sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Selain Rawan Konflik, Ini Nih 4 Dampak Negatif Tinggal di Rumah Mertua

Izzul Millati Umami | Minggu, 31 Jan 2021 13:30 WIB
Selain Rawan Konflik, Ini Nih 4 Dampak Negatif Tinggal di Rumah Mertua
caption
Jakarta -

Ladies, memiliki rumah pribadi mungkin merupakan idaman bagi pasangan pengantin yang baru menikah. Namun, tak semua bisa membeli dan menikmatinya. Maka, banyak pasangan yang akhirnya menyewa rumah atau tinggal bersama mertua. Yups, tinggal bersama mertua menjadi suatu pilihan untuk memulai kehidupan berumah tangga.

Tinggal bersama mertua memang memiliki sisi positif diantaranya dapat menciptakan hubungan harmonis dan akrab antara menantu dan mertua, memperoleh lebih perhatian dan kasih sayang, dan lain-lain. Faktanya, banyak juga hubungan renggang akibat konflik dengan mertua. Perbedaan pendapat menjadi alasan kuat tak harmonisnya hubungan dengan mertua. Lantas, apa saja dampak negatif lain tinggal bersama mertua? Yuk simak penjelasannya!

Beresiko Timbul Konflik

rawan konflik
rawan konflik/sumber:pixabay.com

Tak semua orang nyaman hidup bersama mertua. Hal ini dikarenakan banyak sekali perbedaan dan ketidakcocokan dari sifat dan kepribadian mertua. Hal inilah yang menyebabkan banyak konflik.

Apalagi mertua seringkali ikut campur dalam urusan rumah tangga anaknya. Tentu, kalau tidak bijak menyikapinya akan terjadi hubungan yang tak sehat antara menantu dan mertua. Jadi, bersikaplah bijaksana terhadap mertua. Seburuk apapun mereka tetap bagian dari anggota keluargamu, kan?

Rentan Depresi

Depresi
Depresi/sumber:pixabay.com

Tinggal bersama mertua memang bukan hal yang mudah, ladies. Butuh adaptasi agar hubungan terjalin harmonis. Apalagi ketika hidup bersama mertua membuat ladies bukan hanya berperan sebagai menantu. Namun, ladies harus siap merawat mertua dengan baik. Bila hubungan renggang bersama mertua dan tidak ada solusi yang didapat, maka resiko terserang depresi akan lebih besar. 

Kurang Mandiri

Kurang mandiri
Kurang mandiri/sumber:pixabay.com

Dampak negatif tinggal bersama mertua menjadikan pasangan suami istri kurang mandiri. Sebabnya adalah ladies akan terbiasa mengandalkan bantuan mertua. Mulai dari permasalahan keuangan, pola asuh anak, dan lain-lain. Dengan begini, ladies akan kurang inisiatif sendiri serta kurang matang dan dewasa dalam memecahkan persoalan keluarga.

Minim Privasi

Tinggal bersama mertua menjadikan pasangan suami istri minim privasi. Masalah yang harus diselesaikan bersama tak bisa leluasa disampaikan. Alasannya? Tentu saja karena orang tua seringkali ikut turun tangan dalam permasalahan rumah tangga yang dialami oleh anaknya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id