jadi. Dalam pernikahan pemberian mahar dimaksudkan untuk memuliakan seorang perempuan. Bukan sebagai bahan pameran atau pembayaran dalam transaksi jual beli. 


Foto: https://id.pinterest.com/BlueNile/

Sejarah Mahar Nikah


Tidak ada sumber pasti kapan pertamakali pemberan mahar dilakukan. Meskipun tidak ada sumber pasti budaya mahar dipercaya sudah ada sejak zaman dahulu. Penemuan tertua yang mengatur tentang tata cara pemberian mahar tercatat pada piagam Hammurabi. Dalam piagam ini menjelaskan tentang pemberian mahar dari pihak laki-laki kepada perempuan dan siapa yang berhak dengan mahar tersebut.


Foto: https://id.pinterest.com/zibbetpicks/

Besarnya Mahar Nikah


Telah dijelaskan sebelumnya, mahar adalah harta yang diberikan pihak pria kepada perempuan. Sehingga jumlah yang diberikan sesuai dengan kemampuan pihak pria. Mahar yang diberikan pihak pria, seluruhnya menjadi hak istri. 

Mahar tidak hanya melulu berhubungan dengan materi, mahar juga dapat sesuatu yang berharaga untuk pihak wanita. Seperti benda ataupun ilmu. Rasullalah SAW juga pernah menikahkan anaknya Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib dengan baju besi miliki Ali. 


Foto: https://id.pinterest.com/SevenProm/

Apakah Seorang Wanita Dapat Meminta Mahar Nikah?


Wanita dapat meminta mahar yang dia inginkan, tetapi sesuai dengan kemanpuan pihak laki-laki. Agar tidak ada hal yang menyulitkan kedua belah pihak untuk melangsungkan pernikahan. Permintaan mahar dapat berupa emas, uang tunai, barang mewah, ataupun sesuatu yang dianggap penting dan perlu oleh pihak wanita. 


Foto: https://instagram.com

Mahar Nikah Unik


Seiring berjalannya waktu, mahar nikah tidak hanya tergantung kemampaun para laki-laki. Tetapi juga sebagai tanda kesepakatan antara kedua pihak. Banyak pasangan yang menikah yang memilih menggunakan mahar nikah yang lebih bermakna dan bermanfaat untuk keduanya, seperti bacaan Alquran, buku ataupun jumlah uang serta emas dengan jumlah yang unik. 


Foto: https://id.pinterest.com/dreamerslovers/

[Gambas:Youtube]

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id