sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Selain Mahkota Siger Sunda, Ini Aksesoris Pengantin Sunda Kaya akan Makna

Anindya Milagsita | Jumat, 16 Oct 2020 09:30 WIB
Selain Mahkota Siger Sunda, Ini Aksesoris Pengantin Sunda Kaya akan Makna
Foto: Siger Sunda/ instagram.com/pengantin.indo/makeuppengantinhijab/

Ladies, mewujudkan pernikahan impian yang selama ini hanya ada di dalam angan memang jadi sebuah momen berkesan dan tidak akan terlupakan. Sama halnya saat kedua calon mempelai memutuskan untuk memilih adat pernikahan yang akan digelar. 

Jika kamu berencana menuju ke jenjang pernikahan dengan mengenakan adat Sunda, tentu enggak asing lagi dengan mahkota cantik untuk mempelai wanita yang bernama Siger.

Tahukah kamu kalau ternyata mahkota adat Siger Sunda punya filosofi mendalam? Selain itu aksesoris lainnya juga memiliki makna yang tidak kalah menarik untuk dibahas.


Mahkota Siger

Mahkota Siger dalam adat Sunda yang memiliki filosofi.
Makna Siger Sunda/sumber: www.instagram.com/makeuppengantinhijab/

Filosofi pertama yang wajib kamu ketahui adalah makna dari mahkota Siger itu sendiriMahkota adat Siger Sunda ini punya bentuk yang cantik banget. Dihiasi ornamen yang elegan membuat mahkota pengantin ini terlihat mewah. 

Sudah ada banyak pernikahan artis yang memakai mahkota adat Siger Sunda ini lho. Seperti pernikahan artis Syahrini, Syahnaz, Nia Ramadhani, Raisa, hingga Nagita Slavina. Belum lama ini pun pernikahan artis Atries Angel juga mengenakan adat Siger Sunda. Di balik kecantikan mahkota pengantin Siger Sunda ini, ternyata menyimpan filosofi yang mendalam.

Dilansir dari berbagai sumber, makna mahkota adat Siger Sunda ini melambangkan sikap bijaksana, anggun, arif, dan rasa hormat. Selain itu mahkota Siger juga mencerminkan kecantikan dan kesempurnaan pada diri mempelai wanita. Bentuk mahkota yang berbentuk segitiga menghadap ke atas pun juga memiliki filosofi di mana hidup harus kembali ke pada yang di Atas.

Kembang Tanjung

Kembang Tanjung yang jadi bagian Siger punya filosofi tersendiri.
Makna Siger Sunda/sumber: www.instagram.com/makeuppengantinhijab/

Selain mahkota adat Siger Sunda, ada bagian lain yang tak kalah penting dan mengandung filosofi yang bermakna menadalam. Adalah Kembang Tanjung.

Kembang Tanjung ini terdapat di bagian belakang mahkota Siger. Terdapat 6 pasang buah bunga tanjung yang disematkan di bagian belakang.

Enam buah bunga tanjung yang dipasang di belakang mahkota Siger ini punya filosofi tersendiri lho. Bagian ini melambangkan kesetiaan sang mempelai wanita terhadap pasangannya. Simbol kesetiaan terhadap sang suami ini pun dilambangkan dengan bentuk pola hati. 

Kembang Goyang

Makna Kembang Goyang yang ada pada Siger.
Siger Sunda/sumber: www.instagram.com/pengantin.indo/

Tidak hanya Kembang Tanjung, ada juga kembang lain yang menyempurnakan penampilan mempelai wanita di hari pernikahan. Berbeda dengan Kembang Tanjung, kembang kali ini bukanlah berwujud bunga melainkan hiasan yang terbuat dari logam, Ladies.

Bernama Kembang Goyang, hiasan Siger yang satu ini dipasangkan di bagian rambut atau sanggul yang dapat bergerak-gerak saat kepala digerakkan. Kembang Goyang dipasangkan menghadap ke bagian depan dan juga belakang. Hal ini memiliki filosofi bahwa seorang wanita haruslah terlihat dari depan maupun belakang. 

Ronce Untaian Bunga

Ronce Melati yang menjuntai sampai ke bawah memiliki filosofi dalam adat Sunda.
Makna Siger Sunda/sumber: www.instagram.com/atriesangel/

Bagian yang satu ini berwujud untaian bunga cantik yang menjuntai sampai ke bawah.  Ronce Untaian Bunga ini memiliki panjang berkisar 20-30 cm yang disusun dengan berbagai bunga wangi yang cantik.

Tidak hanya melati, ada juga bunga lain seperti sedap malam, tanjung, ataupun kamboja yang jadi pelengkap Ronce Untaian Bunga ini. Bagian yang menjuntai sampai ke bawah tubuh ini memiliki filosofi yang melambangkan kemurnian dan kesucian yang ada pada diri seorang wanita. Selain itu Ronce Untaian Bunga ini juga melambangkan harapan dalam keharmonisan berumahtangga dan membinanya dengan baik.

Hiasan Daun Sirih

Makna dibalik hiasan di dahi mempelai wanita yang berwarna hijau.
Makna Siger Sunda/sumber: www.instagram.com/makeuppengantinhijab/

Pernahkah kamu memperhatikan mempelai wanita dengan adat Siger Sunda dihiasi sesuatu di bagian dahinya? Hiasan ini biasanya berbentuk belah ketupat berwarna hijau. Hiasan yang dipulaskan pada dahi ini ternyata berasal dari daun sirih lho.

Hiasan di dahi ini bukan hanya untuk mempercantik yang mempelai wanita aja. Tetapi ada makna di balik keberadaannya. Potongan daun sirih ini bertujuan sebagai penolak bala atau musibah.

Kepercayaan ini pun tetap dipegang masyarakat hingga saat ini, Ladies. Jadi enggak heran meski mempelai wanita memakai riasan makeup modern, keberadaan hiasan daun sirih ini tetap ada ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id