sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sedang Menyiapkan Pernikahan? Siapkan Biaya Tidak Terduga dalam Budgeting Pernikahan

Astari Dewi Larasati | Kamis, 19 Nov 2020 21:15 WIB
Sedang Menyiapkan Pernikahan? Siapkan Biaya Tidak Terduga dalam Budgeting Pernikahan
Biaya tidak terduga dalam budgeting pernikahan/freepik.com
Jakarta -

Dalam menyiapkan hari besar seperti hari pernikahan, bukanlah hal yang mudah. Ada banyak yang harus disiapkan dan memerlukan waktu cukup lama. Misalnya saja budgeting yang merupakan hal krusial dalam acara pernikahan.

Jika sudah merasa membayar biaya dalam pernikahan, mungkin saja ada biaya tidak terduga lho. Supaya tidak kaget dan dapat mempersiapkan hari pernikahan dengan baik, simak biaya tidak terduga yang perlu diwaspadai sebagai berikut.

Pajak

Pernikahan di hotel dikenai sales tax yang lumayan besar lho.
Pajak/freepik.com

Pajak merupakan hal paling penting yang tidak boleh terlewatkan dan harus diingat. Apalagi jika memilih tempat pernikahan di hotel, sales tax yang dikenakan lumayan besar lho.

Jadi jangan lupa untuk menyisakan biaya membayar pajak. Selain itu, tanyakan kepada vendor mengenai pajak yang akan dikenakan untuk pelayanan dalam hari pernikahan.

Biaya kelebihan waktu di gedung

Karena pihak gedung akan memberikan time limit untuk penggunaan gedung tersebut.
Biaya kelebihan waktu di gedung/pinterest.com/wedshed

Jika memilih tempat pernikahan di gedung, maka akan dikenakan biaya sewa per jam. Untuk berjaga-jaga atas keterlambatan waktu, siapkan biaya jika ada biaya kelebihan waktu menyewa gedung. Karena pihak gedung akan memberikan time limit untuk penggunaan gedung tersebut.

Pastikan untuk memberitahu kepada Wedding Organizer (WO) agar mereka bisa mengatur waktu acara sepraktis mungkin.

Makanan untuk vendor

Untuk menghargai vendor dalam hari pernikahan, siapkan makanan yang lebih.
Makanan untuk vendor/pinterest.com/bridalshop

Untuk menghargai vendor dalam hari pernikahan, siapkan makanan yang lebih. Meskipun tidak semua pengantin melakukannya, hal ini harus disiapkan dari jauh-jauh hari.

Tanyakan pada vendor berapa jumlah orang yang bekerja dari pihak mereka pada hari H. Dari hal ini maka akan keluar estimasi biaya yang akan dikeluarkan. Siapkan nasi bersama lauk pauk agar mereka tetap berenergi saat bekerja.

Biaya delivery

Biasanya biaya ini ada pada vendor logistik seperti penyewaan kursi, AC, dan lainnya.
Biaya delivery/freepik.com

Biasanya biaya ini ada pada vendor logistik seperti penyewaan kursi, AC, dan lainnya. Pastikan untuk bertanya pada vendor total biaya yang mereka kenakan sudah termasuk dengan delivery cost atau belum. Karena kalau tidak termasuk, maka nantinya akan ada biaya tambahan yang haru dikeluarkan.

Biaya administrasi KUA

Per tanggal 1 April 2020, biaya administrasi dikenakan sebesar Rp 600.000.
Biaya administrasi KUA/pinterest.com/agungnugroho

Setiap orang yang menikah maka akan berurusan dengan Kantor Urusan Agama (KUA) dan akan dikenakan biaya administrasi yang harus dikeluarkan. Pastikan membaca terlebih dahulu di website dan baca tata cara mendaftarkan KUA. Per tanggal 1 April 2020, biaya administrasi dikenakan sebesar Rp600.000.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id