sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tak Perlu Terburu-buru, Ini Pesan Penting Untuk yang Belum Menikah

Dian Aprilia | Selasa, 16 Feb 2021 20:00 WIB
Tak Perlu Terburu-buru, Ini Pesan Penting Untuk yang Belum Menikah
caption
Jakarta -

Galau karena belum menikah boleh-boleh saja, tapi jangan berlarut-larut ya. Daripada jadi stres atau depresi, lebih baik manfaatkan waktu single mu untuk jadi momen emas perubahan diri jadi lebih baik lagi. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan waktu-waktu single ini dengan menjalin hubungan bersama orang-orang terdekat, yang mungkin saja akan kamu lewatkan saat sudah memiliki pasangan. 

Daripada bersedih hati, sebaiknya lakukan 4 hal ini sebelum menikah, agar kamu lebih siap jika akhirnya melangkah dalam jenjang pernikahan:

Pahami bahwa Nikah Bukan Perlombaan

Menikah
Menikah/pexels.com

Sejatinya menikah itu bukanlah suatu perlombaan bahwa yang cepat adalah yang menang. Menikahlah saat kamu siap dan sudah menemukan pasangan yang cocok denganmu. Jangan terburu-buru untuk menentukan pilihan. Karena menikah adalah momen penting dalam hidup dan harapannya menjadi momen sekali seumur hidup.

Percayalah bahwa setiap orang sudah ada jodohnya dan setiap orang memiliki timeline masing-masing. Namun jangan lupa untuk tetap berusaha dan membuat persiapan-persiapan untuk menuju ke jenjang tersebut. 

Kenali Diri Lebih Dalam

Kenali diri
Kenali diri/pexels.com

Sebenarnya mengenali diri sendiri bukan hanya sebagai persiapan sebelum menjalani pernikahan saja melainkan juga sebagai modal awal untuk mencapai impianmu. Sebab dengan mengenali diri sendiri, kita menjadi tahu apa kelemahan dan kelebihan. Dengan begitu, kita jadi lebih tahu cara mengatasi kelemahan dan juga menonjolkan kelebihan.

Sebelum menjalani pernikahan, sebaiknya kamu tahu dulu inner childmu. Karena inner child ada di dalam bawah sadar yang akan memengaruhi caramu bersikap dan membuat keputusan. Selain itu kamu perlu tahu love language mu, agar lebih mudah membangun keintiman bersama pasanganmu kelak.

Isi Waktu dengan Sebaik-baiknya

Produktif
Produktif/pexels.com

Saat memutuskan untuk menikah, maka kamu harus siap dengan segala konsekuensi dan perubahan yang ada dalam hidupmu. Mulai dari peran baru, situasi baru, tanggung jawab baru dan yang lainnya. Untuk itu, mumpung masih tidak terbelenggu dengan berbagai tanggungan tersebut, kamu bisa menggunakan waktumu yang ada saat ini dengan baik.

Mulai dari fokus pada pencapaian karir, quality time dengan orang tua, bersenang-senang dengan teman dan yang lainnya. Jangan habiskan waktu untuk meratap karena masih jomblo. Lebih baik nikmati waktu yang ada, karena ada saatnya nanti kamu merindukan saat-saat ini.

Investasi Skill dan Uang

Investasi
Investasi/pexels.com

Investasi yang paling penting dalam hidup adalah investasi keahlian. Dengan keahlian dan pengetahuan yang kamu miliki, maka hal itu akan menjadi modal dasarmu untuk membangun karir. Kamu bisa meningkatkan keahlianmu dengan mengikuti pelatihan, kegiatan sosial, bekerja dan lainnya.

Selain skill, kamu juga perlu menginvestasikan uang yang kamu miliki. Apalagi untuk kebutuhan jangka panjang, maka investasi bisa menjadi pilihan yang menarik, karena bisa meningkatkan nilai uang. Investasi juga bisa menjamin masa depan yang lebih baik, asal dikelola dengan cara yang benar.

Itulah 5 pesan penting yang harus kamu pahami dan terapkan sebelum menikah. Tak perlu terburu-buru dan nikmati hidupmu!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id