sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sebelum Menikah, Pastikan Hal-hal Ini Pada Calon Suami

Sylvia Yuliasar | Kamis, 11 Feb 2021 21:15 WIB
Sebelum Menikah, Pastikan Hal-hal Ini Pada Calon Suami
caption

Bukan merupakan keputusan yang asal-asalan, menikah tentunya harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Selain persiapan fisik dan mental, meyakinkan diri bahwa ialah 'orangnya' juga ternyata bukanlah sesuatu yang mudah. Bagaimana tidak, orang inilah yang akan ada di sampingmu selamanya dengan segala kekurangannya! Apakah kamu sudah siap?

Untuk memantapkan keraguan mu pada si dia, sebaiknya bicarakan beberapa hal ini pada calon suamimu agar tak menyesal kemudian.

1. Tentang Waktu Me Time

Bicarakan soal me time sebelum menikah
Me time / unsplash.com (Bonnie Kittle)


Meskipun merupakan makhluk sosial, pada dasarnya setiap orang butuh waktu untuk sendirian. Di waktu-waktu seseorang biasanya bisa melakukan banyak hal seperti mengeksplorasi hobi dan melakukan hal-hal lainnya tanpa gangguan.

Sebelum menikah, diskusikan tentang waktu me time yang dibutuhkan oleh kalian berdua, sepakati jika waktunya dirasa kurang atau berlebihan. Jangan sampai persoalan me time ini dianggap upaya untuk menghindar saat sudah berumah tangga.

2. Apakah Saya Harus Berubah?

Pertanyaan tentang apakah saya harus berubah, wajib ditanyakan sebelum menikah
Tanyakan Apakah Saya Harus Berubah / unsplash.com (Etienne Boulanger)


Mungkin jawaban dari pertanyaan ini malas kamu dengar. Tapi percayalah mengutarakan ini sebelum pernikahan akan mengurangi percekcokan di kehidupan berumah tangga nanti. Ketika ia memberikan jawaban, mulai introspeksi diri atau diskusikan tentang tindakan apa yang sebaiknya dilakukan tanpa menyakiti kamu dan dia.

3. Apa yang Kamu Rencanakan di Masa Pensiun?

Tanyakan mengenai persiapan masa depan sebelum menikah
Ilustrasi dana pensiun / unsplash.com (Micheile Henderson)


Bagi sebagian orang, bahasan ini merupakan obrolan yang terlalu jauh ke depan. Namun, sebenarnya apapun yang akan terjadi nanti di masa tua adalah hasil dari apa yang kamu lakukan di masa muda mu sekarang ini. Bicarakan tentang persiapan dana pensiun dan bagaimana pengelolaannya nanti bisa membuatmu dan pasangan bersiap dari jauh-jauh hari.

4. Bahasa Cinta

Diskusikan soal bahasa cinta mu sebelum menikah
Ilustrasi pasangan / unsplash.com (Milan Popovic)


Setiap orang pasti memiliki bahasa cinta yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka romantis dan menunjukkannya pada semua orang dan ada yang terkesan cuek tapi menunjukkan kasih sayangnya dengan berbagai cara lain.

Lantas bagaimana kalau kalian berdua tidak memiliki bahasa cinta yang sama? Tentunya ini tidak apa-apa, asalkan kalian sudah berkomitmen untuk tidak mempermasalahkannya di kemudian hari.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id