sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Suka Duka Menjalani Hubungan Long Distance Marriage

Rumaysha Milhania | Sabtu, 10 Oct 2020 12:30 WIB
Suka Duka Menjalani Hubungan Long Distance Marriage
caption
Jakarta -

Setelah menikah, pada umumnya orang-orang akan mulai hidup bersama dalam sebuah rumah. Namun, tidak pada sebagian pasangan yang terpaksa hidup berpisah sementara waktu dengan alasan pekerjaan atau sekolah. Umumnya, hubungan pernikahan jarak jauh umumnya disebut sebagai long distance marriage atau LDM. Menjalani LDM ini ternyata tidak mudah, lho. Ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, beberapa diantaranya seperti:

Namun, tidak pada sebagian pasangan yang terpaksa hidup berpisah sementara waktu dengan alasan pekerjaan atau sekolah. Umumnya, hubungan pernikahan jarak jauh umumnya disebut sebagai long distance marriage atau LDM.
Pernikahan Jarak Jauh/ Sumber: Freepik.com

1. Sulitnya Komunikasi

Menjalani hubungan jarak jauh berarti kamu akan kesulitan untuk bisa memiliki komunikasi yang baik. Diperlukan usaha lebih untuk dapat mencapainya. Pada umumnya, mereka yang berada dalam hubungan jarak jauh harus memikirkan kesepakatan bersama untuk persoalan komunikasi. Apalagi jika lokasi tempat tinggal dibatasi oleh perbedaan zona waktu yang jauh.

2. Kurangnya Kesempatan untuk Quality Time

Berada dalam hubungan yang berjauhan akan membuat suami dan istri kehilangan kesempatan untuk bisa menambah kedekatan dan keintiman. Pada dasarnya, ini sudah bisa diwakilkan dengan saling berkomunikasi secara daring melalui media sosial. Namun, tidak bisa dipungkiri, obrolan santai sebelum tidur dan saat makan bersama tetap tidak bisa tergantikan.

Berada dalam hubungan yang berjauhan akan membuat suami dan istri kehilangan kesempatan untuk bisa menambah kedekatan dan keintiman.
Long Distance Relationship/ Sumber: Freepik.com

3. Ujian Kepercayaan

Hidup berjauhan berarti kamu dan pasangan berada dalam ujian kepercayaan. Di sinilah kejujuran dan keterbukaan harus menjadi yang utama dalam hubungan. Beberapa mungkin gagal dalam menjalaninya. Namun, tidak sedikit yang berhasil sukses tetap setia satu sama lain selama menjalani LDM dan kembali mengarungi bahtera rumah tangga bersama saat bisa berkumpul lagi bersama.

4. Selalu Dipertanyakan Soal Momongan

Bagi pasangan yang baru menikah dan harus menjalani hubungan pernikahan jarang jauh, tentu akan banyak sekali orang yang menanyakan masalah momongan. Padahal, tentu saja persoalan anak mungkin akan menjadi lebih sulit di saat hubungan pernikahan dijalani jarak jauh. Sulitnya berhubungan hingga keputusan untuk menunda anak hingga bisa bersama umumnya menjadi persoalan masing-masing pasangan.

Terakhir, meskipun ada banyak sekali hambatan seperti di atas, rasa rindu yang selalu ada membuat hubungan suami dan istri menjadi lebih hangat.
Hubungan Jarak Jauh/ Sumber: Freepik.com

5. Rasa Rindu yang Selalu Ada

Terakhir, meskipun ada banyak sekali hambatan seperti di atas, rasa rindu yang selalu ada membuat hubungan suami dan istri menjadi lebih hangat. Namun, rindu ini harus selalu dikendalikan agar tidak berubah menjadi ekspresi yang negatif seperti emosi-emosi yang meluap tidak terkendali.

Nah, itulah suka dan duka hubungan pernikahan jarak jauh yang umum dialami banyak pasangan. Jika kamu sedang atau akan menjalani LDM, semoga semuanya berjalan dengan baik dan lancar, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id